Oli Kixx 20W-50 ternyata terlalu kental untuk motor matik


Penulis kembali coba oli Kixx, kali ini yang 20W-50.

Dari mencoba oli Kixx 20W-50 ini penulis jadi lebih paham terhadap sifat dari oli Kixx. Kelemahan yang sebelumnya penulis deteksi di oli Kixx 10W-30 juga terbukti tetap ada pada oli Kixx 20W-50. Yaitu suara mesin pada saat baru dinyalakan kasar. Suara kasar tetap terjadi walau olinya jelas lebih kental.

Kelemahan lain yaitu oli terasa kental pada saat dipakai juga menjadi makin parah setelah pakai yang 20W-50. Wajar karena sebelumnya yang 10W-30 saja sudah setara dengan Mesran Super 20W-50. Yang bikin terasa lebih kental ini mungkin aditifnya.

Keunggulan tetap sama. Kalau mesin sudah cukup panas (nggak perlu terlalu panas) mesin akan lebih halus. Cuma karena kental ini motor rasanya jadi kurang enak dipakai. Tenaga sampai terasa berkurang.

Kalau untuk motor matik rasanya lebih cocok pakai Kixx yang 10W-30 matic, kalau memang ingin pakai oli Kixx.

Video reviewnya:

Tapi perlu jadi catatan juga bahwa walau Kixx 20W-50 kalah dari Mesran Super + MG, menurut penulis Kixx masih lebih lumayan daripada oli sekelas buatan Repsol, Castrol, Shell, AHM, SGO, dst.

9 respons untuk ‘Oli Kixx 20W-50 ternyata terlalu kental untuk motor matik

  1. kalo bicara viskositas tanpa melihat jenis atau kualitas bahan baku pelumas….

    menurut pendapat saya; mesin modern/crankshaftnya rata2x lebih ringan, crankshaft ringan ngak butuh bacpressure tinggi sudah ngacir, karena ngak butuh backpresure tinggi suhu mesin ngak terlalu panas. oleh sebab itu idealnya cukup pake olie encer, sebaliknya mesin jadul/crankshaft berat….dst, idealnya pake olie kental.

    Suka

    • Yang jadi pertanyaan sekarang, apa motor sekarang beneran pakai teknologi modern?

      Kalau di kelas matik sih tidak. Mulai dari Beat hingga NMAX atau PCX semuanya mesinnya suaranya kasar. Pakai oli encer justru jelas jelas menghambat performanya Honda Beat.

      Beda dengan mesin mobil yang beneran sudah modern. Dikasih oli encer suara mesin tetap saja halus banget.

      Suka

        • Enggak juga, ada juga kok oli mobil yang kualitasnya setara punya motor. Kebetulan buatan pabrik yang sama, idemitsu. Tapi suara mesin nggak sampai sekasar punya motor walau itu mesin tiga silinder yang terkenal suara mesin paling kasar.

          Suka

          • Bagaimana kalo mobil dikasih AHM oil misalnya

            Untuk kekasaran mesin, mesin 1 silinder itu yang paling kasar dan getaran paling terasa

            Suka

            • Oli populer 10W30 mitsubishi itu mestinya tidak jauh beda dengan AHM MPX-2, harga paling murah (tapi masih lebih mahal dari oli motor), aditif mestinya paling minim.. Dan itupun rasanya nggak ada yang mengeluh suara mesin kasar. Nggak pernah ada yang mengeluh mesin jadi klotak klotak walau pakai premium + oli encer.

              Sementara itu pakai di motor, bahkan motor Suzuki Spin saya pun suara jadi amburadul setelah pakai SGO yang mestinya selevel dengan AHM MPX-2.

              Getaran bergantung juga pada tuning pabrikan. Beda motor bisa beda getaran walau sama sama 1 silinder.

              Suka

            • Berarti tetap harus dicoba mobil pake mpx,

              Jika dibandingkan pabrikan yang sama, pertamina misalnya kualitas oli fastron dan enduro beda jauh, walau harga mirip,

              Atau bandingin misal enduro racing dan fastron gold, atau fastron hijau aja deh,, yang varian tertinggi nya aja masih beda jauh kualitasnya

              Suka

            • Perlu dicoba. Terutama karena harga oli motor jauh lebih murah. Berlawanan dengan luar negeri.

              Tapi kalau pertamina, walau terkesan sama, enduro racing menurut saya kualitasnya ada jauh di bawah fastron walau yang techno sekalipun.

              Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.