Disuruh milih celaka sendirian atau barengan saat Marquez pakai jurus andalan, ya tentu Zarco milih kamikaze dong!


Balapan di Phillips Island ini sepertinya bisa jadi pelajaran bagi Marquez bahwa nggak semua pembalap itu reaksinya seperti pembalap yang sepuh sepuh seperti Rossi atau Lorenzo, yang kalau dipotong sedikit memilih menghindar tapi langsung nggeblak lalu ngomel ngomel. Kali ini Marquez ketemu batunya karena ia melabrak Zarco.

(ada gif 3 MB).

Mungkin karena sudah insting, Marquez terlihat mengeluarkan jurus andalannya, blocking, pada saat mau masuk tikungan. Padahal motor lain sudah belok kanan, ini si Marquez beda sendiri melebar ke kiri:
Zarco crashes after contact with Marquez at over 185mph!

Reaksi Zarco saat itu sangat bijaksana. Daripada celaka sendiri menuruti langkah para sesepuh yang mengalah, mending hancur bareng. Dan terlihat Zarco sama sekali tidak menghindar. Kalau menghindar ia pasti celaka karena itu tikungan kencang dan harus belok. Mau kemana lagi?

Dan Zarco pun sukses. Ia berhasil membuat motornya menghantam motor Marquez:

(btw, teknologi kamera MotoGP kok belum progressive ya?, gambar jadi mbayang, ciri kalau interlace).

Seperti biasa, Marquez pura pura nggak tahu kalau di Zarco jatuh. Padahal motor sampai goyang goyang ketimpa motor Zarco, ia tetap seakan tidak tahu.

Memang jangan harap Marquez mengaku. Kalau dipaksa suruh njawab pasti bakal ngomong, itu pas habis ban depan selip sehingga ia terpaksa melebar, atau pakai alasan semacam.

Tapi Zarco pasti lega saat tahu Marc Marquez terpaksa keluar dari lintasan karena handling motornya hancur karena suspensi belakang jadi soak macam motor penulis yang sudah penulis ceritakan sebelumnya. Handling begitu jelas bahaya. Mangkanya memilih menghentikan lomba. Nggak cari mati walau ia sudah biasa jatuh.

Marquez saja nggak berani pakai suspensi soak, para FBH sebaiknya juga ganti skok ya kalau sudah soak walau masih cuma 10 ribu km motornya.

Kembali ke topik, agak lama Marquez baru sadar skoknya rusak:

Ia pun masuk ke pit untuk memberitahu rusaknya skok di pit:

Mungkin karena sudah menang, Marquez nggak balik lagi.

Kalau ada yang bilang Marquez nggak sadar ada pembalap di dekatnya itu penulis jadi penasaran juga. Apa sebagus itu penutup telinga pembalap sehingga ada motor di sebelah nggak bisa dengar suaranya? Kan kecepatan hampir sama dan lagi akselerasi? Lagipula penulis lihat aksi salip menyalip yang lain terkesan pembalap di depan bisa tahu ada yang disebelah kalau kecepatan hampir sama.

Tapi reaksi Zarco ini mengingatkan ancaman Lorenzo bila Marquez tidak mau minta maaf. Katanya kan bakal mengendarai dengan cara yang tidak ia inginkan. Penulis saat itu berpikir kalau saat dipotong bakal kamikaze seperti yang dilakukan Zarco seperti ini.

Coba semua pembalap yang dipotong Marquez memilih untuk jatuh sama sama seperti Zarco, pasti Marquez jadi mikir mikir. Tapi rupanya mereka berpikir bisa selamat kalau menghindar. Padahal tetap saja celaka. Lorenzo saja sampai sekarang nggak bisa balapan.

Oh iya, Zarco datang minta maaf:

Hari ini kita sangat beruntung, secara fisik kita baik-baik saja. Johan datang untuk meminta maaf, sikap yang luar biasa di pihaknya. Luncurkan karier!

19 respons untuk ‘Disuruh milih celaka sendirian atau barengan saat Marquez pakai jurus andalan, ya tentu Zarco milih kamikaze dong!

  1. wah iya ya baru nyadar ane setelah baca artikel ini kalau MM93 beneran berusaha menutup jalur menikung Zarco, mungkin juga MM93 ke kiri dulu supaya motornya bisa menikung dengan rolling speed tinggi sehingga di akhir tikungan panjang ke kiri (sebelum U-Turn kekanan) dia bisa berada di jalur terdalam yg lebih menguntungkan, penjelasannya emang agak susah dipahami sih, tapi kalo misal Om pernah main Game SBK X (saya lebih suka game balap Superbike ketimbang Moto GP karna lebih realistis dan natural handlingnya) di Sirkuit Phillip Island pasti tau keunggulan teknik Block Pass ala MM93 yg bikin Zarco terpaksa Kamikaze ini, karena keuntungan yang didapat bukan pas saat nikung tikungan pertama tapi pada saat akan mencapai tikungan ane sebut U-Turn kekanan yg dinamakan “Honda Corner” itu, dengan kata lain, kesempurnaan dalam menikung di tikungan pertama itu pengaruhnya sangat panjang hingga U-Turn itu karna berhubungan dengan speed tinggi sehingga bisa mendapatkan waktu tercepat.

