Deflector Ducati tidak pernah diuji terowongan angin tapi berani klaim efeknya minimal, biaya sidang 50% biaya terowongan angin


Semoga nggak capek baca berita deflector terus. Intinya tetap omongan Ducati itu jangan gampang dipercaya.

Ducati sebelumnya bilang bahwa karena yakin efek downforce deflector itu kecil, mereka tidak melakukan uji terowongan angin:

Ducati talks swingarm spoiler after Court victory

Honestly speaking, we didn’t do any wind tunnel testing with the system, because our target was not the [down]force of the device. It was only the thermal effect on the rear tyre.

Mereka klaim bahwa angka downforcenya sekitar 300 gram:

more or less 3-4 Newtons at 180 km/h, 300 grams more-or-less.

Ternyata ada pabrikan yang sudah melakukan uji terowongan angin pada deflector di swing arm:
Aprilia: The rules aren’t clear

we all show our numbers from Honda to Ducati to us, and the numbers of these studies are very similar. Honda was the only one that also did wind tunnel tests and the numbers of Honda were the smallest of the four.

Yang sudah melakukan Honda. Angka disebut paling kecil. Kecilnya seberapa?
MotoGP, La guerra di Honda: in forse l’approvazione del suo ‘cucchiaio’

Dai 4 ai 6 Kg, al massimo della velocità. Questo secondo uno studio di HRC in galleria del vento.

Antara 4 hingga 6 kilogram di kecepatan penuh.

Melihat skala grafik sebelumnya menunjukkan bahwa bisa jadi data yang dibagikan Dall’Igna ke publik itu tidak benar.

Data di kecepatan 300 km/jam sekitar 3 kali dari di kecepatan 180 km/jam. 300 dikali 3 kan cuma 0,9 kg. Masih jauh banget dari punya Honda padahal punya Honda dibilang terkecil. Kemungkinan besar Ducati bohong soal data 300 gram itu. Harusnya paling tidak 1 kg di kecepatan 180 km/jam.

Ducati kerja sama dengan Megaride untuk software simulasinya:
MegaRide: ‘Evidence clear’ for Ducati tyre cooling: ‘From our side, the evidence is clear. The main target is only optimal tyre temperature’

“Our role in MotoGP is mainly in the vehicle development phase. We provide software and tools useful to get more information to make the right choices, but the final decision is in the customer’s hands.”

Uniknya, untuk kasih contoh bahwa biaya pengembangan aerodinamika itu murah. Ia sebut bahwa dana pengembangan aerodinamika Ducati cuma 1% dari keseluruhan (sudah termasuk uang untuk keperluan politik?). Ia mengeluh karena untuk keperluan sidang ia harus menghabiskan dana setara dengan 5 hari uji terowongan angin. 1% dana Ducati itu bisa untuk 10 hari uji terowongan angin.

MotoGP, Dall’Igna: “The spoon costs? I spent more on the appeal Like going to the wind tunnel for 5 days, the aerodynamics are 1% of our budget.”

7 respons untuk ‘Deflector Ducati tidak pernah diuji terowongan angin tapi berani klaim efeknya minimal, biaya sidang 50% biaya terowongan angin

  1. Ada kesan bahwa panitia mengistimewakan ducati,mungkinkah karena hanya ducati Dovi yg bisa kasi persaingan secara langsung ke honda Marc,jdi panitia lakukan hal itu agar ducati bisa lebih fight dan persaingan semakin menarik dan tentu aja,motogp semakin banyak penontonnya

    Suka

  2. […] Jangan lupa bahwa untuk beberapa tahun ini sepertinya Ducati mengandalkan software (kerja sama dengan softwaris baru, Megaride) untuk hasil uji anginnya. Dan yang namanya software, apalagi yang baru, nggak ada jaminan bisa akurat 100%. Deflector Ducati tidak pernah diuji terowongan angin tapi berani klaim efeknya minimal, biaya sidang… […]

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.