Kabel semeter bisa bikin efek penambahan tenaga pro capacitor makin mantap!


Sebelumnya penulis sudah menceritakan efek pakai pada pro capacitor male coil yang ternyata ada nggak enaknya. Selama beberapa minggu ini penulis coba lagi. Kalau gambar sih tinggal di flip:

Perhatikan bahwa arah lilitan berubah. Itu lilitan female. Kalau implementasinya adalah di antara pro capacitor dan karbu dipasang kumparan female. Kabel semeter terlalu panjang sih, Mungkin butuh sekitar 40 cm?

Hasilnya sangat mantap. Sifat masih mirip dengan bila hanya menggunakan pro capacitor saja. Tenaga awal mesin dinyalakan kalah kuat dengan kalau sudah mau sampai tujuan. Kalau dua hari motor mati maka tenaga terasa kurang. Kalau pas sudah dua hari dipakai kerja, tenaga motor waktu pulang kantor terasa mantap walau cuma dipakai pelan.

Mantapnya tenaga terasa mulai dari rpm rendah hingga rpm tinggi. Suara knalpot juga berubah, jadi lebih tegas dan keras. Cuma agak sulit menjelaskan apa bedanya dengan saat pakai kumparan male. Sama sama meraung tapi beda.

Penulis lakukan beberapa minggu sekaligus untuk mencari variasi dan membandingkan bila kumparannya dilepas. Dan penulis yakin efeknya positif.

Cara ini kemudian penulis pergunakan juga pada Honda Beat, Suzuki Nex II dan Daihatsu Ayla 1L. Penambahan tenaga terasa. Terutama yang untuk Suzuki Nex II (yang tenaganya lemah) peningkatan tenaga jadi terasa. Nggak terasa berat lagi dan saat akselerasi knalpot bisa bunyi tegas.

Cara ini mestinya efektif untuk yang pakai cemenite juga. Untuk mobil sepertinya juga ok. Walau mungkin kalau mobilnya diesel lebih cocok kalau cemenitenya yang dibesarin.

Untuk kabel yang dipakai wajib inti tembaga. Diameter bisa pakai 2,5 mm atau sekalian 4 mm kalau selangnya aman. Kalau selangnya ringkih, kecil atau sulit diraih sebaiknya pakai yang 1,5 mm saja.

Aturannya tetap, panjang kumparan diusahakan 1,3 kali dari diameter luarnya. Pastikan juga jangan salah arah lilitannya. Karena kalau kebalik ya efeknya juga kebalikan.

Iklan

2 respons untuk ‘Kabel semeter bisa bikin efek penambahan tenaga pro capacitor makin mantap!

  1. Assalamu’alaikum,

    Pak cahyo masih jual cemenite & pro capacitor nggak? Punya lapak di tokopedia atau bukalapak? Saya minat pak.

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.