Motor Dovizioso di jalan lurus kalah dari Marquez, di tikungan kalah dari Rossi, efek pakai deflector?


Di balapan di Termas Argentina, begitu lihat Dovi di lap pertama tidak bisa menyusul Marquez, penulis sudah merasa pasti Marquez tidak akan terkejar. Dan ternyata benar, Marquez berkendara santai, sehingga elbown down pun tidak dipakai:

Padahal biasanya Dovizioso itu hebat banget kalau menguntit pembalap lain, walau itu Marc Marquez sekalipun.

Tapi di lap pertama kelihatan sudah ada ciri motor Ducati Dovizioso bakal jadi penghalang yang lain:

Itu padahal di lintasan lurus, kok bisa bisanya motor Ducati Dovizioso tertinggal?

Lalu di tikungan terlihat Dovizioso nggak sadar bahwa motornya nggak bisa menikung, sehingga disalip Rossi:

Tapi Dovi nggak putus asa, di lintasan lurus nyalip motor Yamaha yang jelas kalah akselerasi / top speed:

Jadi ceritanya Rossi bisa menyalip di tikungan, tapi Dovi bakal menyalip di lintasan lurus, lalu menghalangi Rossi lagi. Ya jadinya Marquez tidak terkejar.

Dovi itu kan biasa, kalau di depan sering lambat menikungnya. Baru kalau mengikuti pembalap lain baru bisa copy paste titik pengereman dan cara menikung. Motor Marquez di jalan lurus tidak terkejar, sementara motor Yamaha mudah dikejar. Jadinya selama balapan gantian yang jadi urutan kedua antara motor Rossi dan Dovizioso.

Karena Ducati lambat di tikungan dan Yamaha lambat di jalan lurus. Motor Marquez bisa santai melaju di depan. Bahkan sempat meninggalkan sampai 12 detik. Si bos Alberto Puig kelihatan berkali kali memberikan tanda untuk kalem saja:

Di balapan ini motor Honda kencang. Takaaki Nakagami saja bisa di posisi 7. Cal Crutclow apes kena penalti karena geser motor pakai kaki saat start. Lorenzo jelas masih pemulihan.

Suzuki juga kencang tapi apes di startnya. Yamaha nggak bisa akselerasi, yang sudah jadi penyakit lama. Ducati makin lambat di tikungan dan lintasan lurus yang merupakan penyakit baru.

Penulis curiga ini ada hubungannya dengan deflector.

Apa Gigi Dall’Igna nggak mikir bahwa pasang deflector bisa menghasilkan drag sehingga ia tidak melakukan uji terowongan angin?
Ducati talks swingarm spoiler after Court victory

Honestly speaking, we didn’t do any wind tunnel testing with the system, because our target was not the [down]force of the device.

Aprilia bilang ada drag / hambatan anginnya:
Aprilia’s Romano Albesiano & Massimo Rivola Speak About Ducati’s Rear Spoiler, And The Cost of Aerodynamics

We have figures on the downforce, the drag, and the cooling effect that this device can give.

Lihat saja nanti apakah Ducati bakal pasang terus deflector setelah jadi sumber perpecahan di MSMA, sumber pembuka kebrobrokan di MotoGP, sumber terbukanya modif aerodinamika yang sebelumnya sudah disepakati dihentikan, dan sekarang jadi sumber kehilangan keunggulan?

11 respons untuk ‘Motor Dovizioso di jalan lurus kalah dari Marquez, di tikungan kalah dari Rossi, efek pakai deflector?

  1. apakah faktor berani-menikung tajam jadi faktor juga, thor? Karena di lap-lap akhir kok saya liat Rossi lebih memilih menikung taja, sedangkan Dovi melebar. Hmmmm..

    Suka

  2. Ini yang saya gak suka dari dovi
    Maksain di depan pake power mesin, lalu pake defensive line terus2an karena lambat di tikungan, yang berakibat pace jadi lambat

    Kayak permainan chelsea dulu yang defensive dan membosankan

    Suka

    • Dovi mw sampe kapan pun tetep medioker setara dengan Carl. Dia hebat tp di papan tengah. Lorenzo, Rossi, Daped dan Marques itu papan atas.

      Suka

    • setuju, saya juga nggak suka Dovi didepan karena itu juga. Kalau di depan sering salah titik ngerem, atau sering terlalu cepat. Baru kalau menguntit bisa meniru yang didepannya.

      Suka

  3. bilang “gak jago” padahal “jagoannya” juara, ini adalah “satire tingkat tinggi” yang ditujukan kepada yg “merasa” menulis tulisan, hwehehehe….

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.