Hp bisa untuk kamera, tapi nggak semuanya pantas, ini beberapa tip bila ingin murah


Penulis sempat kepikiran untuk buat artikel memilih hp yang enak dibuat merekam gambar. Ternyata kebetulan ada yang bahas buat ngeblog atau ngevlog bisa pakai hp:
Ikutan Wokshop Photography dan Videograpy.. Jangan Minder Sama Smartphone Di Tanganmu Sob!

Anjurannya bagus tapi ada poin yang penulis sangat tidak setuju. Yaitu soal semua hp layak untuk dipakai untuk ngeblog.

Pendapat ini rasanya tidak memperhitungkan hp yang dipasarkan di Indonesia.

Hp yang harganya di bawah 1,5 juta rata – rata kameranya sangat tidak memadai. Walau dibungkusnya tertulis 12 MP (mega pixel) tapi hasilnya ngeblur. Kebanyakan juga kameranya pakai algoritma pengurangan bintik yang berlebihan. Jadinya sama sekali nggak detil dan terasa nggak natural. HP dengan kamera model begini mau berapa MP pun tetap nggak layak untuk dijadikan kamera.

Dari 6 alasan di atas untuk menggunakan hp sebagai kamera, yang berikut ini nggak berlaku:

  • true color: kenyataannya warna sering ngaco dan nggak jelas gambarnya.
  • powerfull editing tool: kenyataannya editing di hp itu sederhana. Kalau jauh dengan yang ada di komputer. Contohnya adalah fitur level atau curve yang sangat sangat penting untuk bisa membuat gambar jelas. Bahkan fitur gamma pun jarang.

Harus diingat bahwa kalau gambar aslinya jelek, mau diolah bagaimanapun juga ya tetap jelek. Diolah pakai program yang harganya belasan juta maca photoshop pun tetap saja jelek. Jadi jelas memilih hp dengan kamera yang bagus itu penting.

Apa berarti harus beli kamera mahal?

Menurut penulis mau tidak mau harus menyiapkan dana 2 juta kalau ingin beli hp baru yang kameranya bagus. Yang lebih mahal dari itu belum tentu kameranya lebih bagus. Berikut beberapa poin penting bila tujuan beli hp adalah untuk merekam gambar:

1.Perhatikan arperture dari kamera. Kameranya hp yang bagus itu punya kemampuan untuk merekam gambar gelap yang baik. Tanpa mode HDR pun gambar yang dihasilkan sudah sangat memuaskan. Apalagi kalau pakai mode HDR.

Menurut penulis sebaiknya pilih kamera yang arperturenya kurang dari f/2.0 (f/1.9, f/1.8, dst). Lihat arperture kamera bisa di gsmarena.com.:

Bagaimana kalau spesifikasi arperture kamera pada hp yang diinginkan nggak ada di gsmarena.com? Ya jangan dibeli.

Contoh pakai hp murah:

Arperture 2.2:

Arperture 1.9:

2.Resolusi mungkin penting. Tapi rasanya resolusi kamera sekarang terlalu berlebihan. Mau pakai resolusi berapa sih kalau posting? Kalau mau pakai 1280 x 768, 4 Megapixel sudah cukup. Lebih dari itu buang buang space dan kasihan bandwidth pembacanya. Masa ya mau posting gambar ukuran 12 MP padahal cuma mau ditampilkan ukuran misalnya 800 x 600?

3.Perhatikan juga tipe layarnya. Kalau sering dipakai di bawah sinar matahari, pilih yang tipenya LED / AMOLED / LTPS IPS. Selain itu minim yang IPS. Selain itu bakal susah lihat kalau siang.

Perhatikan juga bahwa walau hpnya sudah mahal, dengan kamera yang sudah mendukung softlight, hasil bisa tidak maksimal bila salah pakai. Jadi hp 10 juta bisa kalah dengan yang 2 juta kalau nggak tahu cara memaksimalkan.

Berikut beberapa tips.

  • Siapkan tripod atau sesuatu yang bisa mengurangi getaran kecil di kamera. Ini karena beberapa mode membutuhkan minim getaran. Bila sudah pakai tripod atau semacamnya, jangan gunakan mode anti goyang, atau image stabilizer atau semacamnya. Karena justru bikin blur.
  • Jangan menggunakan mode HDR atau night mode pada obyek yang bergerak. Jangan gunakan juga kalau kamera nggak bisa stabil.
  • Kalau obyeknya diam dan punya tripod, pakai night mode sesering mungkin. Biar gambar kualitasnya jadi lebih tinggi.
  • Sebaiknya rekam gambar dalam mode yang tanpa filter. Tapi pastikan ISO nya pas atau kecerahan gambar pas. Kecerahan harus dicek pakai komputer., jangan lewat layar hp.
  • Beli hp spek tinggi yang model tahun lalu tapi dalam keadaan baru. Harga biasanya turun drastis walau speknya tinggi. Kalau yang baru masih mahal, beli bekas akan lebih murah. Namun tentu beli bekas resikonya lebih besar.

Soal software, mending di komputer saja. Pakai software Gimp sudah cukupan.

Semua adalah tips amatiran. Yang pro silahkan menambahkan. Kalau punya link silahkan posting.

4 respons untuk ‘Hp bisa untuk kamera, tapi nggak semuanya pantas, ini beberapa tip bila ingin murah

  1. bukaan aperture makin besar (angka makin kecil artinya makin besar) jika tidak didukung dg software yg mumpuni juga akan berakibat hasil foto agak lebay atau agak terlalu terang/keputihan. karna aperture erat hubungannya dengan kemampuan kamera dalam menangkap cahaya di tempat yang miskin cahaya. makin besar bukaan aperture tentu makin sensitif terhadap cahaya, cocok buat kondisi low light, tapi biasanya di tempat yg cukup cahaya jadi sebaliknya kondisinya, itu yg ane tau CMIIW

    Suka

    • Iya software internal kamera itu penting. Jadi memang beda hp bisa beda kualitas. Pakai aplikasi android yang sama hasil bisa beda di hp yang berbeda.

      Yang bikin hp murah hasilnya jelek juga karena software internalnya yang jelek.

      Suka

  2. Pernah pas ambil selfie bersama pake HP ga terkenal ane yang cuma 13 mp, dibilangnya hasilnya gelap
    Trus suruh ganti pake hp dia yang 24 mp dan memang terlihat terang,,

    Begitu dikirim hasil kamera hp ane ke hp nya dia cuma bisa nyengir,, karena emang layarnya ane gelapin

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.