Fitur motor listrik GESITS keren, tapi ada 3 kelemahan lumayan fatal nggak beda jauh dari PCX Electric


Walau sepertinya nggak ada yang posting galeri, kehadiran motor listrik GESITS secara resmi itu perlu disambut gembira. Karena akhirnya kita bisa ngomong Indonesia punya produk motor listrik yang sudah layak go itnernasional.
Made in Indonesia, Motor Listrik GESITS Harganya Berapa?

Kalau disimpulkan, motor listrik GESITS yang barusan di launching adalah versi downgrade, tapi masih lebih mendingan daripada PCX Electric secara fitur. Tapi sayangnya, kelemahan pun sama.

Lampu depan pakai LED biar hemat energi:

Motor bakal kelihatan keren kalau gelap:
Nih Dia Motor Listrik GESITS, Buatan Indonesia Yang Ngehits! Harga 24 Jutaan Aja!

Walau penulis no comment soal lampu belakang, mungkin bisa disebut love and hate, ada yang suka dan ada yang nggak suka:

Speedometer lumayan, pakai TFT:
Buka-bukaan GESITS Motor Listrik Indonesia

Sudah mendukung koneksi ke smart phone untuk tahu status motor:
IIMS2019 Harga Motor Listrik Gesits

Videonya:

Speedometer yang sekarang ini versi downgrade dari sebelumnya yang mengandalkan ponsel Android sebagai speedometernya:
GESITS Motor Listrik Buatan Indonesia l First Impression Review l GridOto.com

Video:

 

Rem belakang cakram:

Rem cakram depan pakai selang rem braided:

Suspensi belakang sepertinya model double tube pakai preload:

Namun entah mengapa kalau dinaiki mas Taufik kok kelihatan keras suspensinya, walau disebut mantap:

Mungkin harus merasakan sendiri.

Motor sudah dilengkapi riding mode, lampu darurat dan memungkinkan untuk mundur. Sudah pakai standar mocin dan nggak pakai standar Jepang lagi:

 

Tenaga mesin didowngrade jadi 6,7 hp:
Website resmi GESITS

Sebelumnya sempat 13,3 dk dengan kecepatan maksimal aman 120 km/jam :

Padahal motor penggerak listrik sepertinya sama sama pakai 5kw:

Namun masih lumayan kalau bisa 70 km/jam. Masih cukup aman dipakai di jalan besar.

Cuma sayang ada 3 kelemahan yang menurut penulis cukup fatal. Yang pertama adalah jarak jangkau. Dalam kondisi standar cuma bisa mencapai 50 km. 50 km ini juga nggak jelas dicapai saat motor di kecepatan berapa. Bisa jadi kalau dipakai di kecepatan 70 km/jam maka motor cuma bisa mencapai jarak 20 km.

Keterbatasan ini karena bawaannya motor hanya diberi satu baterai saja:
Gesits Motor Listrik IIMS 2019

Kalau ingin bisa 100 km, harus beli lagi baterai yang harganya sekitar 5 juta rupiah. Padahal harga resmi motor 24.950.000 rupiah. Total bakal jadi 30 juta rupiah. Termasuk mahal tapi mungkin akan ada saja yang beli.

 

Karena di bawah jok kepakai untuk tempat baterai dan sistem elektronik pendukung, maka bagasi jadi sangat kecil.

Untuk ibu ibu dan anak sekolah / kuliah bakal terasa terlalu kecil bagasi seperti ini. Untuk yang biasa naik motor sport bagasi ini lumayan karena bisa untuk menempatkan jas hujan 10 ribuan dan tas kresek untuk sepatu. Jangan beli yang mahal mahal karena bisa jadi nggak akan cukup.

 

Kelemahan lain adalah sama seperti Honda PCX Electric, sistem elektronik, baterai dan motor sepertinya haram kerendam air. Untuk menghindari air, GESITS sengaja menempatkan motor penggerak listrik agak tinggi:

Belt dipergunakan untuk penyaluran tenaga:

Berikut penjelasan resminya:
Keren! Motor Listrik Gesits Bisa Libas Banjir Hingga Setengah Ban, Gak Nyetrum?

“Gesits bisa libas banjir dengan ketinggian maksimal 30 cm atau sekitar setengah bannya. Itulah alasannya Gesits pakai Drive Belt, posisi motor listrik jadi bisa diletakan di atas sehingga aman buat melibas banjir”, buka Roberto dari Tim Gesits Technologies Indo (GTI).

Bisa dimaklumi motor nggak tahan basah karena memang GESITS tidak memanfaatkan komponen lebih maju yang sudah ada tapi memilih buat sendiri. Honda Jepang saja masih nggak sanggup.

Mungkin motor bisa lebih tahan banjir kalau pakai motor penggerak listrik buatan Bosch:

Motor jadi bisa tetap bekerja walau bagian penggerak terendam air:
Motor listrik Vinfast Klara buatan Vietnam, cakep dan tahan banjir

Tapi kalau pakai komponen impor seperti itu harganya bisa melonjak atau bahkan dicekal pemerintah dengan alasan melindungi produsen lokal. Selama ini komponen elektronik kena bea masuk barang mewah kalau tidak salah.

