Honda CBR650R dan CB650R spek sama kok bisa CB650R lebih boros ya?


Majalah young machine melakukan review terhadap performa motor Honda CB650R dan CBR650R:
【動画あり・玄人好みの新CB】CBR650R vs CB650R 試乗比較インプレッション #02[CB編]

Dari spesifikasi, terlihat performa ngeplek sama persis:

Tapi katanya dari sisi torsi tenaga rpm rendah berbeda. Yang CB150R disebut enak di putaran bawah.

Tapi mengapa dari soal irit justru CB650R, yang naked yang lebih boros ya?

13 respons untuk ‘Honda CBR650R dan CB650R spek sama kok bisa CB650R lebih boros ya?

  1. karna ga pake fairing om, turbulensi gede Nilai COG juga gede. macam mobil sedan yg cc gede tapi bodi rendah bensinnya bisa irit

    Suka

      • nganu bro Pengamat, mau tanya apakah Pakem Tuning Yamaha yg mendesain overlap noken as lebar itu juga berlaku untuk motor2 maticnya, baik itu matic entry level maupun maxi scooternya?
        Kan katanya kalo overlap camshaft lebar dan backpressure (knalpot standar) gas buang besar memang membuat gas buang jadi ramah lingkungan namun bikin mesin jadi lebih cepat panas???

        Suka

      • Doflamingo pakem tuning yamaha (durasi camshaft) hampir sama semua maticnya. Bedanya (matic radiator biasanya silinder pressurenya lebih tinggi) ukuran tb, ukuran Haeder, volume silincer.
        Overlap camshaft lebar dan backpressure besar jika setingannya pas bisa membuat pembakaran sempurna ramah lingkungan. Jika berlebihan malah ngak bagus (olie ikut terbakar, ngeden putaran atas dan saat mesin overheat susah langsam biasanya diseting agak boros bbm untuk membantu pendinginan kalo ngak mesin mati)

        Suka

        • kalo begitu, apakah pakem tuning motor2 bikinan honda baik sport, bebek, dan maticnya berkebalikan dengan yamaha, yaitu overlap camshaft lebih sempit, tapi kan juga besar backpressure nya (knalpot standar), namun yg dirasain adalah biasanya honda untuk putaran menengah keatasnya terasa lebih bertenaga dibanding Yamaha dan mesin lebih tidak cepet panas??
          di komen njenengan kan menyebutkan, “overlap besar dengan backpressure besar dan settingan tepat bikin gas buang ramah lingkungan” apakah berarti yg overlap sempit lebih kurang ramah lingkungan? tapi kan katanya Honda mengklaim punya Teknologi Injektor yg mampu menghasilkan partikel kabut BBM yg mereka klaim terkecil di dunia (tertulis di buku manual honda beat emak) yg bikin pembakaran sempurna, jadi walau pake overlap sempit tetep ramah lingkungan gas buangnya, apa begitu???

          Suka

        • 1. pakem tuning honda lebih advance/ agak berbeda dibandingkan pakem tuning yamaha.
          2. ya pakem tuning honda, durasi langkah kompresi lebih lebar memang lebih bertenaga, durasi overlap kecil spesialis putaran tinggi.
          3. apakah overlap sempit lebih kurang ramah lingkungan? tidak juga jika AFRnya tepat dan tekanan backpresure tepat bisa ramah lingkungan juga (pembakaran sempurna).
          syarat menggunakan profil camshaft tsb bisa ramah lingkungan biasanya dituning ulang, efek sampingnya performanya meningkat ini yang tidak dilakukan pabrikan.
          mereka lebih menyukai mengunakan durasi camshaft “retard” dimana durasi overlap diperlebar, durasi langkah kompresi lebih kecil ( atau menggunakan variable valve).

          Suka

  2. Sucahyoaji mapping berbeda namun silinder pressure sama (tb sama, ukuran header sama, volume sekat silincer sama) peak power dan torsi biasanya sama.
    Yang beda grafik power dan torsi sebelum puncak. Sama kaya grafik dyno riding mode cbr250rr.

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.