Dovi kasih jalan Marquez + Lorenzo pertama kali di depan = 4 pembalap jatuh


Kali ini sifat baik hati dari Dovizioso membuatnya harus keluar dari balapan karena saat ia mempersilahkan Marquez lewat, ia juga menghalangi jalan Lorenzo. Dan ini akhirnya membuat 4 pembalap unggulan jatuh.

Kejadian ini diawali dengan berhasilnya Jorge Lorenzo berada di barisan depan. Sesuatu yang mestinya bisa dirayakan Lorenzo:
Hear Jorge Lorenzo’s first reaction to Catalan GP crash

Namun rupanya Lorenzo ini lupa, mungkin karena kelamaan berada di barisan belakang, bahwa Dovizioso itu sayang banget sama Marquez. Begitu tahu Marquez mau menyalip, pasti diberi jalan, dan kemudian menghalangi.

Marquez dengan sangat mudah bisa menyalip Dovizioso:

Nggak bisa disamakan dengan waktu mencoba menyalip Miller di balapan sebelumnya, yang tanpa ampun motor Marquez langsung di sikat / di blok, yang membuat Marquez hampir jatuh saat mengalah:

Dan mungkin sudah kebiasaan juga, seperti biasa setelah Marquez menyalipnya, maka Dovizioso akan menutup jalan, sehingga pembalap lain akan tertahan. Dovizioso akan berjuang mempertahankan posisi ini. Kalau ada Alex Rins atau Petrucci atau Miller berani nyalip maka ia akan berjuang mati matian. Begitu grip ban depan dari Marquez mulai menghilang, baru Dovizioso akan menyusul. Di saat itu biasanya pembalap lain sudah hilang gripnya juga.

Namun rupanya Dovizioso nggak sadar (atau nggak perduli) bahwa di belakang Marquez ada Lorenzo. Sehingga sebagai akibatnya, jalur dari Lorenzo kehambat Dovizioso:

Tahu jalurnya terhambat Lorenzo, Lorenzo rupanya panik, dan akhirnya melakukan kesalahan fatal dengan menekan rem depan terlalu mendadak, dan ini membuat ban depannya selip dan jatuh:

Seperti kita tahu, bila di tikungan itu grip ban depan sebagian besar dipergunakan untuk membelok. Jadi hanya tersisa sedikit saja untuk pengereman. Melakukan pengereman depan di tengah tikungan itu jelas beresiko. Dan rupanya Lorenzo lupa bahwa ban Michelin grip ban depannya payah, lupa bahwa di Ducati ia mengandalkan rem belakang, sehingga hasilnya ia jatuh.

Jatuh tersebut menghantam motor Dovizioso:

Dan Vinales:

Rossi mencoba menghindar tapi gagal:

Karena insiden ini, Marquez pun jadi lebih leluasa memimpin di depan. Walau di lap lap terakhir grip ban depan yang Hard sudah mulai habis, dan dikejar oleh Quartararo yang pakai ban depan Soft, lap sudah nggak nututi, sudah keburu habis lapnya.

Unik juga ban hard bisa kalah awet dengan ban soft. Tapi harus diingat bahwa Marquez itu kalau belok sudutnya bisa 5-7 derajat lebih miring daripada pembalap lain kalau katanya Crutchlow.

Edit:
Ternyata Marquez sengaja melambat di 5 lap terakhir.

 

Soal insiden tersebut, Lorenzo mengakui bahwa itu salahnya. Mungkin kalau sudah kebiasaan salah (ngerem depan dulu), memang bakal susah merubah, walau itu pembalap sekelas juara MotoGP sekalipun.

Intinya sih, mohon kalau mengerem, biasakan pakai yang belakang dulu. Jangan meniru Lorenzo.

11 respons untuk ‘Dovi kasih jalan Marquez + Lorenzo pertama kali di depan = 4 pembalap jatuh

  1. Kalo ane lihat tepat sebelum kejadian, Lorenzo (nampaknya) berusaha meniru apa yg juga dilakukan Markez saat nyalip Dovi, cumaa….., mungkin saja (mungkin lho ini) Jolor belom paham betul karakter dan behaviour RCV 2019 ini, sehingga dia belom menguasai sepenuhnya (bagaimana memperlakukan) itu motor, makanya ndelosoorr kan? Sedangkan selama ini kalo kita lihat MM93 juga sering melakukan hal serupa kayak Jolor sebelom crash tapi dia ngga jatoh, artinya dia sudah menguasai behaviour motornya luar dalam.

    Suka

    • Bro Wawan, udangnya udah terlihat jelas kok, ga perlu sembunyi dibalik batu. Mungkin ini hasil “briefing khusus” HRC buat JL waktu di jepang 😁😁😁

      Suka

          • Hampir semua rider di kelas tertinggi motogp harus pakai strategi hemat ban diawal race

            Hemat ban pun lbh optimal klo ridernya masih d pack/grub terdepan

            Jaman 10 tahunan lalu rider yg bisa langsung cepat sejak awal itu CS27 dan JL99 Saat di yamaha

            JL kesulitan strategy lari kucing d awal sejak era michelin/magneti marelli 2016 . Di tahun kedua ducati JL99 punya potensi melakukan start langsung ngacir tp sayang gk lanjut

            MM93 pun punya potensi utk race langsung ngacir sejak awal start utk musim 2019

            Klo ketemu rider dengan kemampuan langsung cepat sejak awal race bakalan sulit dibendung

            *sekaligus ngebosenin

            Suka

            • ok. Memang strategi jadi beda sejak ban ganti Michelin. Miller, quartararo dan Petrucci sepertinya kencang sejak awal. Sementara itu Rins walau kencang dari awal, ban kata Miller tetap awet sampai akhir.

              Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.