Sudah mengerem sesuai petunjuk mengapa NMAX ini masih tetap ndelosor juga?


Bro Kobayogas tanya pendapat penulis tentang kejadian motor Yamaha NMAX yang ndelosor saat di tikungan saat lagi hujan.
Pengendara Motor Terpelanting Akibat Terlalu Kencang Di Tikungan Sitinjau Lauik

Menurut penulis, si pengendara sudah melakukan apa yang selama ini disarankan. Terlihat bahwa motor terjatuh akibat ban belakang selip. Kemungkinan saat itu si pengendara sedang mengerem belakang. Oleh karena itu yang selip adalah ban belakang. Kalau mengerem depan maka itu motor pasti selipnya ban depan.

Bila berada di tengah tikungan memang dianjurkan untuk pakai rem belakang saja.

Mungkin faktor hydroplane berpengaruh. Namun menurut penulis bila motor tidak sedang mengerem maka beban di ban belakang akan lebih besar dan mencegah terjadinya selip. Bila tidak sedang mengerem maka resiko selip ban belakang jadi lebih kecil daripada saat mengerem.

Memang motornya kencang. Tapi melihat dibelakangnya ada ambulan sedang pakai sirine, barangkali si pengendara NMAX sedang berbaik hati mengawal ambulan. Dan karena ambulan itu perlu cepat, maka si NMAX jadi harus lebih cepat.

Walau dari sisi teknik sudah benar, ada yang salah juga. Pengendara kelihatan memilih menggunakan teknik ketinggalan jaman, yaitu teknik trail braking atau mengeremnya diteruskan sampai tikungan. Padahal jaman sekarang pembalap MotoGP berusaha untuk melakukan pengereman hanya di lintasan lurus. Bahkan Marc Marquez sekalipun sekarang ini juga melakukan hal itu. Ini karena ban Michelin itu jauh kalah bagus dibanding ban Bridgestone dalam soal grip ban depan.

Dalam situasi jalan sedang hujan maka grip jalan jadi berkurang. Apalagi genangan jalan bisa jadi membuat kondisi jalan lebih sulit ditebak. Yang biasanya lancar lancar saja dilakukan pada saat jalan kering akan jadi berbahaya pada saat dilakukan di jalan basah. Dalam situasi seperti ini, teknik trail braking itu sebaiknya dihindari. Lebih baik mengerem dilakukan saat masih lurus.

Tentu tahu bahwa trail braking itu adalah teknik mengerem mendekati limit. Kalau sampai salah memperkirakan limit ya bisa jatuh. Resikonya lebih besar.

Mengerem di tengah tikungan sebaiknya hanya dilakukan pada saat emergency saja, misal ada motor yang jatuh di depan. Selain itu sebaiknya pengereman dilakukan sebelum tikungan, walau sekalipun misalnya sedang mengawal mobil ambulan.

Engine brake mestinya beresiko juga pada situasi yang sama. Sebaiknya dihindari. Menurut penulis ABS tidak akan membantu dalam kasus ini. Bahkan cornering ABS pun tidak membantu.

9 respons untuk β€˜Sudah mengerem sesuai petunjuk mengapa NMAX ini masih tetap ndelosor juga?’

  1. Kalo disimak memang betul dia otang pake cara pengereman trail braking style, ditambah parah dengan posisi badan melawan arah kemiringan berbelok motor, makanya slip roda makin menjadi, saia juga pernah kena slip begitu pas belok kiri ujan2an di dekat rumah, cuma syukurnya batal jatuh gara2 ‘mendelosorkan’ ban depan supaya motor kembali seimbang..

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.