Migo akhirnya dinyatakan tidak boleh melaju di jalan raya, padahal katanya boleh?


Sejak penulis tahu bahwa harga motor listrik Migo itu cuma 5 sampai 6 juta rupiah, penulis sempat kagum juga karena motor semurah itu boleh melaju di jalan. Karena saingan motor listrik terdekat harganya mencapai 17 juta rupiah (Viar Q1).

Dan ternyata akhirnya terjadi juga, motor listrik itu dinyatakan tidak berhak untuk dibawa ke jalan.
Jangan Bawa Skutik Listrik Migo Ke Jalan Raya Kalau Ogah Diciduk Polisi

Alasannya:

“Ini jadi bahasan yang akan dibahas hari Senin (11/2). Itu nanti akan ditangkap dirazia, dikandangin (sepeda listrik Migo),” kata Kepala Sub Direktorat Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Herman Ruswandi dilansir dari CNNIndonesia.com, Senin (11/2).

Salah satu penyebab Migo belum atau tidak layak berada di jalan raya adalah karena belum memiliki ijin uji tipe, tanpa adanya ijin tersebut tentu tidak akan memiliki plat nomor atau surat-surat resmi layaknya motor karena memang belum ada ijin resminya.

Dengan digunakannya Migo di jalan raya, maka sudah melanggar aturan lalu lintas Pasal 49 tentang kewajiban semua kendaraan yang melintas di jalan raya harus memenuhi persyaratan, salah satunya lulus uji tipe kendaraan.

Padahal sebelumnya ada yang ngomong begini:
Motor Listrik Bisa Dikendarai di Jalan Tanpa STNK

Sementara itu, Direktur Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi mengatakan, untuk kendaraan listrik yang berbentuk sepeda dan kecepatan maksimal tidak lebih dari 40 kilometer per jam, tidak perlu didaftar untuk mendapat STNK.

“Enggak perlu didaftar kalau itu bentuknya adalah sepeda. Kalau bentuknya sepeda motor, kecepatan bisa di atas 40 km per jam, itu harus didaftarkan,” kata Budi. (yns)

Aglis, Sepeda Listrik yang Dibanderol Rp 45 Juta, Fitur seperti Mobil, Bisa Melaju 35 Km/Jam

Meski digerakkan mesin, humas SEVI Aldrian Suryahadi memastikan bahwa alat transportasi tersebut masuk kategori sepeda. Sebab, hanya mampu melesat dengan kecepatan 35 kilometer per jam. “Sebelum merakit, kita sudah konsultasi dengan dinas perhubungan dan kepolisian. Sesuai regulasi, kendaraan yang kecepatannya di bawah 45 kilometer per jam hanya termasuk kategori sepeda. Sehingga tidak butuh STNK. Tapi, pengemudinya tetap butuh SIM. Jenisnya SIM C,” ujarnya.

Sementara itu Migo kecepatan maksimalnya disebut 40 km/jam:
Sewa Sepeda Listrik via Aplikasi Migo Ebike Resmi Hadir di Indonesia

Armada sepeda listrik yang di Jakarta lebih solid. Berat maksimal yang mampu ditopang Migo Ebike adalah 100 KG. Kecepatan laju maksimalnya 40KM/jam.

Dari polisi sih bilangnya bakal ada peraturan khusus:

Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Inspektur Jenderal Polisi Refdi Andri mengatakan, kendaraan listrik akan memiliki STNK layaknya kendaraan bermotor.

“STNK kendaraan listrik itu nanti akan disesuaikan dengan kapasitas mesin kendaraan. Sekarang masih dirumuskan. Mudah-mudahan dalam waktu dekat dapat disepakati,” ujarnya di Jakarta, Kamis 14 Desember 2018.

Janjinya:

“Namanya rumusan, mudah-mudahan tahun depan sudah bisa,” tuturnya.

Kalau pakai kata mudah mudahan, bisa bakal nunggu beberapa tahun lagi.

Memang Indonesia ini masih nggak siap untuk motor listrik. Baik untuk yang ingin memiliki ataupun untuk yang membuat masih banyak yang sulit. Perlu iri tidak dengan luar negeri yang insentifnya saja bisa mencapai 50 juta rupiah? Pabriknya juga diberi kemudahan pajak.

Yang sekarang ini sedang berjuang untuk membuat dan memasarkan motor listrik pasti bakal sumpek baca berita ini. Harus uji tipe segala. Bakal habis uang berapa tuh. Padahal sebelumnya tanya ke pemerintah dan polisi katanya boleh.

Yang modal kecil saja yang kena sih. Yang modalnya besar mungkin cuma terkendala birokrasi saja.

Iklan

12 respons untuk ‘Migo akhirnya dinyatakan tidak boleh melaju di jalan raya, padahal katanya boleh?

  1. Motor custom jokowi tanpa uji tipe dan knalpot tidak sesuai dg euro 3 saja bisa turun di jalan raya dan dapet pengawalan dr pihak kepolisian loh.

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.