Dua paten Honda untuk komponen CB150R Streetster bisa jadi bukan untuk Indonesia


Honda tenyata sudah mengajukan paten untuk desain rangka untuk motor Honda CB150R Streetster (Exmotion):
Honda Paten-kan Sasis Honda CB150R StreetSter/ Exmotion di Indonesia

Ini gambar rangkanya:

Selain rangka, ternyata juga ada untuk lampu depannya, beda satu nomor dengan pengajuan paten rangka:

Dari rangka kelihatannya memang mirip:

Lampu juga mirip:
Bocor Penampilan Terbaru CB150R Exmotion 2019

Rasanya nggak ada lagi motor Honda yang lain yang pakai rangka dan lampu model begitu. Jadi ada kemungkinan Honda akan memproduksi komponen tersebut.

Namun bila melihat gaya pembicaraan Honda yang sebelum sebelumnya, Honda sepertinya malas mendatangkan motor yang model duduknya seperti itu.
Alasan Honda Tidak Menjual CB150R ExMotion di Indonesia

“CB150R Exmotion mungkin secara desain menarik. Tapi kalau kami (AHM) lihat dari segi riding position dan segala macamnya, beberapa kali kami melakukan riset, itu kok kayaknya belum cocok sama pengguna (motor) di Indonesia. karena motor digunakan untuk kendaraan harian dan sering menembus kemacetan, sehingga sering untuk selap-selip di antara kendaraan. Berbeda dengan kondisi di Thailand” ujar Direktur Marketing AHM Thomas Wijaya.

Salah satu sumber utama dari riset rasanya adalah data penjualan dari Yamaha Xabre dan MT-15. Di Thailand memang laris banget. Tapi di Indonesia sepi. Mungkin ini sebabnya Honda ragu ntuk menjual

Solusi untuk fans berat Honda yang ingin CB150R Streetster didatangkan ke Indonesia sebenarnya gampang. Silahkan berbondong bondong untuk membeli Yamaha MT-15. Dijamin Honda akan “tertarik” untuk menjual CB150R Streetster di Indonesia. Bakal bisa keturutan beli selama masih setia dengan Honda dan nggak malah jadi membelot ke Yamaha.

Mengapa harus fans berat Honda? Karena kalau fans berat Yamaha jelas lebih memilih beli NMAX dan Aerox.

Kalau nggak untuk dijual di Indonesia, ngapain bikin paten?

Kan ada kemungkinan Honda Thailand kewalahan untuk memenuhi permintaan pasar di sana. Orang sana kan suka banget motor model retro. Merek lokal GPX saja mengandalkan model retro. Honda Indonesia juga pernah kelihatan mengekspor Honda Click juga kan?

Tentu nggak harus satu motor komplit. Bisa jadi cuma komponen. Sebelumnya juga pernah ada foto mesin Honda CB150R Exmotion ternyata buatan Indonesia. Nambah lampu sama rangka kan no problem. Toh kalau untuk ekspor kualitas buatan AHM dijamin jauh lebih baik dari untuk pasar lokal.

7 respons untuk ‘Dua paten Honda untuk komponen CB150R Streetster bisa jadi bukan untuk Indonesia

  1. yaelah buat apa chassis gituan lagi, tetep twin spar frame CBR150R old yg terbaik kalo mau cari kestabilan handling. dan kayaknya juga jauh dari issue rangka prothol, rangka patah, atau rangka keropos teyeng

    Suka

  2. PT Astra Honda Motor (AHM) menanggapi putusan Mahkamah Agung (MA) yang menolak kasasi terkait kartel pasar sepeda motor dengan PT Yamaha Indonesia Motor manufacturing (YIMM). Namun, pabrikan berlambang sayap mengepak ini, tetap menolak tuduhan Komisi Pengawas dan Persaingan Usaha (KKPU), terkait dugaan pengaturan harga skuter matik (skutik) 110 cc sampai 125 cc di Tanah Air.

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.