    Suka

    • Kalau ancang ancang sih rasanya aneh mengingat Marquez itu spesialisasinya motong dari dalam. Aneh juga bila Marquez memberi peluang pembalap lain menyalip dari dalam. Rasanya pakai ancang ancang itu bukan kebiasaan Marquez.

      Justru menurut saya Honda unggul di awal tikungan itu yang bikin Marquez leluasa untuk pakai apapun. Sebenarnya nggak butuh pakai ancang ancang, beda dengan Ducati.

      Suka

      • iya juga ya, MM93 kan emang sudah ahlinya melahap tikungan dari sudut dalam, dan akselerasi keluar tikungan dari motornya juga sangat bagus tidak perlu pake teknik out in out dulu kayak Yamaha supaya tetap kencang, brati emang bener kayaknya MM93 berusaha “menahan” Zarco supaya tidak mengambil keuntungan dari “nginthili” dia yg hampir berhasil melakukan slipstreaming dan MM93 pasti sudah sadar sejak lepas dan berakselerasi dari tikungan akhir jika ada yang mengekor di belakangnya, maka di tengah straight mungkin langsung terpikirkan untuk melakukan teknik andalannya block pass itu. hal seperti ini kok ngga ada yang mau bahas yak di blog2 mainstream, hehehe…
        padahal menarik untuk di analisa.

        Suka

  2. Setuju, semoga kedepan semua pembalap seperti Zarco ini, klo dibikin outside/jatoh mending bawa sekalian si biang penyebabnya.

    Secara pertunjukan juga bakal lebih seru & entertaining.

    Suka

  3. Mungkin Marquez ga akan berani lagi melakukan trik seperti itu kalau ketemu pembalap yang sruntulan juga macam Zarco atau bahkan alm. Marco Simoncelli. Kebanyakan lawan2 Marquez saat ini lebih memilih keselamatan, mendingan kalah satu posisi masih dapat poin daripada ndlosor berjamaah, toh seri balap masih banyak.

    Suka

  4. di video ini terlihat lebih jelas kronologi kejadian sebelum zarco crash. disitu terlihat bahwa sebetulnya MM93 sudah di sebelah kanan-belakang Jack Miller dan kayaknya mau nyalip dari sebelah kanan/sisi dalam namun pada saat yg sama zarco terlihat juga memanfaatkan kesempatan yang terbuka dari sisi sebelah kiri MM93 tersebut untuk menyalipnya, namun MM93 langsung banting stir ke arah kiri, dan memang kalo menurut ane terlihat sekali dia ingin menutup jalurnya Zarco, soalnya zarco berada disisi luar, kalo nikung kekanan momentumnya pasti lebih tinggi, sementara MM93 berada disisi dalam dimana agak sedikit tidak diuntungkan, kalo seandainya MM93 tidak melakukan aksi block pass, ane yakin Zarco pasti berhasil menyalip MM93 di tikungan pertama kekanan yg panjang itu dari sisi dalam, dan MM93 yg berada pada sisi luar sebelum nikung pasti di tikungan pertama akan sedikit melebar yg mana mungkin ini yg ada di pikiran zarco, tapi MM93 juga tau kayaknya apa yg ada dipikiran zarco, jadi sebelum itu kejadian dia lakukan teknik block pass nya itu untuk menggagalkan rencana zarco, gimana analisa ane, apakah Om sependapat? 😀

    Suka

  5. Bahaya kalo MM nyontohin gitu, banyak fansnya.. teknik blocking gini kan sering jg ditemuin dijalan raya sehari hari. Tiba2 nyelip dari antrian mobil, keluar gang/pom bensin langsung gas, ada razia langsung puter balik ngdadak, pelan di kanan, dll
    Skrg mereka punya pembelaan (postingan ivvb) “tuh liat jarko yg minta maaf pas diblok markes”

    Suka

    • Kalo di blog orang itu kita sebagai pembaca cerdas atau smart people tak perlu bingung, lihat aja banner iklan dikanan-kiri atas-bawah yg menghiasi blognya, kira2 dari brand mana, tentu paham apa korelasinya 🙂

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.