Latihan moge luar negeri tidak hanya mengajarkan mengerem saat pelan dan menikung di tikungan besar saja


Di Indonesia ini entah ada atau tidak sekolah berkendara yang khusus moge. Tapi kesannya kalau dari kursus safety riding yang ada, latihannya nggak beda jauh dengan yang lain, yaitu slalom presisi, akrobat lewat titian kecil dan lomba ngerem di kecepatan sangat teramat rendah (untuk ukuran moge).
Pemilik Moge Juga Harus Paham Safety Riding

Kalau untuk moge, latihan sepertinya hanya dilakukan pada sudut tikungan yang guedheee banget:
Ada yang Beda dengan Pelatihan Safety Riding Buat Moge

“Agar lebih mengenal karakter motor, pelatihan di area slalom kami tekankan pada bagaimana melakukan gerakan putar balik (u-turn) dan gerakan figur 8 agar mengenal bagaimana menikung menggunakan motor premium,” terang Dim

Kursus untuk balap juga sama, yang dilatih adalah menikung di tikungan kecepatan tinggi saja. Tikungan tajam yang butuh lambat sepertinya tidak diikutkan:

 

Ini kok rasanya beda dengan di luar negeri. Di luar negeri latihan berkendara untuk moge pun nggak ragu pakai tikungan yang kalau di sini dianggap hanya layak untuk motor matik:
世界王者によるサーキット初心者向けライディングスクールが初開催!

Rasanya tikungan tersebut lebih tajam daripada tikungan di sirkuit GBT. Di gambar tersebut ada Suzuki GSX-R1000 juga.

Menikung juga diajarkan nggak cuma cepat saja, tapi juga saat lambat:
Motorcycle training at Mallory Park

Within the first day you’ll be able to understand how to use all 6 gears, achieved speeds of 50-70mph, perform an emergency stop between 30-70mph, steer correctly at low and high speed, understand how to balance the bike at slower speeds, use of mirrors (OSMPSL), procedure for hazard awareness and meeting traffic, upward and downward hill starts along with turning left or right at junctions

Contoh video:

 

Penulis nggak melihat ada latihan lewat titian kecil banget di pelatihan motor di barat. Latihan pengereman pun dibuat lebih masuk akal dan sesuai kenyataan. Sehingga diajarkan mengerem di tikungan di kecepatan antara 100 km/jam hngga 160 km/jam:
Motorcycle training at Mallory Park

Yang mereka ajarkan benar benar sesuai dengan keadaan di jalan raya:

 

Bisa jadi pengajaran untuk moge di Indonesia terbawa lomba ketangkasan di Jepang yang melatih presisi dan bukan kemampuan secara umum mengendalikan moge di kecepatan rendah.

Tapi bagi penyelenggara cara ini tentu lebih aman karena kejadian kecelakaan akan sangat minim. Walau ilmu nggak begitu terpakai di jalan, yang penting peserta sudah mengantongi bukti sudah latihan safety riding.

Iklan

2 respons untuk ‘Latihan moge luar negeri tidak hanya mengajarkan mengerem saat pelan dan menikung di tikungan besar saja

  1. yah disini bocil aja bisa bawa sport 150-250cc, top speed gak main2 di jalan kecil aja bisa 100kph. padahal ngerem aja belum becus, ngerasa paling jago bawa motor. giliran nabrak orang nangis2 minta ampun…

    Suka

    • Wah, itu bicara yang beberapa minggu lalu saya alami. motor sport 150 cc modif tampilan total, padahal lebih pelan tapi nabrak motor saya dari belakang waktu depan ada beberapa anak kecil menyeberang sembarangan.

      Tingkat edukasi pengereman di Indonesia itu memang di bawah standar.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.