CBS matik Honda sama bahayanya dengan Honda CBR150R pakai ban cacing tanpa rem depan?


Tiap musim mudik selalu ada saja berita motor bablas di turunan. Ada yang menyalahkan CBSnya Honda:
Kecelakaan di Turunan, Fitur Rem CBS Motor Matic Jadi Sorotan Warganet

Ada yang menyalahkan modif ban cacing:
User CBR150R Dihujat Pasca Kecelakaan Lantaran Modif Ban Cacing dan Rem Depan Dicopot

Sebenarnya salah motornya apa salah yang pakai?

Penulis harus mengakui bahwa penulis nggak pernah pakai CBS di turunan. Karena begitu tahu CBS bikin istri jatuh, langsung CBS di disable. Jadi sekarang motor Honda Beat penulis nggak pakai CBS. Tapi lucu juga karena ternyata sekarang rem depan Honda Beat penulis kalah pakem dengan rem belakang, entah mengapa, mungkin sudah ciri. Dibawa ke bengkel dibilang rem masih pakem, padahal jelas nggak pakem, repot deh.

Perlu diingat bahwa motor penulis itu spesial, saat CBS masih fungsi, saat tuas rem belakang ditekan, rem depan dulu yang menggigit. Semua Vario yang penulis coba tidak begitu. Waktu penulis diundang untuk diskusi fitur CBS di motor Honda juga penulis cek sendiri rem motor Honda Scoopy yang dibuat uji coba beda.

Entah berapa banyak matik Honda dengan CBS spesial. Penulis sendiri pernah menjumpai Honda Beat dengan CBS spesial waktu mau beli motor Honda Vario 125 (batal dan akhirnya beli Nex II). Jadi CBS spesial masih ada. Kalau CBSnya spesial, maka sebaiknya diperiksakan. Barangkali beneran terbalik pasang modul modulatornya.

Namun walau CBS itu rawan, harusnya kejadian rem blong tetap bisa dicegah . Karena problemnya sama saja, rem overheat karena kebanyakan dipakai sehingga minyak rem mendidih dan gelembung udara membuat rem gagal bekerja. Rasanya bakal sama kejadiannya kalau si pengendara pakai motor tanpa CBS. Si pengendara bakal tetap memaksakan kerja rem.

Jadi untuk kejadian tersebut penulis lebih menyalahkan pengendara. Namun memang yang beginian kadang tidak diperhatikan. Sudah diperingatkan juga tidak perduli sampai mengalami sendiri.

 

Untuk yang Honda CBR150R ban cacing tanpa rem depan, mungkin memang benar rem bisa blong karena yang belakang juga cakram. Tapi rasanya aneh karena itu kan motor manual. Tanpa ada rem belakang pun masih ada engine brake. Mesin mati pun engine brake masih fungsi.

Jadi rasanya nggak ada istilah rem blong kalau untuk motor Honda CBR150R. Yang mungkin itu bila rem belakang nggak mampu menghentikan motor walau ban sudah ngelock. Tapi ini cuma terjadi kalau si pengendara nekat jalan kencang di turunan. Karena kalau pelan tidak bakalan ngeblong. Seandainya ban belakang nggak nutut sekalipun biasanya motor sudah dirancang untuk bisa pakai rem kaki. Harusnya tetap bisa ngerem kalau jalan pelan.

Jadi kalau memang motor nggak yang salah pengendara juga. sudah tahu motor nggak bisa ngerem, mengapa tetap nekat turun gunung.

Dan bisa jadi yang terjadi bukan karena rem CBR150R nya blong, tapi karena ditabrak matik yang rem nya blong. Karena terlihat ada dua motor. Yang satu CBR150R ban cacing, yang satu lagi Honda Beat ban cacing:

Mungkin teman.

Entah apa setelah ini masih tetap mempertahankan ban cacing atau tidak. Mungkin malah bangga?

11 respons untuk ‘CBS matik Honda sama bahayanya dengan Honda CBR150R pakai ban cacing tanpa rem depan?

  1. menulis seperti ini akan semakin membuat blog Om Cahyo terlihat jelas dalam daftar blogger yang dianggap melawan arus pabrikan penguasa

    Suka

    • Cuma menyimpulkan berita website lain 🙂 . Intinya sih motor dengan CBS tidak lebih aman dari CBR150R dengan ban cacing dan tanpa rem depan kalau dipakai di turunan. Karena kuncinya menurut saya bukan di fitur atau modif tapi di cara pemakaian. Jadi pengendara harus tahu resikonya fitur atau modif dan menyesuaikan gaya berkendara.

      Suka

    • Rasanya jarang terjadi. Kalau rem tromol overheat kalau tidak salah reaksinya ban jadi kekunci. Lagipula rem tromol itu kan kurang pakem, jadi di jaman rem tromol pada nggak berani kencang.

      Suka

  2. Bener kata mas cahyo, knp engineer (baca:akuntan) hodna ga mikir pindahin tuas cbs ke kanan.
    biar kita bebas kalo mau pake rem blkg doang, tapi gak bs ngerem depan doang (rem blkgnya ikut ketrigger), malah jauh lebih aman.

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.