Inovasi aerodinamika Ducati yang melanggar aturan lagi, tapi kok cover velg lagi?


Ada yang bilang bahwa Ducati memperkenalkan cover ban berikut adalah hal yang inovatif dan kreatif:
Ducati Perkenalkan ‘Rear Wheel Cover’ di MotoGP Mugello 2019

Penulis jelas tidak setuju, karena kan Ducati bisa melakukan itu karena ada dekengannya (Dorna), kalau tim pabrikan lain ya mana berani. Karena hal ini memang tidak sesuai dengan kesepakatan bersama. Nggak sesuai aturan.

Dan sekalipun berani juga bakal dijiplak oleh Ducati lagi, seperti waktu Ducati membajak ide Aprilia memanfaatkan deflector sebagai alat aerodinamika, dan secara inovatif dan kreatif mengakuinya sebagai alat pendingin ban. Baru mengakui itu alat aerodinamika baru setelah kecurangan dinyatakan tidak melanggar peraturan oleh Dorna (padahal iya).

Lepas dari sisi “kreatifitas”, fungsi alat tersebut sebenarnya perlu dipertanyakan. Ada yang memperkirakan alat tersebut untuk mengurangi hambatan angin:

Mungkin iya, namun bisa juga untuk menambah gaya tekan ke bawah juga, karena bagian atas ban sama sekali tidak tertutup. Karena kalau memang tujuannya mengurangi hambatan, mengapa nggak sekalian pakai yang model berikut:
MotoGP: Are Ducati testing regenerative braking?

SBK, Ducati ‘hub cap’, the devil is in the detail

toh di aturan MotoGP tim dibolehkan ganti velg asal disetujui Dorna. Dan kalau Ducati yang mengajukan pasti 120% disetujui Dorna, nggak perduli apapun omongan tim lainnya.

Jadi ingat berita Ducati koar koar bicara mereka jagonya aerodinamika:
Ducati MotoGP Aerodynamics Highlighted In “Anatomy Of Speed” Exhibit At The Ducati Museum Through Oct. 8

“Aerodynamics is undoubtedly an area in which Ducati Corse leads the way with respect to other manufacturers”, stated Luigi Dall’Igna, General Manager of Ducati Corse. “It’s one of our top-priority fields of development, the goal being to achieve ever-better results in the future.”

Ducati mengklaim lebih unggul dari pabrikan lain. Lebih unggulnya rasanya lebih karena Ducati sekarang bisa seenaknya melanggar peraturan. Bukan unggul di inovasi, karena deflektor swing arm sebelumnya kan jelas menjiplak Aprilia.

Mestinya kalau beneran mau tanding aerodinamika, Dorna harus menghapus peraturan yang melarang aturan modif aero.

2 respons untuk ‘Inovasi aerodinamika Ducati yang melanggar aturan lagi, tapi kok cover velg lagi?

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.