Motor yang diuji blogger itu apa special edition ya, sehingga motor getar disebut nggak getar?


Penulis terus terang heran dengan hasil review berikut:
Test ride Honda Genio, tarikan njengat kayak bukan mesin 110cc

Soal vibrasi bisa dipastikan Honda Genio tetap mempertahankan kelebihan khas skutik Honda yang halus dan tidak membikin tangan kesemutan. Ternyata dengan frame baru yang artinya secara mounting engine juga berbeda tidak membuat ciri khas mesin skutik Honda hilang. So far… dengan ngetes selama dua kali berputar menghadapi cone dan jalur sempit…IWB masih belum menemukan kelemahan mesin 110 cc Honda Genio. Ngacirrrrrrr……

Motor matik Honda diklaim sebagai motor yang nggak bikin tangan kesemutan????

Sebelumnya juga sama di review Suzuki Nex II:
Terkejut dengan minimnya vibrasi Suzuki NEX II saat idle, istimewahhhh !

Tes kedua IWB coba standarin motor kemudian menghidupkan mesin. Dan sekali lagi IWB pastikan Suzuki NEX II kembali lolos. Peredaman getaran engine sangat baik ketika mesin idle. Padahal mayoritas skutik lain gagal ketika masuk fase tes ini. Piye saat jalan? ora usah tanya pakde kalau itu. Idle halus pasti pas jalan makin gleser. Dan memang level NEX II termasuk memiliki kategori sangat baik soal vibrasi. Halus cakkk…

So…dari kacamata pribadi, kehalusan mesin matic Suzuki saat jalan mirip banget dengan mayoritas matic Honda.

Pengalaman ini jelas bertentangan dengan apa yang penulis alami. Dibanding Suzuki Spin jauh banget. Padahal kalau disimak, Suzuki Spin termasuk bergetar. Cuma getaran nggak sampai bikin tangan capai kesemutan, walau dipakai perjalanan 100 km sekalipun.

Suzuki Nex II getarannya cukup parah. Sampai tujuan berjarak 22 km jadi kesemutan. Yang Honda Beat lebih parah lagi. Di tengah perjalanan sudah kesemutan. Penulis selalu ambil napas lega setiap ISS bikin mesin mati sendiri, idlenya Honda Beat bikin tangan tersiksa.

Saking nggak tahannya, penulis sampai bela belain beli jalu setang:

Diberi jalu setang aftermarket, akhirnya Suzuki Nex II pun jadi lebih nyaman

Ganti jalu stang lebih berat di Honda Beat ternyata memang benar ada efeknya

Tentunya mudah bagi pabrikan untuk membuat versi special edition anti getar. Tinggal dikirim di bengkel balap untuk di engine balancing dan CVT balancing.

Atau penulis yang terlalu over sensitif?

Barangkali motor matik Honda atau Suzuki Nex II punya pembaca ada yang getarannya halus banget sehingga sampai tujuan bisa langsung kegiatan nggak pakai istirahat dulu setelah dipakai jalan cukup kencang lebih dari 20 km?

Update:
pernah baca kalau getaran mesin bertambah bila torsi dinaikkan. Solusinya dengan membuat tenaga jadi lemah. Tapi pakai pertalite tetap terasa getarannya. Oli sekarang juga termasuk dianggap nggak wajar kekentalannya (kalau menuruti logika ahli oli lokal), Fastron Techno 15W50.

Lepas pro capacitor dan pakai AHM MPX-2? Ada kemungkinan getaran berkurang. Tapi tenaga anjlok pol dan mesin bakalan parah banget suaranya.

Update:
Contoh motor yang ergonominya nggak enak:
VLOG : Poin Review Harian Suzuki NEX II . . ungkap Plus dan Minusnya !

Namun ergonomi Skutik seperti ini .. seperti juga ergonomi skutik pada umumnya akan membuat punggung agak pegel jika sobat pakai nonstop di atas 40 km . . serasa bonyok gitu punggungnya hehhe .. terakhir tmcblog coba ketika test konsumsi bahan bakar 1 liter bensin sampai mogok . . Kapoookkk . . tobaaat sambel deh . . asli pegelnya masih terasa 😀

54 respons untuk ‘Motor yang diuji blogger itu apa special edition ya, sehingga motor getar disebut nggak getar?

  1. Getaran bisa dilihat di saat lampu merah, spion dan body belakang getar gak…. Banyak matik yang getar dari cc kecil sampai bigmatik.

    Suka

  2. Mesin non radiator, bebek, ayago dan sport naked mapping pengapiannya mundur
    Mapping pengapian mundur biasanya volume silincernya kecil
    silincer kecil rata2 sangat terasa getaranya.

    Suka

    • mapping mundur ato maju memang berpengaruh ke getaran mesin, walo mapping pas pun tetep getar coz tergantung mesin nya jg. mau overstroke or overbore sama, klo pengen halus hrs imbang antara berat piston, crankshaft, balancer weight & part yg lain, bener engga yah komen ane 😅cmiiw.

      Suka

    • Itu tidak bisa menjelaskan mengapa dalam kondisi mesin standar, getaran bisa beda jauh antara ketiga motor saya. Motor Honda sebelumnya, Supra Fit X New juga tidak separah itu. Kalau Supra Fit sebelumnya lagi getaran sumbernya dari as ban belakang, bukan dari mesin. Saya pernah naik Astrea Star / prima juga halus banget.

