Ada yang pakai eco racing? Lebih iritnya kok terkesan nggak seperti yang dicontohkan


Penulis punya produk sendiri untuk pengirit tenaga / penambah tenaga, yaitu pro capacitor untuk versi commercial dan cemenite untuk versi open source. Tapi penulis tetap memperhatikan juga produk semacam.

Barusan ada yang head up soal eco racing.

Harga resmi eco racing adalah 5 ribu rupiah per butir. Tapi lihat di toko online sampai ada yang jual 500 rupiah per butir. Warna ada yang terang ada yang gelap. Entah yang asli yang mana

Katanya sih larut dalam 12 menit dan 24 menit tergantung ukuran:

1 butir eco racing untuk 4 liter bensin. atau 2 liter bensin untuk efek lebih ekstrem.

 

Eco racing diklaim mampu membuat kendaraan lebih irit hingga 50%. Banyak yang menganggap bahwa itu artinya jarak tempuh meningkat 200% untuk jumlah bahan bakar yang sama, seperti contoh berikut:

Biasanya Tanpa Eco Racing, 4 Liter Bensin anda Habis setelah 3 Hari, Artinya setelah 3 Hari anda Harus mengeluarkan uang Rp.32.200 , berdasarkan BBM Pertamax 92

Tapi dengan Menggunakan Campuran Eco Racing, Durasi pengisian menjadi lebih lama, yakni 4 Liter yg biasanya cukup untuk 3 Hari, mampu menjadi 6 Hari

Namun dari hasil pengukuran lab angka pengiritan tidak sampai sebanyak itu. Berikut contoh lebih hemat 29%:

Berikut contoh lebih hemat 47%:

Jadi sepertinya, pengiritan yang dijanjikan antara 30 hingga 50% itu artinya kendaraan akan lebih irit menjadi 130% hingga 150% dari kondisi awal. Bukan jadi 200%.

Ini juga tercermin dari penambahan tenaga, terlihat penambahan maksimal sekitar 30%:

Cara kerja sepertinya dengan membuat ruang bakar jadi bersih dan sekalian dilapisi dengan keramik:

Untuk anti kerak sepertinya semacam PEA. Sementara itu untuk pelapisnya, semacam dengan Nano Energizer cuma beda warna. Sepertinya gabungan keduanya serta efek dari penambahan oktan dan tenaga membuat aditif eco racing itu besar efeknya.

Sebagai perbandingan, pro capacitor pernah di dyno penambahan maksimal untuk tenaga sekitar 25% dan lebih irit sekitar 10%. Entah apa reaksinya kalau digabung :).

Ada yang pernah pakai?

tambahan:
Ada beberapa yang tidak pas di seputar eco racing. Yang soal konsumsi bahan bakar lebih irit dua kali lipat sudah dimentahkan oleh testimoni yang ada. Lalu ada soal aman untuk mesin karena pakai bahan herbal:

Sinergy – Frequently Asked Question (FAQ) – Eco Racing

Eco Racing adalah aditif bahan bakar yang aman untuk mesin karena terbuat dari bahan – bahan organic 100%

Padahal sudah ada contoh jelas bahwa bio solar itu lebih merusak mesin karena ada tambahan bahan bio. Bensin yang mengandung alkohol juga bisa merusak sistem bahan bakar sehingga ada warning bahwa kendaran cuma bisa dipakai untuk bensin yang maksimal ada sekian persen alkohol. Alkohol kan dari bahan nabati juga.

Lalu soal minyak jarak atau castor oil. Justru tidak cocok dan beresiko bila dipakai pada kendaraan dengan bahan bakar bensin atau solar..

Jadi bahan organik 100% tidak menjamin aman untuk mesin.

Lalu yang repot lagi adalah soal pemalsuan. Sepertinya yang asli warnanya lebih gelap. Di toko online ada juga yang jual palsu tapi mengaku asli original. Kalau nggak pernah pakai bakal susah tahu.

Baca juga:
Info dan analisa cara kerja eco racing, serta membedakan antara yang asli dan yang palsu
Heboh aditif bensin anti kerak Eco Racing malah jadi sumber kerak, hasil ujinya bohongan?

