Honda Genio stroke lebih panjang tapi kok tidak lebih irit? Getaran apa nggak nambah?


Salah satu hal yang menjadi perhatian dari Honda Genio yang baru diluncurkan adalah stroke yang lebih panjang:
Honda Genio

Sebagai perbandingan, berikut punya Honda Beat terbaru:

Terlihat bahwa bore x stroke dari Honda Genio vs Honda Beat eSP adalah 47,0 x 63,1 mm vs 50,0 x 55,1 mm.

Dari soal irit, Honda Genio disebut bisa 59 km/liter:
Honda Luncurkan Skutik Genio, Lebih Murah dari Scoopy

AHM menjelaskan Klaim Genio mampu menempuh jarak 0-200 meter hanya dalam12,4 detik. Sementara kecepatan maksimalnya dikatakan 94 km per jam.

Berdasarkan pengujian internal melalui metode ECE R40, konsumsi bahan bakar Genio menunjukkan angka 59,1 km/ liter (fitur ISS on). Itu berarti motor ini sanggup menempuh jarak hingga 248 km dalam sekali pengisian penuh bahan bakar.

Konsumsi ini sama dengan Honda Beat eSP terbaru:

Dari sisi tenaga memang bertambah, 9 PS @ 7500 vs 8,68 PS @ 7500. Tapi harus diingat kompresi mesin adalah 10:1 vs 9,5 :1.

Unik karena tenaga puncak muncul di rpm yang sama. Ciri dari stroke lebih panjang yang membuat tenaga lebih fokus di rpm rendah hanya terlihat di torsi, 9,3 Nm @ 5500 vs 9,01 Nm @ 6500.

Penulis tidak paham mengapa tenaga puncak dibuat terjadi di rpm yang sama. Tapi penulis cukup paham mengapa torsi puncak dibuat lebih rendah. Torsi yang muncul lebih awal ini kan memberikan sensasi akselerasi yang lebih mantap kalau di jalan macet macetan. Memang sih Honda Beat eSP penulis tarikan awalnya nggak enak waktu pro capacitor lepas dulu. Tapi di rpm tinggi enak dan mesin halus.

Motor tidak lebih irit karena mungkin Honda membuat motor fokus ke tenaga. Tapi dengan stroke lebih panjang begini apa getaran mesin nggak makin kencang? Karena yang Beat eSP saja getarannya sudah bikin tangan kesemutan.

Lebih Menyenangkan Mesin Overbore daripada Overstroke

Memang irit bensin, namun ada sesuatu yang kurang dalam feel berkendara. Bawa motor dengan mesin overstroke agak sedikit kasar, meskipun diredam dengan engine balancer tetap saja kasar. Nafas mesin cepat sekali teriak. Sebentar-sebentar sudah harus ganti gigi karena nafas mesinnya pendek. Berkendara untuk jarak jauh sangat membosankan. Tidak bisa gantung rpm karena rentang rpm overstroke pendek, tidak lebar. Suara mesin lebih kencang daripada motornya. Feeling kencang sulit didapat.

Memang dengan segudang kelebihan pada mesin konfigurasi overstroke tapi jika bikernya tidak menikmati ya tetap saja kurang. Berbeda dengan mesin konfigurasi overbore. Meskipun sedikit boros tapi feelingnya lebih menyenangkan. Getaran mesin sangatlah minim, tidak cepat membuat tangan pegal. Bisa bermain di rpm rendah, menengah dan juga atas. Nafas mesin sangat panjang sehingga tidak perlu tergesa-gesa pindah gigi. Berkendara jarak jauh sangat menyenangkan. Bisa gantung rpm sesukanya, mau rendah bisa, tengah oke, atas bebas. Feeling kencang sudah dapat dirasakan saat kecepatan rendah.

Atau getaran mesin yang lebih heboh ini yang membuat Honda harus merancang rangka mesin yang baru?
Canggih! Sasis Honda Genio Pakai Teknologi Mobil Bernama eSAF, Apa Itu?

Sayangnya untuk soal getaran mesin ini rasanya bakal susah diketahui. Getaran di Honda Beat eSP yang bikin tangan kesemutan saja penulis tahunya setelah mengendarai sendiri. Review review sama sekali nggak ada yang mencantumkan. Begitu pula getaran dari Suzuki Nex II. Entah harus prihatin atau kasihan. Prihatin nggak ada yang memperhatikan, kasihan karena barangkali tiap hari mereka naik motor yang lebih parah getarannya.

Kalau dipikir pikir memang getaran mesin memang juarang buanget jadi pertimbangan di review motor di Indonesia.

Referensi stroke up:

Meningkatkan tenaga motor dengan Teknik Bore Up dan Stroke up.
Bagaimana Cara Hemat Meningkatkan Performa Honda Megapro / Tiger : Bore up & Stroke up (part 2)
Kenapa Ya..Mesin Over Stroke Dengan CC yang Sama, Lebih Efisien Daripada Over Bore ?

16 respons untuk ‘Honda Genio stroke lebih panjang tapi kok tidak lebih irit? Getaran apa nggak nambah?

  1. Kompresi tinggi 10:1 tidak relevan dengan panas mesin.
    Yang bikin mesin panas itu mapping pengapian dan komposisi backpressur gas buang. Kalo mapping pengapian cuma 10-15° sebelum TMA aman untuk matic non radiator.

    Ada yang perhatiin header knalpot genio nga? Lebih panjang shg backpressure meningkat Itu yg membuatnya lebih bertenaga & lebih hemat bbm.

    Suka

  2. Rata2 desain knalpot racing variasi ukurannya kebesaran dan relatif pendek alhasil tenaganya ngempos.
    Mengurangi backpressure bisa mengurangi panas mesin, efek sampingnya mengurangi tenaga yang dihasilkan.
    Cara lain yg ideal adalah modifikasi camshaftnya dgn mengurangi durasi Overlap, meningkatkan langkah kompresi dan langkah tenaga.

    Suka

  3. disini kalo ane amati bro pengamat bisa diskusi, tapi kalo liat komentar di warung lain seringnya dia malah dibully para komentator yg lainnya

    Suka

    • Mungkin warung lain banyak konflik kepentingan, sales sampai asisten bloger juga ngebully, ya mungkin mereka lagi cari makan saya cuma komentator/sharing ilmu ngak perlu saya balas berdebat selama saya benar, jika ada kekeliruan silahkan dikoreksi.

      Suka

  4. makanya chassis dibikin model “ala-ala deltaboxeng” vixion gitu supaya mampu untuk mengurangi getaran yg ditimbulkan oleh mesin ‘super overstroke’ nya itu, karena kan dibilang lebih rigid? getaran jadi bisa diredam oleh chassis?
    ane kira semua ada korelasinya lah antara mesin ‘super overstroke’ itu dengan penerapan chassis model baru tersebut.
    tapi pasti kruk asnya pake model satu lingkaran penuh, kalo pake model bulan sabit vibrasi pasti jadi makin menggila walau tendangan torsinya bakalan lebih kerasa, macam mesin 5TN/5TP/2P2.

    Suka

    • Bisa jadi getaran berkurang dari engine mountingnya yang beda. Getaran rasanya berkurang kalau nggak rigid. Iya, getaran berkurang bisa jadi karena keseimbangan yang lebih bagus.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.