Ini urutan gambar yang mengindikasikan Marquez itu sengaja ingin menyingkirkan Zarco dari lintasan


Kejadian Zarco jatuh setelah dipepet Marquez itu menurut penulis adalah salah Marquez. Namun ada juga lho yang bilang bahwa itu salahnya Zarco:

(ada gif 4 MB)

Penulis heran sampai ada yang buat teori seperti itu. Itu komenter bayaran atau apa sih? Karena kalau dilihat frame per frame kelihatan kok bahwa manuver yang dilakukan Marquez itu tidak wajar.

MotoGP posting dua video untuk ini:

Urutan pembalap saat itu:

Berikut saat posisi awal sebelum Marquez melakukan manuver aneh:

Saat itu Marquez jelas ngumpul bareng dengan Miller dan Zarco. Ada cukup jauh jarak dengan Dovizioso di depan dan Inannone di belakang.

Namun, tiba – tiba Marquez ngerem. Karena terlihat jelas jarak dengan Miller makin jauh dan jarak dari Iannone jadi makin dekat. Suatu manuver yang tidak wajar dilakukan karena biasanya Marquez itu nyalipnya di tikungan:

Kalau nggak berusaha menyalip Miller, ngapain dong? Karena terlihat sambil ngerem itu Marquez melebar, yang secara “kebetulan” memotong jalurnya Zarco. Padahal kalau nggak pingin pembalap lain menyalip itu normalnya bagian dalam yang di block. Tapi ini nggak cuma ngeblock saja, Marquez juga adu ngerem.

Zarco yang dipotong jalurnya sambil ngerem seperti itu tentunya nggak bisa berkutik dan jatuh.

Setelah itu jarak Iannone juga makin dekat:

Setelah itu juga Marquez tersalip oleh Iannone.

Berikut videonya:

Para fans keblinger dari Marquez bilang itu jelas Zarco yang salah, karena buktinya Zarco yang minta maaf. Tetap saja ngeyel bahwa itu Zarco yang sengaja pingin nabrak.

Ya semoga nggak dibiasakan di jalan, habis motong jalur orang kalau motor rusak yang disuruh minta maaf orang yang dipotong jalurnya. Biarpun di MotoGP etikanya begitu dan dianggap sportif, kalau untuk Indonesia kok rasanya nggak bisa diterima.

13 respons untuk ‘Ini urutan gambar yang mengindikasikan Marquez itu sengaja ingin menyingkirkan Zarco dari lintasan

  1. Nahhh…., dari gambar pertama yg dilingkari, ada sedikit kesalahan dalam analisa ane, rupanya posisi Miller dengan Zarco itu hampir sejajar, jadi bisa disimpulkan Zarco buka slipstreaming MM93 tapi justru malah Miller nampaknya, dan hampir berhasil terbukti motornya nampak seperti lwbih kencang dikit dari motor MM93, sementara posisi MM93 berada di sebelah kanan belakang secara teori jelas tidak diuntungkan karna tidak bisa slip streaming, karna tau Zarco berada disisi luar dan pasti punya momentum kuat untuk menikung kekanan, MM93 langsung ngerem dikit dan banting stir ke kiri yg kalo dilihat emang berusaha supaya Zarco mengendurkan gas, tapi Zarco tidak bergeming dia tetap pada jalurnya, mungkin kaget atau tidak sempat bereaksi, Zarco langsung panic braking dan disaat yg sama ban depan menghantam ban belakang MM93 dan akhirnya terjadilah clash tersebut.

    Suka

  2. biasalah…bahasa blogger kondang itu bhsa marketing,,,
    mana bisa analisa,
    sbgi contoh new CBR keluar..semua heboh posting fitur2nya.
    R15 yg fiturnya banyak dan lebih berguna, dgn harga sama.
    mana ada yg berani nulis kyak gt,,yg ngomong apa adanya ya disini sama enoanderson.

