Ternyata Honda PCX Electric tahan banjir kok, sampai 30 cm, lebih dari itu mati? dan pasti nggak boleh roboh


Ternyata Honda PCX Electric bisa dibuat melewati banjir. Media pada bilang bahwa bahwa batas aman melewati banjir adalah 30 cm.

Cuma kalau soal lebih dari 30 cm, penulis bingung juga karena banyak versi. Penulis temukan minim ada 4 versi:
1.Sistem akan mati sendiri bila melebihi 30 cm, menyalakan tinggal ditunggu kering (entah apanya yang perlu dikeringkan):
Honda PCX Electric Ketemu Banjir, Segini Batas Ketinggian yang Aman

“Jangan takut untuk naik PCX Electric ketika cuaca hujan bahkan kondisi banjir sekalipun,” buka Endro Sutarno Technical Service Division PT. Astra Honda Motor (AHM). “Kalau di atas level itu mesin otomatis akan mematikan sistem dari motor karena sudah melewati batas aman. Kalau sudah mati mesinnya maka kita harus menepikan kendaraan lalu menunggu sampai kering. Maka motor bisa langsung dinyalakan kembali”

2.Ada warning. Kalau tidak dimatikan bakal ada yang rusak, tapi nggak akan kesetrum.
Beda Honda PCX Listrik dan Viar Q1 Saat Hadapi Banjir

Technical Service Astra Honda Motor (AHM) Reza Rezdie Shahertian: “Kalau aliran air yang melebihi batas normalnya ada lampu peringatan nyala. Nah itu harus matikan kunci kontak, terus dorong.” Reza mengatakan ada potensi kerusakan komponen jika sistem tidak langsung dimatikan. Terkait komponen yang kemungkinan rusak, Reza tidak bisa menyimpulkan. Katanya kerusakan komponen bisa diketahui setelah PCX Electric yang habis kebanjiran diperiksa di bengkel dengan sistem komputerisasi. Diungkap Reza ada tiga komponen kelistrikan PCX Electric yang letaknya di bagian bawah atau mudah terendam air, yakni motor listrik, komponen charger unit, dan power control unit (PCU).

“Jika di atas itu akan ada indikator yang mengingatkan pengendara untuk menghindari genangan. Jika genangan air semakin tinggi, pengendara tak usah khawatir, karena teknologi pcx Electric akan secara otomatis mematikan mesin. Pengendara tinggal mencari lokasi tanpa genangan untuk menyalakan lagi motornya,” kata General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin

3.Matikan kunci kontak kalau ada peringatan. nggak menyebut bakal rusak kalau nggak dimatikan
Honda PCX Listrik Aman Menerjang Banjir, Asal..

“Bisa, atau amannya di 30cm. Kalau lebih dari sana ada warning system. Kalau aliran air yang melebihi batas normalnya itu ada lampu peringatan nyala. Nah itu harus matiin konci kontak, terus harus dorong,” kata Reza Rezdie Technical Service Devision AHM

“Lebih dari situ masih aman, tapi motor sudah enggak bisa dipake lagi (motor mati). Enggak akan kesetrum. Jadi kalau ada sistem yang bermasalah itu pasti ada lampu peringatan. Nah lampu peringatan itu sebagai indikator konsumen bahwa motor ini sedang mengalami trouble,

4.Disebut sistem bisa tahu kalau ada aliran listrik yang bocor?
Terjang Hujan dan Banjir, PCX Listrik Gak Nyetrum Kok

“Bisa, atau amannya di 30cm. Kalau lebih dari sana ada warning system. Kalau aliran air yang melebihi batas normalnya itu ada lampu peringatan nyala. Nah itu harus matiin konci kontak, terus harus dorong,” kata Reza Rezdie S selaku Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM).

“Lebih dari situ (30cm) masih aman, tapi motor sudah enggak bisa dipake lagi (motor mati). Enggak akan kesetrum. Kalaupun ada aliran listrik yang bocor, pengguna akan diberi tahu lewat sistem warning berupa kampu peringatan. Kalau sudah menyala, berarti motor tersebut sedang mengalami trouble,” ujar Reza.

 

Entahlah yang jelas yang mana tapi pasti motor nggak boleh sampai roboh alias jangan sampai tenggelam atau basah baterainya. Karena ini jelas jelas sudah diungkapkan sama Honda pusat di Jepang:
Safety Riding: beberapa bagian motor Honda PCX Electric yang bisa menimbulkan resiko kematian

Kalau baterai sudah basah. Jangan sembarang menyalakan motor. Cek dulu baterainya. Keringkan dan berdoa nggak ada air yang merembes masuk.

Jangan diperlakukan seperti motor buatan Cina:

 

Ada beberapa yang aneh pada pernyataan resminya. Itu sistem mati sendiri sensornya ada di mana? Di baterai, di motor atau di posisi yang beneran bisa mendeteksi ketinggian kah? Karena kan kalau lewat banjir bisa ada ombak juga.

Kalau sistem mati sendiri, apa benar sitem akan mau menyala setelah di tempat kering? atau menunggu sensornya di keringkan? Sensornya di mana?

Waktu lewat banjir kan mesin mati. Mana bisa tahu dong kalau pas ada kebocoran kabel tegangan tingginya?

Waktu sistem dinyalakan, kan cuma kelistrikan 12V saja yang nyala? Apa benar bisa deteksi kebocoran listrik ataupun problem di kelistrikan tegangan tinggi?

Kan sama Honda Jepang baterai nggak boleh basah, apa yakin motornya boleh terendam air? Kan beda dengan buatan Bosch yang dipakai di motor Cina?

7 respons untuk ‘Ternyata Honda PCX Electric tahan banjir kok, sampai 30 cm, lebih dari itu mati? dan pasti nggak boleh roboh

  1. Namanya juga coba2, untung dibantu penuh sama fansboy nya untuk jadi kelinci percobaan….. Hahahaha. Sedangkan motor listrik merk lain sudah pengalaman lama.itu juga belum kena semprot air tukang cuci motor.

    Suka

  2. justru yg bahaya itu ya pas banjir, karena bisa aja jatuh atau nyungsep. gw naek 2 tak pernah nyungsep kok tp namanya 2 tak bongkar dikit dah cespleng, kebayang kan kerja di jakarta banjir di cipinang terus motor mati gak mau nyala. sedangkan rumah di Bekasi atau Cibitung. Ya alamat dorong motor ato keluar duid 500rb itu buat angkut motor.

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.