 

Komentar Honda soal motor ini adalah ragu soal pelayanan aftersale nya:
Skuter Listrik Gesits Hampir Rp 25 Juta, Begini Kata Honda

“Memang value biaya rental (PCX listrik) hampir dua juta per bulan, tapi di luar biaya rental kami berikan fasilitas infrastruktur. Customer care dan pelayanan mekaniknya khusus juga. Jadi kami lihat, motor listrik ini bukan hanya sebuah produk yang hanya produk, tapi juga infrastruktur dan pelayanannya, kalau di Honda, totally kami siapkan untuk konsumen,” kata Direktur Marketing PT Astra Honda Motor, Thomas Wijaya

Mungkin jelas tahu bahwa PCX Electric nggak unggul dari sisi fitur dan harga sehingga yang diandalkan aftersalenya.

Terlihat tenaga maksimal 5,7 PS dan berat motor 144 kg. Sementara itu GESITS punya tenaga maksimal 6,7 hp dan berat motor 94,5 kg.

Kesan penulis sih dari sisi kemampuan bengkel resmi memang ada standar bawahnya, tapi kalau soal akal akalan pasti kalah sama bengkel biasa. Servis juga sering mengikutkan yang kurang perlu, sehingga biaya servis jadi membengkak. Dan tidak ada sistem terintegrasi, sehingga catatan servis cuma bisa mengandalkan buku servis, itupun kalau nggak malas.

Kalau penjelasan dari GESITS sendiri sih motor ini nggak perlu perawatan:
Motor Listrik Gesits Tidak Perlu Servis Berkala, Ini Alasannya

“Komponen yang terdapat di motor listrik jauh lebih sederhana dibanding motor bermesin biasa. Perawatannya jadi sangat simpel. Tidak ada yang namanya ganti oli, filter udara dan sebagainya sehingga servis berkala ke bengkel tidak lagi diperlukan,” jawab Roberto, salah satu tim dari PT. Gesits Technologies Indo.

Ini membuat kita bertanya tanya, servis periodik macam apa yang dibutuhkan Honda PCX Electric?

13 respons untuk ‘Fitur motor listrik GESITS keren, tapi ada 3 kelemahan lumayan fatal nggak beda jauh dari PCX Electric

  1. Gesits pun (dan listrik lainnya) Ada perawatan periodik.. Tapi lebih ke pengecekan.. Itu yg dimaksud dengan periodik alias berkala..

    Ngecek semua sistem berjalan sempurna apa gak.. Atau ada yg error dan sejenisnya.. Jadi emang bukan kaya motor bahan bakar bbm.

    Suka

    • Kalau nggak salah sempat ada wacana pengencekan online untuk GESITS? Selama pengecekan biayanya nggak sampai puluhan ribu dan nggak perlu antri panjang maka masih masuk akal. Kalau sampai nunggu servis motor bensin juga maka bisa stress juga.

      Sistem elektronik itu terjadinya error jarang bisa ditebak. Jadi tahu tahu error tanpa ada pertanda sebelumnya. Pengecekan berkala tidak akan bisa mengecek error model begini.

      Di GESITS sudah disebutkan error akan ditampilkan di layar. Mungkin itu yang perlu diperhatikan.

      Untuk Honda PCX Electric, Honda sendiri sudah mewajibkan motor untuk dicek berkala. Bukan untuk kepentingan si pemilik tapi untuk kepentingan Honda mencatat data. Afdolnya pengecekan model begini tidak menyuruh konsumen membayar.

      Suka

      • Tentu kepentingan dua belah pihak lah om, emang mau make motor bermasalah hehe.. Konsumen nyaman dan Aman, produsen dpt feedback.

        Pengecekan berkala ga melulu harus Ada kerusakan atuh prof.. Ya kaya servis motor biasa.. Kan ga harus rusak baru diservis toh? Hehe

        Yang berbeda hanya treatment (pengecekan) nya aja.. Itu pun kalau konsumen mau Datang (melakukannya)..

        Bedanya ama AHM, dia include kan itu servis cek dalam biaya sewa. Gw kurang paham persisnya apakah konsumen yang Datang atau AHM yang samperin? Feeling gw sih yang kedua ya. Karena konsumen belum tentu Ada waktu.

        Suka

        • Iya, sih. Kalau 2 juta termasuk perawatan. Entah berapa kalau tanpa perawatan. Katanya opsional:
          Harga Sewa PCX Listrik Rp 2 Juta per Bulan

          Jadi kami akan tawarkan ke perusahaan yang sewa, mau sekaligus harga dengan biaya perawatan atau tidak, tergantung dari pilihan perusahaan itu,

          Mungkin itu memang disamperin mengingat bisa ada opsi tanpa perawatan.

          Kalau soal servis, maaf saya kok tahunya barang masih berfungsi kok ya tetap saja diganti. CVT yang justru penting nggak di cek. Kabel rem nggak dilumasi. Servis untuk saya itu setahu saya adalah membeli sparepart pengganti dan membersihkan throttle body / karbu.

          Suka

      • dengan uang 25 jt. gw mending beli vario 150 atau aerox… yg kualitas lebih gahar gak di ragukan lagi praktis, lebih efisien bahan bakar gak ribet ngecas. daripada beli mainan listrik produk lokal gak jelas mahal lagi…

        Suka

Tinggalkan Balasan ke bangkongojay Batalkan balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.