Sama petugas pom motor sport diisi bensin oktan rendah perlukah marah? Memang nggak semua motor bisa pakai premium


Kalau di Indonesia mungkin nggak kebayang ada kasus seperti ini, seorang rider memukul petugas pom karena motornya diisi bensin oktan 95:
Mad bully biker fined RM2,000 for Petronas staff assault

Ini karena maunya si rider motornya diisi bensin oktan 97. Padahal cuma beda sedikit tapi sudah marah. Sama medianya disebut pakai oktan 95 sebenarnya nggak masalah.

Video:

Si rider pun akhirnya kena ancaman hukuman panjara satu tahun atau bayar dendar 2 ribu ringgit atau dua duanya.

Padahal kalau di Indonesia ada yang isi bensin motor sport fairing pakai premium:
kawasaki ninja 250 FI kok minum premium

Mungkin itu masih enak.

Karena ada juga yang laporan kalau pakai premium mesin nggak enak banget:
New CBR150R memang ready premium,. Namun,……………….

Disuatu ketika motor kahabisan bahan bakar. BS isi dengan premium RON 88, bahan bakar sebelumnya adalah pertamax plus RON 95. BS cuek aja, kan nih motor ready premium, namun,…… Memang motor nggak ada masalah setelah diisi bahan bakar premium RON 88, sekali starter langsung nyala. Tapi pas diajak jalan kq beda ya, power motor langsung drop dan saat digeber vibrasinya ruaaarrr biasa, beda banget dah ama diisi dengan bahan bakar pertamax plus RON 95.

“ gimana performa new CBR150R kalau dikasih minum premium?? Om udah coba??? “iya mas, saya pernah coba sekali, namun powernya ngedrop, motor jadi nggak enak, jadi ya balik lagi pake pertamax” tutur sang empunya memberi jawaban ke BS.

Nah, dari dua motor new CBR150R tersebut, BS sementara ini menyimpulkan bahwa new CBR150R memang ready premium, namun hasilnya ya gitu deh,. Power drop dan vibrasi mesin lebih besar bila dibandingkan dengan bahan bakar pertamax plus RON 95.

Kalau untuk yang versi impor sepertinya lebih parah:
Berbagi Pengalaman Honda CBR150R FI CBU Minum Bensin Premium

Sesampainya di rumah saya berinisiatif untuk mencoba mengisi bensin premium ke motor saya yang oleh pabrikan sudah dinyatakan ready bensin premium. Hal ini menurut saya penting karena saya sering harus melakukan perjalanan ke tempat-tempat yang sulit mendapatkan BBM jenis pertamax. Kebetulan tanki bensin sisa satu kotak dan saya tidak suka tanggung-tanggung dan selalu mengisi full tank. Setelah tangki penuh, bayar bensin premium agak kaget, biasanya full tank lebih dari 120 ribu kok hanya 60 ribu rupiah aja. Kemudian nyalakan starter kaget lagi, oh ternyata mesinnya menyala.

Berikutnya dicoba untuk mulai berkendara beberapa kilo meter. Hal pertama yang terdeteksi adalah mesin suaranya mulai sedikit lebih keras, kemudian terdengar suara seperti mendengung dari blok mesin. Aku sudah mulai curiga jangan-jangan bensin di ruang bakar terbakar sebelum timmingnya sehingga mesin kehilangan kompresi. Sempat coba digeber suaranya kok ga halus dan pecah gitu kemudian aku turunin gas cepet dan tiba-tiba mesin mati kemungkinan karena loss kompresi.

Kemudian aku berfikir untuk mencegah knocking maka nilai oktan bensin di tangki harus ditambahi dengan bensin pertamax kemudian aku langsung ke pom bensin dan ditambahi penuh dengan pertamax karena tidak ada pertamax plus lumayan nambah 3 liter. Lumayan suara mesin mendengung sedikit berkurang dan aku menjaga agar tidak menggunakan RPM tinggi agar tidak terjadi knocking. Hingga akhirnya pas bensin tinggal satu kotak langsung aku isi full tangki dengan pertamax. Setelah berkendara beberapa menit mesin kembali normal, tidak ada suara mendengung meskipun digeber sampai red-line. Alhamdulillaah motorku sudah normal kembali meskipun masih klotok-klotok kalo lagi idle tapi tetap bersyukur.

 

Motor yang nggak bisa pakai premium itu sepertinya yang:

  • motor sport fairing
  • motor dengan kompresi mesin tinggi
  • mesin dengan waktu pengapian sangat dimajukan
  • mesin yang setelannya terlalu irit
  • motor yang pakai knalpot racing dan filter udara dilepas

 

Mungkin penulis sering bilang motor penulis pakai premium. Tapi sebenarnya kalau nggak pakai pro capacitor penulis sekarang nggak berani pakai premium karena setelan sudah terlalu irit. Sebelumnya setelah dyno terakhir pro capacitor tidak dipasang lagi suara mesin jadi sangat sangat kasar, sampai takut penulis mendengarnya. Seperti mau rontok. Untung setelah pro capacitor dipasang bisa lumayan pulih.

Penulis sarankan untuk yang pakai motor Honda jangan pakai premium atau pertalite. Apalagi bila sudah pakai filter ferrox dan knalpot racing.

Iklan

4 respons untuk ‘Sama petugas pom motor sport diisi bensin oktan rendah perlukah marah? Memang nggak semua motor bisa pakai premium

  1. bingung sama kualitas bbm di indonesia, di daerah saya ada satu pom langganan dg kode 31, kalo isi pertamax disitu kadang feel motor jadi beda, berat nariknya, mesin geter, beberapa hari kemudian isi lagi disitu, motor berasa alus getarannya, tarikan juga wnteng, kualitas pertalite n premium juga sama, kadang bagus kadang jelek, bahkan saya pernah isi premium disitu tapi rasanya kaya pake pertamax, motor jadi enteng tarikannya, heran, ko bbm pertamina kualitasnya ga merata ya.

    Suka

    • Iya, saya juga mengalami itu, tapi di pom bensin berbeda. Mangkanya saya sering pilih langganan. Pom yang bensinnya enak itu biasanya yang rindang atau penyimpanannya dinaungi pohon.

      Kalau di pom bensin yang sama jarang. Mungkin karena langganannya premium. Kalau untuk pertalite pernah sih merasakan ada beda. Sempat pernah enak, sempat pernah parah.

      Suka

  2. mungkin pengaruh nya dari waktu memixing si bbm dengan chemical adiktifnya kadang bisa pas takaranya, kadang kurang pas atau bahkan gagal.
    karena saya biasa kirim liquid P*******a untuk drilling kadang harus nunggu stafnya untuk produksi si liquid tersebut kadang bener, kadang juga gagal, dan kita harus nunggu sampe bener lagi.

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.