Rupanya BMW dalam mengeluarkan motor baru nggak tanggung tanggung. Semua teknologi terbaik dikeluarkan. Ini ketahuan dari bocoran informasi spesifikasi BMW S1000RR:
2019 BMW S1000RR DETAILS LEAK ONTO THE NET
Fitur fiturnya keren beneran, nggak dilebih lebihkan:
Lihat tuh, ada ABS Pro, ABS yang bakal tetap berfungsi walau dipakai di tikungan. Nggak kayak ABS lainnya:
Juga ada riding mode, yang tentu walau di setelan hujan tenaganya masih jauh lebih besar dari motor 250 cc. Tapi mestinya masih ketolong karena ada traction control. Ada pembantu awalan jalan menanjak, quick shifter, layar TFT dam lampu semua sudah led.
Selain itu spesifikasi teknis juga nggak kalah:
Tenaga maksimal 207 hp, torsi maksimal 113 Nm dan berat siap pakai 197 kg. Kecepatan maksimal 299 km/jam.
Yang menarik lagi, motor sudah dilengkapi dengan shiftcam, macam VVA tapi untuk BMW:
Honda bakal panas dan ngeluarin VTEC untuk CBR enggak ya?
di lihat dari konstruksinya, shiftcam BMW kok malah justru nambah lebar area sektor silinder head ya? lantaran ada space tambahan buat mekanisme shifting cam nya yg mirip “botol pemindah gigi persneling” itu. menurut ane ini kayaknya gak bisa bikin kelebaran body overall dari new S1000RR nanti jadi lebih ramping, karna di sektor silinder head pastinya ada bagian menonjol yang mengganggu pemakaian chassis.
SukaSuka
motor motor tipe eropa biasanya kalah durabilitas dari motor motor jepang
SukaSuka
belum tentu juga, honda lokal kan kualitas tidak sekelas luar
SukaSuka
moge2 italia tuh yg durabilitas nya kurang dibanding moge2 jepang, rewel perawatannya ga kyk moge2 jepang
SukaSuka
Jaman dulu begitu ya.
SukaSuka
BMW HP 4 contohnya ganti gelondong mesin per 5000 km
SukaSuka
mungkin maksudnya hp4 race. saya pernah ditegur pemilik hp4 (bukan race) bahwa kalau selain tipe race tidak ada batasan itu dan sampai sekarang ok ok saja.
SukaSuka
kalo di mobil bmw ini namanya VANOS, kalo diliat dari performa kayanya masih lebih baik desmodromic valve atau pneumatic valve ya.
SukaSuka
Rasanya jauh lebih unggul pneumatic valve karena bukaan valve bisa lebih mendadak. Kalau secara mekanik kan wajib bertahap. Nggak bisa dibuat mendadak.
SukaSuka
betul, dulu mesin ferrari F10 geberan Shumacher sanggup 18.500 RPM saat digeber di sirkuit, brati pneumatic valve emang bagus buat high revving. ahhh….jadi rindu mesin F1 V10, V12 apalagi 😀
SukaSuka
Iya. Dan bisa irit di rpm rendah juga. Iya ya, mengapa motor motogp suaranya nggak dibuat mirip F1 ya? pada ngebas semua
SukaSuka
karna silindernya cuma 4 om. kecuali ada aturan boleh bikin mesin straight 5 silinder baru nanti bisa keluar suara F1 mesin V10 nya, karna mesin 5 silinder sejajar itu tone suaranya mirip mesin V10, begitu juga mesin inline 6 tone suaranya mirip mesin V12. kalo mesin V4 motoGP jaman now suaranya mirip crossplane crankshaft M1, kecuali Honda saat masih pake screamer suaranya mirip inline 4 flatplane crankshaft.
SukaSuka
Iya, setuju. Banyak fans Yamaha (luar negeri) yang merasa kehilangan suara melengking mesin R1 sebelum di cross planekan.
Does anybody NOT like the cross plane crankshaft?
SukaSuka
mesin R1 gen lama (edisi 2004-2006 dan 2007-2008) emang mesinnya paling high revving ketimbang superbike jepang lainnya, masih pake flatplane crankshaft, yg gen lama 2004-2006 masih pake teknologi genesis yakni pake 20 valve (5 valve per silinder) sementara versi 2007-2008 udah balik ke model biasa (DOHC 4 Valve) tapi soal keluaran power lebih tinggi versi 2007-2008.
SukaSuka
Ok, sip, terima kasih infonya. High revving itu yang disukai ya. Seperti jaman motor 250 cc 4 silinder mungkin.
Suara akselerasi motor motor sport 4 stroke 250cc 4 silinder asli seperti suara motogp
Atau CB400SF:
Honda CB400SF itu spesial karena bodi kuno tapi suara MotoGP karena mesin 4 Silinder VTEC
SukaSuka