Review oli mesin Kixx 10W30, vs Mesran Super + MG, lumayan juga


Sudah sebulan ini penulis coba pakai oli mesin Kixx 10W30 khusus matik:

Berikut tampak belakang:

Oli ini buatan dari GS Caltex di Korea:

Kalau di toko online harganya 45 ribu untuk 0,8 liter:

Berat barang 1 kg. Bisa jadi ongkos kirim akan lebih besar dari harganya.

 

Penulis mau tidak mau harus membandingkan dengan oli mesin Pertamina Mesran Super 20W50 yang sudah dicampuri dengan minyak goreng, karena oli ini yang sebelumnya dipakai. Ini tentu jadi tantangan berat bagi oli mesin yang diuji. Namun rupanya oli mesin Kixx ini cukup lumayan.

Berikut review pertamanya:

Oli mesin Kixx 10W30 matic ini terasa seperti oli yang pakai ester. Saat idle suara mesin halus. Saat dipakai kencang atau setelah dipakai kencang suara mesin juga tetap halus. Entah apakah 15% oli lama banyak berpengaruh pada hal ini. Dalam hal ini oli lebih baik dari Enduro Racing ataupun Shell Advance AX-5. Jelas jauh lebih baik dari AHM MPX-2 ataupun Suzuki Genuine Oil atau Evalube Pro.

Tapi anehnya oli mesin terasa tidak ringan walau kekentalan disebut 10W30. Penulis rasakan tarikan mesin sama saja seperti pada waktu masih pakai oli mesran super.

Kekentalan oli juga lumayan konsisten. Di hari kedua masih tidak terasa perubahan kekentalan. Dalam hal ini oli jelas lebih baik dari oli XTen atapun Evaluve Runner.

Suara knalpot yang tetap tegas mengindikasikan oli ini spashnya sedikit atau aditif molynya (MoS2) sedikit. Dalam hal ini lebih bagus dari Enduro matic atau AHM MPX-2 atau Suzuki Genuine Oil.

Bagaimana setelah satu bulan?

Setelah satu bulan yang berubah itu adalah perilaku pada saat idle atau langsam. Suara mesin jadi kasar. Kalah halus dengan Mesran Super + MG umur dua bulan. Kasarnya suara mesin ini terjadi setelah seminggu pertama pakai Kixx 10W30 matic. Namun kasar ini menurut penulis cukup wajar karena memang sebelumnya suara mesin sudah dikasarkan oleh oli motor Suzuki Genuine Oil yang jelas nggak layak pakai.

Anehnya, setelah dipakai, suara mesin justru halus. Saat dipakai pun suara kasar tidak muncul. Termasuk saat dipakai gas pol dan setelah dipakai gas pol. Apa mungkin aditifnya bukan ester tapi pakai MoDTP atau lainnya? Sehingga suara mesin baru jadi halus setelah mesin panas?

Berikut video yang menunnjukkan suara mesin sebelum dipakai dan sesudah dipakai:

 

Kesimpulannya, oli Kixx 10W30 Matic jelas lebih baik dari AHM MPX2 ataupun AHM SPX2 ataupun Suzuki Genuine oil matic. Oli juga cukup bagus untuk pemakaian normal dan periode penggantian oli yang normal. Harga oli termasuk terjangkau.

Kelemahannya adalah kekentalan terasa tidak ada bedanya dengan oli 20W50 dan di saat langsam suara mesin cukup kasar.

Iklan

6 respons untuk ‘Review oli mesin Kixx 10W30, vs Mesran Super + MG, lumayan juga

  1. Kalau matic yg kompresinya tinggi gimana kang ? Contoh kaya vario 125 yg kompresinya 11:1 terus kalo buat matic yamaha gimana kang ? kan ngga setiap mesin cocok sama oli yg baru di cicip

    Suka

    • Rasanya nggak ada beda efeknya. Karena rasanya oli yang bikin motor matik Honda kasar akan buat mesin motor lain kasar juga. Begitu juga sebaliknya. Contoh gampang bisa dilihat di testimoni pemakaian minyak goreng.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.