Apa benar alat diagnosa motor itu bisa 100% akurat? Fungsi online memang perlu, tapi nggak perlu alat khusus


Katanya servis di bengkel resmi KTM sekarang bakal dilayani dengan alat canggih (apa sebelumnya primitif ya?)
Tool Kit Canggih dari Austria Ini Buat Motor KTM Anti-lemot

Yang disebut canggih adalah alatnya bisa mendeteksi masalah dengan akurat:
KTM Kenalkan Teknologi Diagnostic Canggih XC-2 Tools di Motor Big Bike-nya

“KTM CX-2 Tools juga memudahkan mekanik melakukan perbaikan motor karena problem dapat dideteksi secara akurat dan bukan dengan metode trial and error,” ungkap Kris.

Menurut penulis itu berlebihan. Karena kadang program yang asal tebak justru bikin masalah jadi lebih sulit diketahui penyebabnya.

Contoh kasusnya adalah error #12 di Aerox. Penjelasan resminya adalah:

#12 – crankshaft position sensor error;

Tapi yang jadi penyebab banyak banget:
Muncul kode error 12 di Yamaha Aerox, coba periksa bagian ini brosis

Banyak sekali faktornya gan timbul error 12. Ada yg krn baut CVT kekencengan, efek pake monoshock, kabel digigit tikus, shocket hangus, korsleting gegara aksesori kelistrikan, abis cuci steam, dan yg baru ini krn busi yg gak sesuai.

Apa memang sistem bisa bedakan antara kabel digigit tikus dan konektor yang kurang baik? Kalau dibilang akurat, apa memang sebelumnya alat diagnosanya nggak akurat?

Lagian, apa memang dengan pakai alat diagnosa baru, error code yang dikeluarkan oleh motor jadi mendadak lebih akurat?

Menurut penulis, akurasi tetap nggak ada bedanya dengan yang lama karena yang mengeluarkan error code itu adalah dari motornya. Mau detil atau tidak, ya tergantung motornya model lama atau baru.

Kalau dibilang lebih akurat, itu rasanya cuma dari database kemungkinan masalah yang bisa terjadi karena suatu error code. Databasenya lebih update. Kalau untuk hal ini tentunya nggak harus pakai alat yang bisa koneksi khusus ke cloudsnya KTM. Kalau KTMnya ikhlas, menyediakan yang versi web based yang bisa dibuka pakai browser mestinya juga bisa.

 

Juga soal riwayat pengerjaan motor:
Wuih, KTM Indonesia Siap Servis Moge Terbaru, Alatnya Mirip Tablet

“Apalagi XC-2 terhubung dengan jaringan cloud server di KTM Austria, jadi informasi riwayat dan masalah motor dapat diketahui lebih tepat dan cepat,” tambah pria yang akrab disapa Anto ini.

Tentu riwayat pengerjaan bukan diisi secara otomatis oleh alat diagnosanya, tapi oleh yang mengerjakan. Sensor motor mana tahu kalau habis di carbon cleaner, habis ganti busi, ganti rantai, ganti filter udara, dll?

Bila harus diisi oleh orang, tentunya nggak harus pakai alat khusus. Bikin misalnya aplikasi Android atau pakai web based tentunya juga bisa dan lebih fleksibel.

Rasanya keberadaan riwayat ini lebih untuk biar bagian servis nggak sembarangan. Jadi nggak seperti di AHASS atau bengkel resmi lain yang tidak terkendali, banyak biaya untuk yang nggak perlu dan yang perlu justru nggak dilakukan.

 

Namun ada satu hal yang tidak bisa dibantah. Keberadaan alat begituan bikin kharisma motornya meningkat. Pemilik moge KTM jadi bisa bilang: “motor gue diservis pakai alat paling canggih”.

KTM Kenalkan Teknologi Diagnostic Canggih XC-2 Tools di Motor Big Bike-nya

PT Penta Laju Jaya Motor (PJLM), distributor motor KTM di Indonesia, memperkenalkan teknologi Diagnostic XC-2 Tools yang oleh KTM disebut sebagai teknologi diagnostic tercanggih untuk sepeda motor saat ini.

Entah apakah untuk motor memang beneran paling canggih, karena kalau untuk mobil, alat diagnosa yang bisa online itu sudah lama ada. Cukup modal hp android dan alat kecil nempel ke OBD2. Canggih banget alat diagnosa mobil.

Jadi ingat, padahal standar emisi Euro mengharuskan adanya alat interface OBD pada motor, mengapa sampai sekarang untuk diagnosa masalah di motor alatnya kok masih beda beda ya?

Iklan

6 respons untuk ‘Apa benar alat diagnosa motor itu bisa 100% akurat? Fungsi online memang perlu, tapi nggak perlu alat khusus

  1. emank ECU KTM sekelas sm ECU mobil, diagnosis na jg bisa pake obd2, cm hrs pake converter dulu, dr soket 6 pin diagnosis ktm ke port obd2. rencana’y jg ane pengen bikin converter’y, klo udh jadi bs konek k komputer ato smartphone lewat alat obd2. ( ane ngebahas yg 400 cc k bwh, klo moge nya kurang tau) klo motor yg lain msh pake soket khusus buat diagnosis nya. cmiiw

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.