41 respons untuk ‘Ada yang pakai eco racing? Lebih iritnya kok terkesan nggak seperti yang dicontohkan

    • Ini lagi cari cari. Ada yang dijual 22 ribu per 50 buah. Dikomentari seperti ini:
      ECO RACING MOTOR 1 Blister Isi 50 PIL PROMO TERMURAH Rp22.000

      Oleh SaDEWO,29 Januari 2019, pukul 06:12 WIB
      Saya Kecewa!
      Barang Palsu / KW dimana jelas sekali perbedaannya dari warna tablet lbh terang & flossy dan aroma tablet kebanyakan kapur barus serta brosur berwarna doff/gelap shg dpt menimbulkan kerusakan pada pemakaian rutin serta melanggar hak paten & bisa terancam masalah hukum pidana

      Di website resmi ada peringatan seperti berikut ini:
      SANKSI MENJUAL PRODUK DIBAWAH HARGA

      Dilarang mempromosikan dan menjual Produk-produk Sinergy dibawah harga bandrol baik secara langsung maupun online.
      Dilarang menjual produk-produk Sinergy melalui media promosi Toko Online (Marketplace) dibawah harga bandrol.

      harga agen katanya 4 ribu per butir. harga konsumen 5 ribu per butir.

      Menurut saya sih lumayan daripada coba coba nano energizer yang mahal. Dan lebih mending daripada carbon cleaner yamalube atau AHMLube yang 25 ribuan sekali pakai. Cuma resiko beli yang palsu besar banget apalagi yang belum pernah coba.

      Suka

      • Hitungannya admin kurang pas… min.. kalo hemat 50 % misal biasanya buat 3 hari bukan jd 6 hari min… tp 4,5 hari,,, kalo jadi 6 hari namanya 100%. Keliatannya si admin ini syirik orangnya

        Suka

        • Bro, mengapa kata BBM nya dihilangkan? Perhatikan kata kata di klaim berikut:

          Menghemat BBM hingga 50% itu dalam bayangan saya kalau biasanya habis 2 liter maka akan jadi habis 1 liter. Skenario biasanya habis 3 liter lalu jadi habis 2 liter itu bukan menghemat BBM 50%, itu menghemat BBM 34%.

          Sudah saya jelaskan di artikel:

          Jadi sepertinya, pengiritan yang dijanjikan antara 30 hingga 50% itu artinya kendaraan akan lebih irit menjadi 130% hingga 150% dari kondisi awal. Bukan jadi 200%.

          Suka

          • “menghemat BBM hingga 50%” itu tidak sama dengan meningkat separuhnya. Hemat hingga separuh tidak sama dengan lebih hemat separuhnya. Kalau maksudnya seperti itu, maka kata katanya harus diganti.

            Jangan “menghemat BBM hingga 50%” tapi “lebih hemat BBM hingga 50%”.

            Suka

    • Sya udah 1 tahunan pk Ecoracinng..sll beli sama teman saya yg agen resmi. 250 1 pack..n alhamdllah bagus. 2 bulan pertama hematnya skitar 30an%…trus pake rutin…n iritnya spertinya makin nambah…stlah skitar 2 bulanan lebih smpe skrang..skitar 40%.. Gk tau juga knapa makin nmbah. Apa karena ruang bakar jdi bersih atau gmna juga gak paham. Tp yg pasti gk ada msalah di kndaraan…tarikan enteng. N waktu dishub ada tes emisi….sya pnasaran n nyoba. Trnyata emang benar…spt yg di brosurnya. 0.00%. CO. InsyaAllah pengen gabung, biar bisa dpat harga lbih murah.hehhe…
      Om admin udah prnah pake? Atau udah nyoba tes lab barangkali. Sp tau ada info lain buat kita konsumen. Kalau cuma analisa dri teks. Saya sih lbih percaya peneliti ITB, Lemigas…petrolab n dishub..n pake sendiri.dari pada teksnya admin

      Suka

      • Saya punya niatan ingin coba. Tapi ragu mau beli dimana. Kalau nggak ngefek maka bisa jadi bakal dituduh beli yang palsu (padahal sudah niatan ingin beli asli) kan berabe. Cuma niat beli, nggak niat jadi member.

