Belum balapan eh MotoE sudah kebakaran duluan, pertanda resiko motor listrik?


Mengagetkan (atau justru tidak?) karena garasi penyimpanan motor balap listrik MotoE mengalami kebakaran.
Breaking News: Paddock Moto-E Ludes Terbakar di Jerez. Terancam Gagal Sebelum Balap Dimulai?

Katanya semua barang habis terbakar. Mulai dari 18 motor, peralatan pendukung, laptop, data, kelengkapan rider, dll, katanya terbakar habis:
MotoE: Championship in doubt after catastrophic fire?

Bila benar maka kemungkinan besar balapan MotoE akan tertunda. Karena dianggap Energica nggak akan mampu menyiapkan 18 motor listrik kencang spek MotoE dalam waktu singkat. Atau mungkin ada pabrik motor listrik lain yang kebetulan punya 18 stok motor listrik nganggur bakal dikontrak?

Ini video rekamannya:

Satu hal yang cukup unik adalah fakta bahwa kebakaran terjadi relatif sebentar. Nggak sampai pagi sudah dipadamkan:

Padahal kalau dari mobil Tesla, disebut di buku manual, baterai itu sulit dipadamkan dan bisa terbakar sampai 24 jam:
Tesla Driver Killed In High-Speed Crash, Battery Keeps Reigniting For More Than A Day

Battery fires can take up to 24 hours to extinguish. Consider allowing the battery to burn while protecting exposures.

Berikut beberapa contoh kejadian:

 

Apa mungkin ini karena bungkus aluminium dari baterai dihilangkan ya? Seperti yang dilakukan pada Energica Ego Corse versi publik?
Akhirnya Energica Ego versi balap dirilis untuk publik, jadi lebih kencang dan irit

Karena kulit aluminium baterai dihilangkan, maka begitu terbakar langsung segera merambat kemana – mana dan berlangsung cepat. Walau berlangsung cepat, api dari gas hidrogen yang dihasilkan baterai menghasilkan suhu yang sangat sangat tinggi. Dari banyak kejadian, plastik langsung leleh walau terbakar sebentar. Mungkin ini sebabnya api cepat padam. Baterainya langsung habis terbakar. Namun karena apinya puanas, semua langsung rusak.

Kalau ini karena keteledoran (dan bukan sabotase), maka ini jadi pertanda bahwa sebenarnya masyarakat sekelas Eropa pun belum siap dalam menangani motor listrik (biar aman).

Iklan

10 respons untuk ‘Belum balapan eh MotoE sudah kebakaran duluan, pertanda resiko motor listrik?

  1. Di lihat dari sisi terbakarnya hasilnya seperti yg kita lihat,bukan motornya saja tetapi bangunan juga hampir habis di lalap si jago merah.sudah jelas kan motifnya seluruh yg ada di situ harus hilang,toh jikalau cuma kejadian korslet kemungkinan ngga separah itu

    Suka

  2. yaelaahhh Om cahyo, sampeyan bahas artikel ginian mana menarik? ayooo doonggg sekali lagi bahas soal Markes soal keburukan dan keculasan doi, atau kalo tidak bahas kejelekan produk yamahmud, macam cvt gredeg2 lah, mesinnya cepet panas lah, boros lah, apa aja deh yg penting bahas kejelekannya, biar blognya jadi rame lagi, wkwkwkwkwk….

    Suka

  3. Kenapa Honda gak ikut MotoE kan sudah ada PCX Electric….. hahahaha masa kalah sama merk motor yg kurang dikenal dan penjualannya kecil……

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.