Skenario dimana sport damper bisa sangat membantu meningkatkan kenyamanan dan kestabilan kendaraan


Sebelumnya penulis pernah membahas soal sport damper atau ganjal per. Penulis anggap alat itu punya efek negatif membuat kendaraan makin tidak nyaman dan justru membuat skok makin cepat aus.
Ganjal per itu bukan damper dan bisa merusak kerja suspensi membuat mobil tidak stabil di jalan tidak mulus

Beberapa pembaca melakukan sanggahan. Awalnya penulis menyangka bahwa itu kasus per kasus dan tidak terjadi secara universal. Baru akhir akhir ini penulis baru menyadari mengapa itu bisa terjadi.

Ternyata ada skenario yang penulis lupa perhitungkan. Artikel berasumsi bahwa sport damper dipakai pada kendaraan yang suspensinya masih bagus. Penulis lupa memperhitungkan reaksi ketika sport damper dipasang pada kendaraan yang suspensinya sudah rusak. Komentar dari bro Pendawa Lantai 2 membuat penulis jadi sadar bahwa pakai sport damper akan sangat berguna untuk kendaraan yang shockbreakernya sudah soak.

Soak ini tidak berarti bocor. Karena soak bisa terjadi walau skok tidak bocor. Ini penulis amati di motor Honda Beat dan motor Suzuki Nex II milik penulis. Dua duanya skoknya soak dalam waktu relatif singkat. Bila suspensi soak suspensi jadi nggak enak banget.

Cirinya shock breaker soak adalah suspensi jadi berguncang hebat ketika kendaraan lewat jalan tidak mulus, bahkan bisa sampai bikin bodi getar atau lampu belakang kocak. Di jalan bergelombang kendaraan mengayun nggak berhenti berhenti. Di tikungan kendaraan jadi tidak stabil dan goyang goyang.

 

Lalu mengapa pakai sport damper bisa lebih nyaman dan stabil?

Penulis baru sadar akan hal ini setelah skok YSS DTG di Honda Beat penulis soak. Pertama penulis pikir bahwa ini terjadi karena ban terlalu keras. Tapi tekanan ban dikurangi kok masih tetap saja nggak enak. Lalu penulis mengurangi preload, per jadi lebih empuk, tapi ternyata justru makin parah. Motor justru terasa lebih stabil dan goncangan jadi lebih berkurang ketika per dibuat lebih keras dengan menambah preload.

Jadi kalau shock breaker sudah soak, maka solusi daruratnya adalah dengan menambah preload. Dan sport damper atau ganjal per ini sifatnya sama dengan menambah preload. Per akan jadi lebih keras namun kendaraan akan lebih nyaman dan stabil. Kalau skok sudah soak, lebih stabil dan nyaman ketika per dibuat keras. Dalam kondisi ini sport damper atau ganjal per sangat membantu.

Tapi jangan dianggap ini adalah solusi terbaik atau the ultimate solution. Cara yang benar itu adalah dengan mengganti shock breaker. Beda jauh rasanya bro antara suspensi dibuat keras dan menggunakan shock breaker yang berfungsi dengan baik. Ini penulis rasakan setelah penulis mencoba mengakali YSS DTG penulis dengan pasang selotip di sekitar poros suspensi. Selotip jadi bendungan dari oli yang penulis tuangkan.

Setelah itu motor penulis pergunakan jalan untuk beberapa saat untuk memaksa oli untuk masuk ke suspensi. Setelah itu kenyamanan ala sedan balik lagi bro. Mungkin nggak seperti baru tapi sudah jelas jauh lebih enak daripada ketika shock breaker loss / soak yang preloadnya dibuat paling keras.

Perbandingan harga, skok baru sekitar 120 – 160 ribu, sport damper 40 – 60 ribu untuk motor. Sementara itu sport damper untuk mobil harganya ada yang 600 ribu sebuah, skok asli ada yang 600 ribu sepasang. Pasang sport damper di motor masih ekonomis tapi kalau untuk mobil rasanya sudah kemahalan.

Kalau ada dana, sebaiknya beli shock breaker baru saja. Tentu kalau yang orisinil nggak awet, jangan beli yang orisinil lagi. Rekomendasi sementara masih YSS DTG. Kalau kurang murah suspensi aftermarket buatan federal sepertinya juga lumayan. Kalau ingin yang rasanya sama dengan aslinya, kalau lewat jalan berantakan suspensi mentok, bisa pakai Kayaba.

2 respons untuk ‘Skenario dimana sport damper bisa sangat membantu meningkatkan kenyamanan dan kestabilan kendaraan

  1. Shock belakang soak ya repair lagi sebagai pilihan kedua
    Sy barusan repair sok xride yg berumur 5 thn dan enak lagi, ongkos repair 70rb
    Sebelumnya pernah juga sok RZR, scorpio tapi emang ga pernah sampe repair kedua kali, keburu dijual

    Suka

    • mungkin termasuk gambling juga kalau repair. harus tahu repair yang bagus. Saya habis 90 ribu (tukar dalaman) tapi hasil mengecewakan, dipakai jalan tidak rata mentok dan jedug jedug.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.