      Suka

      • Klo ane sudah ga tertarik masuk ke blog IWB.
        Ga perlu baca artikel2nya.
        Cara dia bikin judul, bikin kategori artikel udah jelas tidak objektif, membela berlebihan satu pabrikan aja. Pernah dia membahas 100+ artikel Honda PCX sbg motor sempurna tanpa cacat tanpa cela tanpa masalah. Giliran PCX digugat, cat belang2, aki mati, shockbreaker bengkok kyk alis khatulistiwa… Diem seakan2 ga dengar sedikitpun.
        Blogger maunya yg independen, fair, dan positif.
        Sdh ga prnh buka webnya, cm nambah visitor aja, ga ada dia jg gapapa.

        Suka

    • sebenarnya masih terkait mapping pengapian dan volume silincer namun generasi mesin juga berpengaruh, tuntutan mesin jaman sekarang mengharuskan adanya peningkatan power/ akselerasi yg lebih kencang makanya getarannya lebih terasa.

      *mapping maju pake volume silincer kecil geter parah

      Suka

  3. hadeehhh Om…Om…, ya namanya Blogger Ternak Blogger Bayaran ya memang segala bentuk kekurangan dan kekilafan sebisa mungkin dihindari untuk diungkapkan dalam kata2 pada artikelnya, Blogger ingin UANG, Pabrikan ingin di review SEMUA HAL YG POSITIF dan HAL NEGATIF JANGAN DIUNGKAP. ini sudah agreement yang ditanda tangani dengan kontrak senilai berapa juta sekian dengan pihak pabrikan pengundang agar supaya setelah test ride motor baru mereka nanti, hal2 yang positif dan berbau marketinglah yang harus ditulis pada artikelnya, untuk membangun “interest” dari para pembaca a.k.a konsumen(perhaps) akan motor baru yg baru saja dilaunching, sedangkan jika ditemui hal negatif namun harus ditulis supaya tidak dianggap “TERLALU MEMUJI” maka tinggal dipelintir saja bahasanya seperti misalnya “diputaran tinggi muncul getaran dari sektor mesin namun VIBRASI YANG DIHASILKAN CUKUP HALUS” sehinga tak perlu terlalu dikuatirkan, toh naik motor mau ngebut dimana sih?” atau contoh yang lain, “meskipun BUSA JOK KURANG EMPUK namun tertolong oleh “BANTINGAN SUSPENSINYA YANG DEWASA DAN TIDAK LONCAT2″ ketika lewat poldur”, dah seperti itulah kiranya, hahaha….. jaman sekarang cari duit memang susah Om, maka segala daya upaya atau potensi yg ada harus diberdayakan supaya tetap bisa survive, ngoahahaha….. 😀

    *justmytwocent
    *abaikansaja

    Suka

    • Iya.

      Melintir asal nggak sampai salah rasanya masih bisa diterima. Tidak mengungkap kelemahan itu sama dengan menutupi cacat barang dagangan, tapi masih tidak menipu.

      Suka

    • gw pernah debat ama ngepbeha, disalah satu blogger kawakan (skrg). si ngepbeha ternyata kenal dengan blogger tersebut, sedangkan gw dibanned. ngepbeha itu msh bisa komeng di blog tersebut. Padahal gak ada kata2 kasar dan makian di komentar gw. Cuma mempertanyakan kenapa on wheel bisa lebih besar on crank.

      Luar Biasa yah… Blogger bayaran membela yang bayar… udh kaya2 me reka sekarang, padahal waktu susah sering sering gw klik itu iklan nya.

      Suka

      • Itulah gimana mereka cari rejeki…. lihat diler dan lisingnya tiap hari buka lowongan kerja…. Kapan jadi karyawan tetapnya? Kapan punya pesangon???

        Suka

      • dan patut di catat, di salah satu blogger kawakan yg identik dengan event olah raga balap roda dua terkenal di dunia, terdapat semacam guard dog yg bertugas menyaring dan meneliti komentar para visitor beserta email2nya, guard dog nya juga terkada sebagai second creator, dan ternyata dia kerja di tempat/perusahaan dari pabrikan penguasa roda dua tanah air.

        *baruterindikasi
        *bukaotakintelanda
        *abaikanajaboleh

        Suka

  4. saya dah insyaf mas… sdah gak pernah buka lg Blog IWB… lha isinya cm iklan pabrikan AHM koq… sdh beda bgt dg dulu waktu bahasanya dan esensinya begitu merakjat… dulu ada tips2 sederhana buat biker yg jelas sgt bermanfaat.. tp sekarang jelas cm jd corong pabrikan…
    Kalo blog esensinya cm iklan, lha gak usah dibuka, lha wong di pinggir jalan aja dah banyak iklan, gak perlu pakai kuota internet pula…
    sekali lagi ini pedapat utk saya sendiri.. yang lain jangan ngikuti…

    Suka

  5. iwb dari dulu kalo review kan gitu, diambil kelebihannya, kekurangannya gk pernah diungkapin, review motor apapun sama iwb diambil kelebihannya aja

    Suka

  6. Sy sudah ga percaya review blogger semenjak cebe150sf, lha dipujapuji kalo tarikan lebih mantap drpd yg cbu Thai… eh blom 2 tahun mesin malah diganti total sama pabrikannya sendiri, lho puja puji nya manaa
    Jadi kangen mang Eno..

    Suka

  7. Sebenernya baca2 blog itu sy cari sisi subyektif dari seorang blogger (esensi blog memang begitu kan) walo dalam koridor tetap netral
    Katakan baik kalo baik, jelek kalo jelek VERSI DIA, bahkan model pun walo selera juga ingin tau pendapat si blogger, ya mirip vlog2 mobil lah kalo review, ingin tau pendapat dia secara subyektif
    Soalnya kalo sy cuma cari data secara umum, atau cuma selevel ‘berita’ kan mending sy baca detik*com yg juga update

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.