        Tapi mohon kalau beri informasi jangan separuh separuh begitu. Disebut juga motornya apa, oli mesinnya apa, bensinnya apa, sudah berapa tahun, kasarnya suara mesin termasuk rata rata atau lebih parah atau lebih senyap, dst. Warna busi seperti apa, dst.

        Dapat 30% itu gampang. Buat cemenite dengan biaya 20 ribu sudah cukup untuk mendapatkan hingga 30% lebih irit. Bahkan pakai pemutar udara dari kaleng bekas pun bisa bikin banyak mobil di perancis lebih irit 15%. Saya sudah banyak posting artikel metode irit, termasuk juga aditif bensin. Di universitas kan banyak banget penelitian soal menambah irit pakai minyak atsiri. Orang nggak percaya magnet bisa menambah irit motor, disini dibahas.

        Yang masalahkan adalah cara penjualan. Di artikel ini memprotes klaim yang berlebihan. Dan mengapa kok sampai ada surat protes dari petrolab.

        Lalu ada lagi artikel tambahan:
        Uji aditif eco racing pakai dimakan, pakai air dan dikuras olinya itu menipu konsumen

        Suka

  1. belum pernah coba, ane mah pake pertamax d tambah octane booster merk Griffon octane booster, coz pertamax turbo d daerah ane mah langka. takaran ane sih 1/8 tablet buat 6 liter pertamax.

    cm ada yg review bahaya buat mesin, jd bingung.

    ane sih udh 2 tahunan pake, kilometer br 11an ribu lebih & griffon octane booster tinggal sisa 2 pil. d pake d KTM RC 200 My 2017.

    Suka

    • Terima kasih sharingnya. Mungkin bahayanya bukan untukp mesin tapi untuk kesehatan. Soal bahaya untuk kesehatan sepertinya yang eco racing pun tidak diuji.

      Mungkin kalau dapat yang palsu atau resepnya nggak sip bisa merusak bagian mesin juga. Mungkin nambah kerak atau bikin karet getas / lumer.

      Irit juga itu pakainya.

      Suka

      • irit pakai na coz BB pake pertamax ky na, jd takaran na cm dikit, segitu jg hasil coba².

        soal irit pernah full pertamax cm dapet 30 km/L, trs pake octane itu jd 34 km/l. dua² na pake metode full to full ( wkt motor msh kinyis² hehe)

        skrng mah lom test lg

        Suka

      • Eco Racing terbuat dari herbal mas bro, Inshaa Allah tidak berbahya untuk kesehatan. Bahkan gas buangnya pun bisa sampai 1% di banding dgn BBM yang ada tingkat polusinya lbh tinggi. Dengan pakai Eco Racing berarti ikut sedekah udara sehat.

        Suka

        • Itu harus di tes dulu. Karena bisa terjadi dalam keadaan normal tidak beracun tapi setelah terbakar jadi beracun.

          Gas buang macam macam. CO berkurang, CO2 meningkat. Untuk manusia, CO berkurang lebih sehat. Untuk lingkungan standar sekarang, lebih banyak CO2 artinya polusi lebih parah.

          Suka

    • tentu bahaya bro kalau pakenya tidak sesuai aturan..eco racing fungsinya utk menaikan nilai RON bensin, nilai RON yg aman harus sesuai dengan nilai kompresi kendaraan anda..kalau kegedean dari yg dibutuhkan kendaraan pasti merusak mesin.

      Suka

  2. baru pakai sekitar 2 minggu, terasa tarikan makin enteng suara mesin makin halus, biasa isi full PP rumah kantor bisa sampe 3hr skrg bisa sampe 4hr…tp blm tau nih klo di cek mesin n injector bagaimana kondisinya? …isi pertalite serasa pakai pertamax (bukan Iklan, itu yg ane rasain), belum tau untuk pemakaian jangka panjang bagaimana efeknya ke mesin

    Suka

    • terima kasih sharingnya. Mungkin perlu diperhatikan warna oli mesin bagaimana.