    Suka

  3. Klo dri “kacamata” saya…Marq ngerem di titik pengereman yg sama dengan dovi dan Miller…dan “mungkin” Marq beranggapan Zarco juga melakukan yang sama…yah..lepas dri siapa yg salah dan benar harusnya bisa dilihat data “telemetri” masing-masing…bukan sudut pandang masing-masing…coz kita gak pernah ngerasain rasanya mengendalikan motor purwarupa dengan kecepatan 300km/jam…😁…toh kedua pembalap tidak sampai cidera…

    Suka

    • gak perlu data telemetri segala bos, lihat saja di video dari sudut pandang helikopter dan dari depan, lihat gimana behaviour Markez setelah zarco berada di sisi sebelah kiri dia, dan lihat juga gimana reaksi pembalap2 lain yg juga berada di rombongan depan bagaimana, cuma markez sendiri yg melakukan “manuver aneh”. Klo dari “kacamata” saya, anda nampaknya terlalu fokus pada markez dan zarco saja karna ya hanya mereka berdua saja yg terlibat clash X)

      Suka

  4. Nah, kalo argentina 2015 antara marc dan rossi yang potong jalur siapa ya….

    Saya ga paham istilah potong jalur, karena setahu saya yang didepan bebas mau lewat jalur yang mana
    Ini udah kejadian ke sekian kalo yang ada di jalur luar harus ngalah, kalo yang di jalur luar ngotot ya pasti senggolan, dan kalo senggolan yang risiko jatuh terbesar ya yang di jalur luar juga

    Lagian manuver zarco juga aneh mau nyalip kok dari sisi luar
    Masalah banting setir ke kiri itu ianone juga banting stir ke kiri, dari yang awalnya di tengah jadi tepat dibelakang nya marc juga, apakah manuver ianone salah juga?
    Masalah jarak, ternyata jarak marc dan rossi yang dibelakang ianone juga malah menjauh, ok lah setelah itu marc bisa disalip ianone karena motor dah rusak

    Liat dari gambar pertama posisi marc juga tidak terlalu kekiri, malah sejajar dengan pembalap2 lain dibelakang artinya marc berada di posisi yang benar ketika mau menikung, jadi justru zarco yang tidak bisa mengantisipasi marc, harusnya zarco tau kalo marc bakalan kekiri karena di kiri itulah posisi yang pas untuk menikung kekanan

    Jadi intinya entah ada zarco ato tidak marc tetap akan bergerak kekiri sama seperti yang dilakukan ianone,,
    Mengenai jarak, bukan marc yang sengaja melamban tapi ianone dan miller yang entri cornernya cepat, karena jarak marc dan rossi juga tidak semakin dekat, dan jarak miller dan dovi yang semakin dekat

    Suka

    • Rossi pernah kok melakukan hal yang sama ke marquez.

      Anggap saja lewat mana pun bebas, tapi kalau sambil ngerem seperti yang dilakukan marquez, padahal yang lain belum ngerem, kan mencurigakan.

      Seandainya kejadiannya cuma ini saja tentu saya nggak mengkritik. namun faktanya ini sudah dilakukan marquez berkali kali.

      Soal manuver iannone, perpindahannya nggak semendadak marquez dan timingnya adalah sebelum ngerem. melebar sambil ngerem itu cara riding yang aneh. Dan juga Ianonne melebar itu waktu rossi ada di sisi dalam, sementara itu marquez melebar itu justru waktu zarco di sisi luar. Jangan disamakan dong.

      Rossi melambat kan untuk kasih jalan iannone karena tahu nggak bakal bisa nyalip karena motor cuma bisa masuk separuh badan.

      Anggap saja marquez benar pakai sisi luar, tapi terus ngapain ia justru menjauh dari miller? Mau ngapain itu?

      Mengapa kok marquez ambil posisi luarnya mendadak?

      Kok bisa bisanya dibilang corner entrynya miller dan iannone lebih cepat. Coba deh lihat bagaimana aksi marquez selain saat itu, apa pernah corner entry marquez ketinggalan?

      Apa nggak perhatikan di posisi tikungan mana marquez itu lemah dan mana yang kuat?

      Suka

    • nggak usah bawa2 Rossi argentina 2015 bro, itu sudah diluar bahasan daripada artikel ini, kalo gitu maunya brati judul artikelnya musti diubah menjadi “PERBANDINGAN CLASH ROSSI-MARQUEZ ARGENTINA 2015 DENGAN MARQUEZ ZARCO AUSTRALIA 2018”. bro Zzz ini nampaknya adalah Fans Sejati MM93 khususnya dan FBH pada umumnya, terlihat selalu tidak terima dengan isi bahasan dari artikel blog ini ttg zarco-markez, hahaha . . . 😀

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.