3 permainan harga yang dilakukan Ducati biar bisa ikutan balap superbike pakai motor mahal


Sebelumnya penulis membahas bahwa sebenarnya Ducati termasuk tidak fair / curang karena pakai motor yang harganya sangat mahal, dibuat ngeplek sama dengan limit harga aturan WSBK yaitu 40 ribu euro. Jadi kalau sampai nggak menang itu harusnya malu. Ibaratnya adalah masa ya CBR250RR kalah sama CBR150R?

Ternyata nggak cuma itu saja permainan harganya. Ada yang lain juga. Dan nggak kalah “mengagumkan” dengan langkah kotor yang dilakukan Ducati di MotoGP.

Contoh kesaktian Ducati untuk mengubah peraturan bisa dilihat di balap motor superbike Perancis:
FSBK: “Price cap” a 40.000 €, via libera alla Panigale V4 R

Unicità della serie, fino al 2018 potevano competere solo le Superbike il cui modello di serie non superi il prezzo di listino di 26.000 euro. Una normativa che, di fatto, per anni ha tagliato fuori le versioni “R” delle varie Ducati Panigale (2 e 4 cilindri), ma che cambierà in vista della stagione 2019.

Sarà, sta di fatto che la CNV per il 2019 ha compiuto un passo indietro. In base ad una circolare divulgata lo scorso 23 gennaio, il “price cap” è stato elevato da 26.000 agli attuali 40.000 euro.

Disebutkan bahwa sampai tahun 2018, motor yang boleh ikutan superbike Perancis itu adalah yang harganya kurang dari 26 ribu euro. Aturan ini membuat varian versi R dari motor Ducati nggak bisa ikutan. Namun penyelenggara balap superbike Perancis disebut ambil langkah mundur dengan menaikkan limit harga menjadi 40 ribu euro.

Unik banget kan harga naik bisa pas 40 ribu euro? Jelas ini untuk membuat Ducati bisa ikutan tapi yang lebih mahalan nggak bisa ikutan.

 

Selain itu permainan harga bisa dilihat dari harga jual motor juga:
Prueba Ducati Panigale V4 R: Simplemente, la mejor

En Italia se vende por 39.900 €, porque una de las condiciones para homologar un modelo para WSBK radica en que su precio no puede superar los 40.000 € de serie (por tanto, Euro 4) en su país de origen.

Disebutkan bahwa di Itali, motor Ducati V4 dijual dengan harga 39,9 ribu euro biar bisa sesuai aturan WSBK yang mengharuskan harga motor kurang dari 40 ribu euro di negara asal. Di Spanyol dan Perancis harga motor 40 ribu euro.

Di India malah lebih ekstrem lagi, sekitar 66,5 ribu euro. Top dah.

 

Trik lain adalah cara jual motornya.
Ducati Panigale V4 R: bestiale!

Soyons francs : 40.000 € pour une moto, c’est une sacrée somme ! Avec l’indispensable ligne Akrapovic, on arrive même quasiment à 45.000 €. Et à 234 ch au lieu des 221 « de base »

Motor standar dijual tanpa knalpot Akrapovic dengan harga 40 ribu euro. Kalau pakai Akrapovic harga bakal mendekati 45 ribu euro.

Motor Ducati V4 R Alvaro Bautista pakai knalpot apa? Jelas Akrapovic bro:

Memang pabrikan lain juga menjual motor tanpa knalpot racing. Tapi kan ditambah harga knalpot, harga motornya masih jauh di bawah aturan WSBK?

 

Jadi kalau Ducati nanti jadi juara dunia di WSBK, jangan lupa bahwa Ducati adalah motor yang jauh lebih mahal dari yang lain. Jelas nggak setara. Kalau sampai kalah ya malu dong karena harga lebih dari 50% dari yang lain.

Anggap saja Alvaro Bautista itu naik CBR250RR dan Jonathan Rea naik CBR150R. Bisa jadi balapan menarik juga melihat motor yang jauh lebih murah berusaha mengalahkan motor yang jauh lebih mahal. Kalau kalah itu biasa, kalau menang jelas luar biasa 🙂

Iklan

8 respons untuk ‘3 permainan harga yang dilakukan Ducati biar bisa ikutan balap superbike pakai motor mahal

  1. Klo menurut pendapat saya pak, perbandingan CBR150R dgn CBR250RR kurang pas. Mungkin yg pas itu spt yamaha wr250r dgn klx 250. Secara harga, performa, material jg beda tp sama2 250cc 1 silinder. Klo ducati polahnya begini bener2 “mafioso” kan?

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.