Mesin memang tetap, tapi facelift Yamaha R25 hadir dengan senjata mematikan untuk lintasan balap


Salah satu yang dikritik pada Yamaha R25 facelift adalah mesin yang tidak ikutan diupgrade. Padahal motor 155 ccnya sudah pakai VVA. Soal alasannya mungkin lebih cocok dibahas di artikel lain.

Namun sebenarnya di Yamaha R25 ada fitur baru yang sangat membantu meningkatkan performa, Fitur itu adalah berkurangnya hambatan angin:

Bisa dilihat bahwa dalam kondisi standar saja, dan mesin tidak berubah, perubahan hambatan angin bisa meningkatkan kecepatan maksimal 8 km/jam. Untuk mesin balap tentu bakal lebih besar lagi.

Mengapa penulis sebut fitur ini bisa jadi senjata yang mematikan?

Mungkin ada yang bilang Yamaha R25 dibantai di lintasan balap. Namun menurut penulis performa Yamaha R25 saat ini masih termasuk bagus.

Kita bisa lihat contohnya di perbandingan waktu laptime di Sentul:
Mana lebih Kencang Spek teknis Sport 250 IRS VS AP250 ARRC ? . . Berdasarkan Data di sentul

Terlihat bahwa ada yang lebih cepat dan ada yang lebih lambat dari Honda CBR250RR.

Contoh lain juga bisa dilihat di balapan terakhir , race pertama dari ARRC ronde kelima di Sentul:

Terlihat bahwa beda best laptime sangat sedikit antara Yamaha R25 dan Honda CBR250RR. Menurut penulis yang begitu itu tidak bisa dibilang dibantai. Menurut penulis itu setara.

Coba bayangkan seandainya dalam balapan tersebut top speed motor Yamaha R25 ditambah 8 km/jam karena aerodinamika lebih bagus. Bisa bisa Yamaha R25 akan mendominasi.

Menurut peraturan, fairing itu sepertinya harus sesuai aslinya:
ASIA ROAD RACING CHAMPIONSHIP 2018 REGULATIONS, 2nd Edition 7 March 2018

2.3.28 Main Frame Body and Rear Sub-Frame
• The frame must be the originally fitted and homologated or originally
manufactured part with minor modification permitted stated on the following;

Menurut penulis, perubahan fairing ini akan jadi senjata mematikan Yamaha R25 di lintasan balap.

19 respons untuk ‘Mesin memang tetap, tapi facelift Yamaha R25 hadir dengan senjata mematikan untuk lintasan balap

  1. waktu CBR 150 R nongol karena windshield kekecilan gw di bully, emang 150cc mw ngebut berapa kph? gw cek kelas 150cc Tune Up sport fairing itu bisa mencapai top speed 160-167kph. Jika pakai windshield kekecilan di IRS jelas kerugian karena tidak membelah angin. dan sekarang CBR mau di facelift, dan harapan para ngepbeha adalah WindShield nya di gedein.

    hahahaha

    yg gw kritik adalah
    1. Shock kudu USD
    2. power minimal 19ps
    3. Windshield di gedein atau di pas kan

    itu jg cukup kekx, sukur2 sih pake ASC + QS + DC

    Suka

  2. Dugaan saya juga begitu bro. Apalagi sekarang dibantu dg shock depan tipe USD. Gw akui utk jalan kenceng/ cornering, USD itu stabil bgt soalnya pernah pasang USD Xabre ke NVA gw. Cuma karena berat plus sering bawa pacar, akhirnya gw balikin standar shock depannya.

    Suka

  3. Wah kalo bener begitu,Yamaha cuma main aerodinamika bukan rubah mesin,tapi mesin makin kencang pastinya butuh pendinginan maksimal & di situ ada air scoop yg katanya cuma buat pendingin radiator (kalo ngga salah),masuk akal juga sih.berarti kalo lawan lebih cepat cuma butuh aerodinamik yg mumpuni seperti layaknya mobil F1,salah perhitungan bisa keliru,inilah perhitungan akurat petinggi yamaha

    Suka

  4. Kalo sampe berhasil ngalahin cbr (@sirkuit) modal tweak aerodynamics + corong udara + usd, tanpa ngubah mesin udah keren bgt.
    Soalnya agak menyimpang juga kalo nuntut power gede di motor yamaha, di gp jg dari dulu powernya selalu salah satu yg terkecil.

    Suka

    • ok. Setahu saya masalah Yamaha di MotoGP adalah penyaluran tenaga ke roda yang efeknya akselerasi jadi bermasalah. Motor gampang selip saat akselerasi atau kebablasan motor nggak keluar tenaganya karena anti selip dilakukan berlebihan.

      Suka

  5. Aerodinamika motor standar mah gak ngaruh di lintasan balap,, ujung2 nya juga diganti
    Noh liat di arrc r25 dah pake fairing prototype tentu sudah dimodif lebih aerodinamis dari standar jalanan sekarang

    Senjata mematikan r25 ya tentu shock usd yang katanya buatan kayaba,, entah bener apa engga karena gak ana tulisan kayaba di shocknya,, ya mungkin benar buatan kayaba kalo kita tempelin sendiri stikernya
    Katanya USD shock itu yang bikin cbr menang,,

    Suka

    • Iya, suspensi bisa mempengaruhi.

      Di peraturan sepertinya untuk kelas 250 cc fairing bentuknya harus sama dengan model produksi (beda dengan kelas lain). Di Yamaha R25 baru, bukan bagian depan saja yang beda, tapi juga bagian samping depan.

      Suka

      • 2.3.28 Main Frame Body and Rear Sub-Frame
        • The frame must be the originally fitted and homologated or originally
        manufactured part with minor modification permitted stated on the following;

        Frame itu bukan fairing, tapi rangka

        Fairing r25 arrc dah beda jauh sama versi massalnya,,

        Suka

        • ada info ini juga:
          Tech Talk VLOG : Kupas Tuntas Honda CBR250RR Spek AP250 ARRC 2017 . . . Punya Kombinasi 6 Mode riding Bro !!

          Mas Ang mengaku bahwa ada desakan dari Prinsipal agar penampakan Fisik dari Motor yang akan bertanding di kelas AP250 diusahakan sebisa mungkin mirip dengan Penampakan Motor yang dijual di jaringan penjualan ( diler ) Karena menurut mas Ang, disitulah tantangan dan spirit sebenarnya dari kata kata “Production” AP250 . . bahwa memang ujung ujungnya memang harus dicerminkan ke bisnis penjualan Motor itu sendiri . . nah Mas Ang mengutarakan betapa team putar otak membuat bagaimana membentuk Front Cowl tetap memiliki nyawa dan Penampakan CBR250RR produksi massal, namun punya kelebihan performa

          Suka

  6. Maap, ane ga setuju om…
    New r25 berat kosongnya 166kg
    Old r25 malah 162kg, jika yg 166kg speed nambah 8kpj, bagaimana yg old jika fairing disesuaikan ulang?!

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.