      Jadi ingat dulu waktu pertama pasang magnet di selang bensin. premium serasa pertamax. saat itu pengiritan sekitar 30%. Sekarang sih pakai pro capacitor, premium lebih enak dari pakai pertamax.

      Suka

  3. Saya baru aja pake karena ada sodara yang ikut MLM Eco racing, yang Saya rasain sih kalau untuk lebih hemat saya gak bisa bilang karena motor saya supra, udah hemat darisana nya 🤣🤣🤣

    Tapi menurut saya sih tarikan motor lebih enak, saya pake petralite, pake eco racing ini asli tarikan lebih enteng dan yang bikin saya seneng suara tik tik tik dari motor itu ilang, padahal motor udah turun mesin masih ada itu suara, pake eco racing ilang suara ngelitik di mesin.

    Motor saya Supra X 125 tahun 2008, jarak tempuh mesin udah 124 ribu KM

    Suka

    • Terima kasih sharingnya. Suara tik tik hilang sepertinya tanda oktan naik. Mestinya lebih cocok dicoba dengan pakai premium. Bakal lebih sip lagi karena kandungan energi premium lebih besar.

      Premium + peningkat oktan = bensin bertenaga besar tapi mesin tidak ngelitik. paling tidak itu yang saya rasakan saat pakai pro capacitor.

      Suka

  4. Kebetulan bos ikut mlm nya eco racing, saya sempat di prospek untuk masuk tapi yah saya sudah terlanjur gak minat dengan yang namanya MLM. Dan akhirnya saya beli produknya saja sekalian buat nge tes. Waktu pertama tes sih saya coba di motor honda beat keluaran 2012 pake pertamax dengan 2 butir ecoracing (karena katanya motor lama pake 2 untuk pertama kali) dan memang tarikan jadi makin bagus kayaknya. Tapi untuk iritnya kayaknya sih sama aja, saya juga gak terlalu merhatiin.

    Untuk sekarang pemakaian ke tiga kayaknya malah agak sedikit ngadat yah, apa karena efek pake pertamax terus ditambahin eco racing yah? takutnya pembakaran tidak sempurna karena oktan yang terlalu tinggi untuk sejenis motor matic.

    Suka

    • ok. terima kasih sharingnya. Iya perlu diuji bila over dosis efeknya bagaimana. Kalau oktan terlalu tinggi efeknya biasanya mesin lebih panas dan lebih bergetar, tidak pengaruh ngadat.

      Suka

  5. Saya sdh pakai eco racing, pemakaian pertama cuma irit 30%, pemakaian ke 4 sy cek bener bisa irit 50%..bbm pake pertalite dengan perbandingan 40 lt pertalite : 1 sachet eco racing

    Suka

  6. Lu jualan jualan aja produk lu … Pake black campaign produk orang … Percuma … Produk ECO RACING sudah TERBUKTI NYATA dan BERMANFAAT UNTUK UMMAT ISLAM ANTI RIBA

    Suka

    • Selama tidak ada kebohongan tidak masalah.

      Klaim penambahan tenaga tentunya tidak boleh dibilang pemakaian bensin berkurang 50% karena sebenarnya yang dimaksud adalah lebih irit 50%. Mengklaim bahwa bahan nabati itu artinya 100% aman untuk kesehatan juga jelas berlebihan, karena ada bahan nabati yang jadi berbahaya setelah dibakar. Apa benar umur oli bisa jadi 3 kali lipat? Saya sekarang ini pakai oli bisa 5 ribu km. apakah setelah pakai eco racing jadi bisa 15 ribu km?

      Sertifikasi halal dari MUI juga adalah untuk cara pemasarannya, bukan pada produknya sendiri.

      Dan harus diingatkan bahwa itu MUI Jawa Barat, dan bukan nasional.

      Hasil uji petrolab juga diprotes oleh petrolab:

      Orang islam menjual dengan tanpa menutup nutupi kelemahan barang jualan. Bila saya tahu ada kelemahan dan saya sembunyikan, maka saya ikut berdosa karena menjual barang tanpa memberitahukan cacatnya adalah dosa dam orang yang membantu menyembunyikan cacat akan ikut berdosa.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.