Sebenarnya bisa dimengerti mengapa Honda Thailand pilih CBR250RR yang buatan Jepang


Honda Thailand resmi meluncurkan Honda CBR250RR untuk pasar Thailand lewat Motor Show 2019. Jadi pertanyaan mengapa kok impor dari Jepang 100%:
Honda CBR250RR K64 Baru Rilis Di Thailand, Kok Bukan Dari Indonesia?

Menurut penulis paling tidak ada dua alasan mengapa ini bisa terjadi. Dan dua duanya bukan soal kualitas.

Yang pertama adalah bisa jadi lampu belok yang versi di Indonesia itu dianggap norak. Karena kan lampu DRL jadi kelap kelip:
Lampu sein sisi depan All New Honda CBR250RR ternyata unik gans…

Atau bisa jadi yang begitu itu dianggap tidak sesuai standar keselamatan di sana, atau tidak sesuai aturan lalu lintas. Oleh karena itu mereka pilih yang model seperti di Jepang.
Honda CBR250RR เปิดตัวในไทย พร้อมเคาะราคา จัดดอกเบี้ยเรทพิเศษ 0.99% ต่อปี!!!

Nggak bikin jelek sih:
ชมภาพจริง 2019 Honda CBR250RR สปอร์ตเรพลิก้าพันธ์แท้ 250cc ที่รอคอย กับราคา 2.49 แสนบาท [BIMS2019]

 

Yang kedua adalah karena sudah pasti buatan Indonesia emisinya tidak sesuai dengan Thailand yang mestinya sekarang sudah Euro 4. Sementara itu Indonesia kan negara yang termasuk paling telat implementasi macam beginian akhir akhir ini. Padahal dulu sempat sangat getol harus Euro 3 sampai Ninja 150R juga disuntik mati.

Sebelumnya juga Astra Honda pernah ngomong kendala ekspor utuhan adalah dari sisi emisi. Jadi kalau ekspor lewat Jepang dulu:
Pasar lesu, AHM pangkas produksi CBR250RR

Sepanjang 2017, ekspor CKD CBR250RR dari Karawang ke Jepang telah mencapai 6.000 unit. Apakah AHM akan berupaya untuk mengekspor motor itu ke negara lain tanpa melalui Jepang terlebih dahulu? David Budiono menjawab mereka tengah memperhitungkan hal tersebut. “Buat sepeda motor itu ada emisi segala macem, jika ke Eropa misalnya yang sudah Euro 4. Bukannya kami tidak bisa buat, tetapi kalau kalau skala ekonominya kecil, investasinya kegedean.”

Menurut penulis kedua alasan itu bisa menjelaskan mengapa Honda Thailand nggak mau pakai buatan Indonesia. Tapi penasaran juga mengapa kok rangkanya juga buatan Jepang ya? Padahal secara medan kan jalan di Thailand rasanya lebih bagus secara keseluruhan dibanding Indonesia.

Jadi kepikiran lagi rangkanya Honda CBR150R Thailand. Yang di ekspor secara CKD komponen apa saja ya?

Iklan

4 respons untuk ‘Sebenarnya bisa dimengerti mengapa Honda Thailand pilih CBR250RR yang buatan Jepang

  1. Kelihatannya di Thailand jualnya New Ninja 400 dan YZF-R3 jadi CBR250RR akan bersaing dg Ninja 250SL, Duka 250 terutama di masalah harga.

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.