Honda X-ADV, kelihatannya sih matik, tapi kok harga dikatrol setara motor sport mahal?


Kita sudah lama dengar adanya motor “matik” adventure, Honda X-ADV. Akhirnya motor ini dihadirkan juga secara resmi ke Indonesia. Namun harganya itu yang bikin kaget:
AHM resmi Merilis Honda X-ADV di IIMS 2019 . . . Range-Harga Rp 435 juta-450 juta !

Harga sebegitu nambah sedikit sudah bisa dapat Kawasaki ZX-10R:

Padahal Honda X-ADV itu mesinnya cuma dua silinder, 745 cc. Tenaga maksimal cuma 40 kw (51 hp).

Honda CB650R Neo Sport Cafe saja harganya “cuma” 275 juta rupiah:

Padahal itu motor 4 silinder tenaga 66,5 kw.

Namun memang harus diakui bahwa motor X-ADV punya teknolgi transmisi canggih DCT, sudah kayak mobil. Ada kendali traksi yang bisa milih untuk slidingan atau anti sliding. Ada mode G yang bisa meningkatkan traksi di jalan offroad. Teknologi ini mirip dengan yang ada di Honda Africa Twin.

Tapi perlu dipertimbangkan juga, mengapa nggak sekalian beli Honda Africa Twin saja? Harga 520 juta rupiah:

Misal Honda X-ADV jadi dijual dengan harga 430 juta, selisih harga adalah 20%. Padahal kalau di luar negeri selisih harga bisa 30%.

Kalau diskala berdasarkan harga ini, harga jual Honda X-ADV mestinya adalah 398 juta rupiah. Tapi disebut dijual lebih dari 430 juta rupiah. Selisih bisa dipakai beli NMAX ABS.

Entah apa alasannya model matik Honda X-ADV harganya dikatrol. Mungkin karena dianggap orang Indonesia maniak motor matik?

12 respons untuk ‘Honda X-ADV, kelihatannya sih matik, tapi kok harga dikatrol setara motor sport mahal?

  1. Xpander + crf250rally + xmax cuma 400jt
    Trail keren dapet, matic gede dapet, ga kehujanan kepanasan
    #mendingmending

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.