FIM ingin Dorna berhenti mengelola WSBK! Dorna bilang FIM salah omong, gara gara Ducati V4?


Rupanya masuknya Ducati V4 sebagai motor mahal di SBK tidak luput dari pengamatan FIM. Presiden FIM yang baru, Jorge Viegas sampai mengeluarkan pernyataan bahwa sekarang ini sedang ada usaha dari FIM untuk bisa membuat Dorna berhenti jadi pengelola WSBK:
SBK, Viegas: “La SBK senza Dorna, il monopolio non piace a nessuno” | GPone.com

Alasan pertama adalah monopoli. Dorna mengelola MotoGP dan sekaligus WSBK dianggap sebagai hal yang nggak bagus. Tapi rupanya yang lebih jadi perhatian adalah alasan kedua, yaitu balapan WSBK yang sekarang ini jadi mahal dan beda dari awalnya yang tujuannya adalah untuk balapan motor produksi.

Rasanya kesan jadi mahal ini tidak lepas dari usaha Ducati untuk bisa membuat Ducati V4 untuk bisa balapan di SBK. Dari manipulasi harga hingga merubah peraturan telah Ducati lakukan.

Viegas sebut bukan hal yang tepat bila penanganan MotoGP dan WSBK dilakukan semua oleh Dorna. Viegas dengan tegas mengatakan ia tidak ingin WSBK jadi MotoGP seri 2. Sementara itu, saat dikelola oleh Dorna, motor yang dipakai di WSBK jadi mengarah seperti yang di MotoGP.

Ia sebut SBK lahir di Amerika tahun 1988 oleh Steven McLaughin dengan tujuan sebagai ajang balapan motor produksi. Dan rupanya ini terditorsi saat SBK dikelola oleh Dorna. Motor makin lama makin mengarah ke MotoGP. Seharusnya WSBK bukan balapan motor prototipe tapi balapan motor normal.

Dorna sendiri bilang bahwa Viegas salah omong dan bikin salah paham saat dituliskan dalam bahasa Inggris:
MotoGP, Ezpeleta: Viegas didn’t express himself well. The Superbike will remain with Dorna. | GPone.com

Disebut Dorna masih punya hubungan baik dengan FIM dan masih tetap akan menyelenggarakan WSBK hingga 2036 sesuai kontrak. Namun disebut juga bahwa akan makin banyak motor standar yang ikut balapan. Dan biaya akan makin ditekan. Tapi yang ditekan bukan harga motor, tapi staf yang bakal dikurangi.

During these years, we’ve managed to lower the cost of the motorcycles in the SBK, but we must also act on other fronts. The bikes represent a part of the budget, but the number of people working in a team can have a much greater impact on the final budget.

Unik ya? setahu penulis yang membedakan motor eksotis dan motor normal itu ya harganya, bukan jumlah karyawan pabriknya. Jelas yang dimaksud terlalu mahal oleh Viegas itu harga motor bila melihat dari awal adanya SBK. Bukan dari biaya yang ditanggung oleh tim. Tapi tentu Dorna nggak bisa ngomong begitu karena nanti Ducati V4 yang kena.

Disebut jugas bisa menurunkan harga motor. Mungkin itu yang dimaksud adalah menurunkan harga modif motor. Karena motornya sendiri memang makin lama makin mahal. Lha wong limit harga di Perancis saja harus dinaikkan biar Ducati V4 bisa ikut.

Tinggal lihat nanti apakah di WSBK bakal dipaksa pakai Magneti Marelli juga apa tidak. Karena jelas ECUnya Kawasaki lebih canggih padahal harga motor ZX-10RR lebih murah dari Ducati V4.

Iklan

7 respons untuk ‘FIM ingin Dorna berhenti mengelola WSBK! Dorna bilang FIM salah omong, gara gara Ducati V4?

  1. kalo mau main aman, Ducati bisa bikin Panigale V4R versi “FIT” nya kayak yg dilakukan honda dulu dengan produk “Supra” nya, ada Supra Fit dan Fit X 😀

    – Velg pake casting aluminium biasa
    – Lampu2 ganti bohlam biasa
    – panel dashboard pake analog + negatif LCD
    – Sunat Power 10-20%
    – pake Stang Piston dari besi baja biasa
    – exhaust pake alumiun biasa
    – Klep jangam pake titanium cukup carbon steel
    – master kaliper rem jangan pake brembo, nissin saja
    – up side down pake kayaba
    – shock belakang juga kayaba

    dengan ubahan diatas, ane yakin V4R bisa dijual kisaran 30-35 ribu euro 😀

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.