Wajar bila Marquez dan Rossi membela kesalahan Lorenzo di Catalunya


Di Catalunya Lorenzo melakukan kesalahan sehingga melibas 3 pembalap lainnya, yang semuanya pas lagi butuh poin.
MotoGP Barcelona: Marquez defends Lorenzo over multi-rider crash

Maverick Vinales wajar marah marah karena selain sudah sifatnya begitu, di balapan itu juga kebetulan pas lagi bisa bersaing di depan. Tahu sendiri di tahun ini itu sudah jarang. Dovizioso sendiri sih memang termasuk orang mudah pasrah. Terima saja walau tetap komentar cukup pedas.

Marc Marquez dalam kasus ini membela. Disebut Lorenzo tidak sedang gila (seperti yang dituduhkan oleh Vinales, Miler dan Dovizioso):

Of course all the people will say ‘Lorenzo was out of [control]’, but he was not out of control,

Marquez membela ini rasanya bukan karena merasa terbantu atau karena masih dalam satu tim. Tapi bila kita menyimak pernyataannya, ada alasan lain:

I was lucky because I overtook Dovi. Dovi went out of the [racing] line, Vinales was out more, and Jorge went in on the correct line, but unfortunately lost the front.

Disebut Lorenzo itu sedang berada di jalur yang benar. Dovi justru di jalur yang salah. Vinales juga lebih parah. Pernyataan ini juga disetujui oleh Crutchlow.

Marquez harus bilang begitu karena saat itu Lorenzo kan ada di belakangnya Marquez. Tentu Marquez nggak bisa bilang ia sedang di jalur yang salah waktu menyalip Dovi.

 

Selain itu Marquez juga bilang tikungan itu berbahaya. Ada faktor slip stream dan ada pembalap lain. Ia anggap seperti kasus antara ia dan Zarco di Australia 4 tahun lalu. Iannone dan Lorenzo juga pernah mengalami hal yang sama di tikungan yang sama di tahun 2016.

Rossi setuju dengan hal ini:
Catalunya: Rossi fought to have ‘car park’ corner removed

“I don’t know what happened, because Barcelona say we want to go back to the normal layout for motorcycles in the last two corners [without the chicane] and they made a lot of work for the run-off area. But why do we still have this [Turn 10] corner?”

“I tried to fight to have the ‘Circuit of Catalunya’ corner, the long left that is very good. But for some reason we use this corner and it’s like a supermarket car park! So for me it’s not a race track corner. And in a corner like this, it’s easier for that kind of incident [on Sunday] to happen,”

Intinya tikungan tersebut dianggap nggak cocok untuk ada di sirkuit MotoGP karena insiden kecelakaan mudah terjadi. Dianggap bukan tikungan untuk balap motor, dianggap sama seperti parkiran mobil supermarket.

Perlu diingat bahwa di tikungan ini juga Bradley Smith menabrak Aleix Espargaro:

Sampai kakinya luka:

Kejadian tabrakan dua kali dan tempatnya sama itu termasuk tidak wajar.

Iklan

4 respons untuk ‘Wajar bila Marquez dan Rossi membela kesalahan Lorenzo di Catalunya

  1. kalo tikungannya dibalikin semula, Yamaha akan maakin menggila lagi di Catalunya, nampaknya ini terindikasi ada campur tangan hando supaya dibikin tikungan parkiran supermarket itu, untuk mengkebiri keunggulan yamaha, kalo dibalikin semula, M1 akan kembali berjaya seperti dulu2 lagi munhkin

    Suka

    • Masak sih… Satu tikungan ga jamin bisa menang satu seri
      Lagian udah ke musim ketiga ini yamaha KO di tipe sirkuit apa juga

      Suka

      • disini yg dibicarakan terkhusus sirkuit Catalunya bro, bukan sirkuit lain, lihatlah kebelakang pasca sektor terakhir catalunya diubah2 yamaha kedodoran mulu, sebelum diubah2 sama sekali yamaha mampu berbicara banyak meskipun dia lemot di trek lurus.terlepas dari masalah mesin dan elektronik lho, ini catalunya sebetulnya adalah tempat bagus buat yamaha.

        Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.