Payah, oli mesin resmi tidak berkualitas, tapi kapasitas oli mesin Suzuki Nex II cuma 650 ml


Waktu penulis pertama lihat tulis 650 ml di cover kipas pendingin Suzuki Nex II, penulis kaget juga. Masa sih kapasitas oli mesin kalau ganti oli biasa cuma 650 ml?

Kebetulan tadi penulis bisa ganti oli sendiri untuk moto Suzuki Nex II. Oli mesin sudah terpakai sekitar 1300 km (setelah servis pertama).

Penulis memutuskan ganti oli karena berdasarkan pemakaian di Suzuki Spin, umur oli resmi Suzuki itu pendek. Walau oli di hari kedua kualitasnya masih tidak banyak turun, namun oli terlalu cepat encer saat dipakai. Gara – gara oli itu motor Suzuki Spin penulis jadi keluar bunyi aneh kalau pagi hari. Padahal sebelumnya nggak pernah begitu.

Oli di Suzuki Nex II terkesan masih bagus, bila nggak dipakai kencang suara mesin halus. tapi habis dipakai kencang pasti jadi kasar. Karena pengalaman di Spin jelek, penulis memutuskan harus segera ganti oli. Penulis juga curiga oli mesin resmi dari Suzuki itu mengurangi performa. Di Suzuki Spin ini bisa terasa.

Dan ternyata benar dugaan penulis, oli mesin sudah menjadi hitam walau masih terpakai 1300 km. Padahal oli sudah penulis tambahkan minyak goreng.

Apa itu bukan salah minyak gorengnya? Menurut penulis tidak karena hitamnya oli mesin itu lebih parah dari mesran super + minyak goreng yang kepakai lebih dari 1 bulan, dengan pemakaian yang tiap hari sempat top speed. Padahal Suzuki Nex II itu jarang sekali dipakai kencang.

Oli mesin kemudian penulis ganti dengan Fastron Techno 15W50, sekalian menyamakan dengan yang di Honda Beat eSP. Dan sepertinya memang benar oli matik resmi Suzuki itu menghalangi performa. Karena setelah ganti oli, suara mesin yang cenderung teredam, jadi seolah keluar suaranya. Bukan berisiknya, tapi raungan knalpot juga.

Cuma masih penasaran, mengapa kok kapasitas oli mesin Suzuki Nex II cuma 650 ml. Padahal biar oli mesin lebih awet maka kapasitas oli dibesarkan. Macam di motor sport kapasitas oli dibuat besar.

Untuk pemilik Suzuki Nex II yang sampai sekarang masih pakai oli resmi Suzuki, penulis sarankan ganti oli tiap 1000 km saja.

Iklan

4 respons untuk ‘Payah, oli mesin resmi tidak berkualitas, tapi kapasitas oli mesin Suzuki Nex II cuma 650 ml

  1. Biasa aja
    Karisma yang cc nya lebih gede juga cuma 700ml kok,,
    Tapi 700 ml itu ada di dipstick tengah

    Kalo isi 800ml pas dipstick atas
    Kalo isi 600ml mepet dipstick bawah

    Kayak NCB di buku panduan 1,1 liter
    Kalo isi 1,2 lt mepet batas atas
    Kalo isi 1 lt pas di batas bawah

    Suka

  2. Oli 650 ml ada ruang lebih untuk penguapan (150ml) menurut analisa saya.mengapa kang cahyo tidak menambahkan oli 150 ml ke suzuki nexx nya?

    Suka

    • Saat saya ganti oli sebenarnya sudah kelebihan, sama yang ganti oli diisi 750 ml. Tarikan jadi aneh. Kemudian saya kurangi sehingga menjadi sesuai dengan ketinggian maksimal di tutup oli.

      650 ml rasanya sudah full. Kalau di Honda Beat sepertinya masih nggak maksimal.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.