Ini jawaban mengapa polisi tidak merazia pabrik knalpot dan cuma berani menindak penjual knalpot brong murahan


Penulis lihat ada dua blog yang mempertanyakan mengapa razia polisi ke penjual knalpot hanya pada yang knalpot pinggir jalan dan mengapa nggak langsung ke pabriknya (termasuk pabrik motor yang jual knalpot?)

Memang beneran polisi merazia penjual knalpot brong dan memang cuma yang murahan:
KASATLANTAS POLRESTABES SURABAYA POTONG KNALPOT BRONG.

Ternyata polisi punya alasannya. Alasannya masuk akal. Alasan polisi mengapa nggak merazia pabrik:
Soal Knalpot Brong, Ternyata Ini Yang Bikin Polisi Tak Bisa Menindak Penjualnya

“Kalau di sirkuit balap knalpot diperbolehkan, itu yang menyebabkan kami tidak bisa menindak penjualnya. Harapan kita, agar para penjual knalpot brong tidak melayani order diluar keperluan balapan,” kata Kasat Lantas Polres Lumajang AKP I Gede Putu Atma Giri SH. Pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak yang punya otoritas terkait balap motor dan diperoleh informasi bahwa untuk arena balap memang diperbolehkan menggunakan knalpot brong, karena hal itu bisa meningkatkan pembakaran dan menambah kecepatan motor. “Kita sudah tanya soal ini dan itu boleh di arena balap saja. Karenanya kita susah juga untuk menjaring penjualnya dengan pasal kelalulintasan,” jelas Kasat Lantas.

Jadi polisi tidak bisa sembarangan menindak penjual knalpot murahan. Tapi polisi sendiri punya dasar untuk menindak penjual knalpot brong murahan.
Jelang Tahun Baru, Polisi di Gresik Larang Bengkel Jual Knalpot Brong

Kasatlantas Polres Gresik AKP Wikha Ardilestanto: Pihaknya mengimbau pemilik toko untuk tidak menjual knalpot-knalpot yang tidak sesuai standar pabrik. Jika tetap dilanggar maka sesuai dengan pasal 285 ayat 1 jo pasal 106 ayat 3 UULAJ Nomor 22 Tahun 2009 dengan sanksi kurungan 1 bulan dan denda Rp 250 ribu.

Jadi yang bisa dirazia adalah knalpot yang tidak sesuai standar pabrik. Polisi tidak punya landasan hukum untuk merazia knalpot yang sudah direkomendasikan / dijual oleh pabrikan.

Ada yang menyeletuk polisi bakal merazia pabrik knalpot palsu:

Maaf penulis nggak setuju. Ini karena knalpot palsu di Indonesia itu levelnya sudah tinggi sekali dan sudah direkomendasikan oleh pabrikan:
Soal Knalpot Palsu di Honda PCX, Akrapovich Tempuh Jalur Hukum

Karena sudah direkomendasi pabrikan (dijadikan di motor pameran), polisi pun tentu jadi ragu mau menindak pabrik knalpot palsu. Kalau sudah direkomendasikan pabrikan, polisi biasanya tidak menindak walau melanggar peraturan. Contohnya helm sudah kadaluarsa SNI nya ataupun lampu depan yang menyilaukan.

Iklan

8 respons untuk ‘Ini jawaban mengapa polisi tidak merazia pabrik knalpot dan cuma berani menindak penjual knalpot brong murahan

  1. saya lebih setuju yang ditindak pemakai knalpot brong di jalanan. kenapa bukan produsennya ? produsen bikin karena ada parmintaan. kalo produsen ditutup, ada jaminan nggak ada yg pakai knalpot brong ? TIDAK. jaman dulu, era astrea prima, gl pro, rx berjaya tidak ada yg jual knalpot brong. tapi pemakai knalpot brong tetep ada, dengan cukup bermidal betel sama palu, ujubg knalpot dijebol, beres. dan waktu itu sudah gagah banget

    Suka

  2. Kalau menurut saya, jika memang saat ini polisi tidak punya dasar hukum untuk menindak penjual maupun produsen, tapi ada regulasi untuk memiliki dasar hukum.

    Seperti penjelasan diatas bahwa knalpot brong itu hanya legal di arena balap dan ilegal di jalan raya.
    Tentunya ada kemungkinan untuk menindak produsen maupun penjual.

    Ketika knalpot brong itu hanya legal di arena balap berarti haram hukumnya produsen menjual kpda agen atau pembeli selain kepentingan balap.

    Dan seharusnya ada aturan yg ketat bahwa setiap produsen hanya boleh menjual knalpot brong untuk kepentingan balap saja. Dan setiap lembaga atau badan yg mengasosiasi balapan harus terdaftar. Jadi ketika ada produsen yg menjual ke selain lembaga atau badan perbalapan bisa dikategorikan menyalahi aturan dan bisa diberikan sanksi.

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.