PPN kendaraan bakal pakai acuan emisi, kasih celah kendaraan CC besar dipajaki lebih murah


Ada kabar bahwa PPN bakal pakai acuan emisi:
Mulai Tahun 2021, Pajak Kendaraan PPnBM Dihitung Bukan Sesuai Kapasitas Mesin, Tapi Emisi

Itu merupakan hal yang sebenarnya lumayan bagus, bila tidak ada berita berikut:
Perpanjangan STNK Wajib Lolos Uji Emisi di Jakarta

Hal itu bakal jadi hal yang buruk dan termasuk penipuan karena uji emisi seperti itu jelas tidak mencerminkan emisi keseluruhan kendaraan. Uji emisi itu seperti ini hasilnya:
cek kondisi mesin lewat uji emisi…

Perhatikan satuan dari angka yang ditampilkan. Satuannya adalah ppm atau persen.

Payah bila nanti PPN bakal menggunakan acuan hasil uji emisi. Karena hasil uji emisi itu adalah prosentase. Artinya mobil gres Lamborghini Huracan atau apapun yang kapasitas mesinnya 6 liter lebih, hasil uji emisinya bisa jadi jauh lebih bagus dari motor atau mobil lama. Ini karena dengan menggunakan ukuran prosentase artinya kendaraan mengeluarkan kentut seukuran tong bisa dianggap lebih ramah lingkungan daripada kendaraan yang mengeluarkan kentut seukuran toples selama prosentase gas buang beracun lebih kecil.

Oli mereka lebih mahal. Bensin mereka lebih mahal. Mesin lebih canggih. Presisi lebih bagus. Nggak mungkin hasil uji emisinya jelek.

Itu juga termasuk penipuan karena standar Euro 4 atau semacamnya tidak menggunakan prosentase. Mereka pakai angka pasti:
Emissions impossible; what Euro 4 really means

Perhatikan bahwa ukuran polusi adalah berapa gram per kilometer. Mereka nggak pakai prosentase. Penulis tidak tahu apa alat yang dipergunakan untuk melakukan pengukuran itu. Tapi yang jelas tidak pakai alat uji emisi yang keluarnya pakai prosentase.

Untuk soal polusi, mungkin untuk orang itu bau kentut tidak bergantung ukuran badan atau jumlah makanan yang masuk, tapi kalau untuk kendaraan itu harusnya jelas, yang kapasitas mesinnya besar dan bensinnya boros dijamin polusinya bakal lebih besar. Bukti bisa dilihat jelas dari pengkategorian kendaraan:
EU: MOTORCYCLES: EMISSIONS

Jadi lihat nanti alat macam apa yang akan dipakai. Kalau sampai alat yang pakai prosentase, maka itu jelas penipuan. Pabrikan tentu bakal senang karena jadi terkesan mobil 5 ribu cc mereka atau motor 1000 cc mereka seakan lebih ramah lingkungan daripada mobil seribu cc atau 100 cc.

Iklan

10 respons untuk ‘PPN kendaraan bakal pakai acuan emisi, kasih celah kendaraan CC besar dipajaki lebih murah

  1. Sharing mas…Setau saya alat ukur yang satuan ppm (mg/liter), mg/m3 ataupun %, itu di gunakan untuk emisi tak bergerak (cerobong boiler, genset dsb). 1% = 10000 ppm (mg/l). Menurut saya aturan euro 2 keatas yang berhubungan dengan pajak itu dikenakan kepada mesin standart pabrikan, bukan dari hasil modif mesin diluar pabrikan, sehingga bila pabrikan A sudah mengeluarkan kendaraan baru dengan hasil uji emisi misal masuk euro 3, maka pada waktu pembayaran pajak tidak diperlukan uji emisi lagi. Tetapi hal ini bisa rancu, karena pemilik mesin bisa jadi sudah modif mesin nya sehingga kurang /lolos dari euro 3.
    Salam sharing

    Suka

  2. Wah
    Kalau yg dijadikan acuan berdasarkan data awal keluaran pabrik, ya gitu deh.
    Kalau tiap tahun di uji emisi, baru lebih adil.

    Tapi,….
    Hehehe….
    Sebenernya semua tergantung niatnya sih

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.