3 motor Yamaha Sight bisa mencapai lebih dari 140 km/liter di lomba irit


Di Filipina itu lomba irit merupakan sesuatu yang sering dilakukan. Bagusnya hal itu dilakukan bersamaan dengan upaya berkendara aman. Sehingga ada aturan misalnya tidak boleh melanggar rambu lalu lintas atau melakukan tidakan berbahaya. Contoh peraturannya:
Lomba safety riding top ala Petron Filipina yang diuji bukan ketangkasan tapi kesabaran

Dalam kondisi seperti itu, termasuk luar biasa hasil yang dicapai oleh peserta lomba itu. Seperti contohnya waktu lomba irit Yamaha Sight:
The Yamaha Sight Saferun Challenge Repeats Record High in Grand Finals

Hebat juga, 3 motor bisa mencapai lebih dari 140 km/liter:

Rasanya perlu diadakan lomba seperti itu. Jangan adu slalom dan sepeda lambat saja.

4 respons untuk ‘3 motor Yamaha Sight bisa mencapai lebih dari 140 km/liter di lomba irit

  1. yamaha sight ini kan kembarannya Vega ZR dimari itu kan?
    mesinnya aja sangat overstroke (50 x 57.9) jelas lebih mentingin torsi gede di putaran bawah, mangkanya bisa irit.
    sayangnya Vega ZR perangkat koplingnya pake model sentrifugal, yg cara kerjanya ada kemiripan dengan perangkat kopling ganda motor matic, yg dikatakan kurang cocok untuk tugas berat, dan bikin tarikan gak bisa nyundul2 macam motor berkopling multiplate, alias lemot, hehehe…
    parahnya Jupiter Z1 yg powernya mencapai 10 HP diatas kertas itu juga jadi sia2 hasil perolehan power on rear wheel nya lantaran koplingnya juga sama sentrifugal macam Vega ZR, makanya pada praktek lapangan Z1 tetep kalah sama Supra X 125 kendati power masih unggul sedikit Z1.

    Suka

    • sip, terima kasih infonya. Kalau vega rasanya beda generasi beda iritnya, pernah lihat karbunya saja beda. Mungkin yang di Filipina di fokuskan irit.

      Kalau kencangnya sih rasanya terhambat rasio gigi, termasuk jupiter Z1. Kalau jalan lurus bisa kalah kencang dengan Supra Fit X New yang gigi depan ganti 16, berkali kali 🙂 .

      Suka

      • fit X kan masih tergolong square overbore om, tuh motor emang karakternya punya nafas di putaran atas, mirip Shogun 110 atau Smash 110 yg masih overbore, knapa ya pabrikan sekarang gak mau bikin mesin bebek yg overbore, cuma mentingin torsi biar irit aja padahal mesin overbore itu bisa bekerja lebih relax, mesin juga lebih minim getaran ketimbang overstroke, plus piston speednya rendah jadi aman buat rpm tinggi.

        Suka

        • Rasanya borosnya lebih karena teknologi karbu yang saat itu termasuk yang paling jadul. Versi yang saya punya itu juga termasuk generasi yang boros karena generasi yang sebelumnya ada yang irit banget.

          Iya, getaran mesin termasuk minim.

          Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.