Suhu bagasi diklaim aman antara 30-40°, berikut cara mengetahui suhu hp dengan mudah


Oleh Honda mengecharge smart phone di bawah jok itu diklaim aman karena suhu tidak bakal tinggi, 40° maksimal.
Apakah aman nge-charge HP dibagasi bawah jok ?? berikut jawabannya

” Aman, semua sudah melalui pengetesan dan sangat amat tidak masalah. Karena di dalam bagasi pada saat motor dikendarai suhu mencapai kisaran 30 hingga 40 derajat maksimal. Suhu tersebut untuk HP sendiri pun sangat aman. Itu yang pertama, yang kedua Kemudian kami sarankan sebaiknya untuk ngecas handphone posisi HP mati. Kemudian pastikan juga charger yang dipakai charger orisinil atau dari kualitasnya sudah Tidak diragukan. Baik kabelnya ataupun soketnya harus yang bagus. Dikawatirkan kalau komponen abal-abal output listrik yang keluar tidak stabil naik turun…” seru pak Endro…

Sayangnya penulis bukan orang yang tepat untuk menguji hal ini. Berangkat kerja pagi membelakangi matahari, pulang kerja menjelang petang membelakangi matahari juga. Tidak pernah ada situasi harus memarkir motor di parkiran yang panasnya amit amit.

Walau begitu penulis pernah mengalami suhu di bawah jok motor Honda Beat dan Suzuki Nex II terasa lumayan panas. Yang Suzuki Spin tidak terlalu panas karena jok tidak di atas mesin.

Menurut penulis keduanya sampai bisa panas itu karena ruang di bawah mesin cukup kedap karena ada anti lumpur:

Padahal posisi bagasi pas di atas mesin.

Penulis akan coba mengukur suhu bagasi namun nggak yakin bisa dapat hasil yang sama dengan yang mengalami suhu panas siang siang bolong.

Untuk yang mau coba mengukur sendiri sebenarnya mudah. Bisa pakai smart phone. Tinggal pasang program battery widget buatan DroidParadise:

Ukuran setelah terinstall kecil, cuma 229 kb:

Tampilan layar seperti berikut ini:

Suhu yang ditunjukkan mestinya adalah suhu baterai.

Untuk menambahkan ke layar biasanya layar ditekan lama, nanti akan muncul opsi menambahkan widget ke layar:

Jadi caranya mudah, bisa cek sendiri apakah memang benar suhu hp di bawah jok maksimalnya 40 derajat. Penulis kebetulan punya thermometer digital yang bisa dipinjam, jadi penulis juga akan coba ukur.

13 respons untuk ‘Suhu bagasi diklaim aman antara 30-40°, berikut cara mengetahui suhu hp dengan mudah

  1. Saya punya vario 125 old yang modif colokan lighter di bawah jok, buat antisipasi panas, saya kasih alfo peredam panas di sisi bawah bagasi+cover body bagian dalam, macam yang biasanya ada di mobil. Alhamdulillah aman² saja so far, HP dicas saat jalan pun juga panasnya gak seberapa

    Suka

  2. ngecas hape kok didalam jok itu sebetulnya bunuh diri pelan pelan macam bom waktu namun kita tak tahu kapan waktunya bom itu akan meledak. ane pernah coba ngecas hape dimasukin jok tapi cuma pake powerbank, dan hasilnya itu hape + powerbank nya puanaaasss banget, mungkin diatas 40° C, langsung ane ambil takut jika sewaktu2 bakal explode kan bisa bunuh diri lha deket tangki bensin. pertimbangannya adalah, hape di charge saja itu suhunya sudah meningkat panasnya, ditambah suhu ruang bagasi seiring perjalanan akan terus meningkat, pasti bakal makin tinggi suhu hp yg dicharge, apalagi kebiasaan orang kita kalo ngecharge kan jarang yg mematikan hapenya, yaudah makin panas.

    Suka

    • Setuju, situasi yg terburuk yg harus dipertimbangkan AHM.. Part tidak ori, HP nyala, tertinggal di parkiran, suhu udara panas amit2 itu semua juga harus di test, sekali ada yg ceroboh orang melakukan itu dan explode…wassalam semua Genio, not safe

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.