Crash Ducati V4 di Pikes Peak membuka aib, balapan sudah tidak disukai, di ban media


Penulis kaget juga membaca pengumuman dari media Asphalt & Rubber yang menyatakan mereka tidak akan lagi memberitakan semua peristiwa yang berkaitan dengan balapan Pikes Peak.
The Questionable Future for Motorcycles at the Pikes Peak International Hill Climb

Editor’s note: In terms of future coverage, Asphalt & Rubber will no longer be publishing stories about the Pikes Peak International Hill Climb, nor will it attend the event with staff or freelance journalists. We have also made the decision not to cover products or events tied to the hill climb.

Itu padahal media yang termasuk besar di Amerika, tapi menolak memberitakan balapan yang termasuk terkenal di Amerika. Alasan mereka adalah karena mereka tidak terima dengan perlakuan penyelenggara balapan Pikes Peak terhadap pembalap dan awak media:

This decision is made not because of the loss of our friend and contributor Carlin Dunne – though the circumstances that surround his death do weigh on our minds – but instead because of the pattern of actions and treatment made to to racers and media by the Pikes Peak staff and teams, which we find deeply troubling. -JB

Penulis kurang begitu mengerti tapi kemarahan tersebut terjadi bersumber dari perlakuan penyelenggara terhadap kecelakaan yang dialami Carlin Dunne, terutama dari adanya sensor berita dan aksi setelah kejadian.

Peristiwa lengkap (lengkap dengan waktunya) berdasarkan penuturan awak media yang berada di tempat kejadian dijelaskan di artikel berikut:
The hour without media: Pikes Peak Hill Climb shuts down press after Carlin Dunne’s crash

Pada saat Carlin Dunne crash yang dilakukan oleh penyelenggara selain memanggil pihak medis adalah melakukan pemblokiran berita. Semua media (yang sepertinya nggak banyak), diminta untuk mematikan kamera dan menyimpan buku catatan kalau tidak mau barang disita. Pihak media juga diawasi oleh penyelenggara.

Ambulan datang dengan cepat karena posisi kejadian berada dekat dengan puncak. Namun ambulan baru mengangkut Dunne setengah jam kemudian. Kemungkinan motor dan pengendara jatuh ke tebing.

Satu seperempat jam kemudian diketahui bahwa Dunne sudah meninggal dunia. Namun dari pihak penyelenggara tidak melakukan pengumuman dan meneruskan balapan. Pada saat balapan diteruskan 10 menit setelah itu, pihak keluarga dan rekan satu tim tidak tahu bahwa Carlin Dunne sudah meninggal. Kabar baru bocor setelah dua setengah jam. Kematian Dunne baru diumumkan sesudah 5 jam kejadian.

Untuk media barat, mungkin meneruskan balapan tanpa adanya perhatian terhadap keselamatan nyawa pembalap lain rupanya merupakan sesuatu yang sangat menyinggung perasaan. Biasanya juga kita lihat ada waktu untuk memberi penghormatan terhadap pembalap yang meninggal. Dan ini tidak dilakukan.

 

Balapan Pikes Peak untuk motor kemungkinan besar akan tidak lagi diadakan bila dianggap tidak aman. Sama Asphalt & Rubber Pikes Peak sempat disebut sebagai balapan yang paling tidak profesional:
Pikes Peak International Hill Climb Will Have Major Spectator Restrictions in 2014 and Onward, For Safety

Balapan Pikes Peak sendiri disebut sudah tidak lagi dianggap hal yang menarik.
Trackside Tuesday: A 14,000 Foot Perspective

Balapan disebut sudah tanpa jiwa dan tidak ada semangatnya. Disebut yang pertama hilang adalah fans. Sebuah kejadian yang melibatkan seorang fans yang dengan sengaja berniat adu nyali dengan mobil balap yang melintas. Fans tersebut celaka lalu kemudian menuduh balapan tersebut membahayakan penonton, dibilang ia celaka gara gara penyelenggara. Si fans mengajukan ke pengadilan dan hasilnya kemudian adalah penonton jadi sangat dibatasi.

Kemudian soal fasilitas bagi peserta atau penonton. Untuk bisa naik atau turun gunung sama sekali tidak ada bantuan dari pihak penyeleggara. Lalu lintas disebut sangat kacau.

Pengawas lomba dan unit keselamatan juag disebut sangat jarang. Bisa terjadi beberapa km kosong tanpa ada pengawas atau unit keselamatan. Padahal di Isle of Man TT atau Nurbburgring dengan lintasan jauh lebih panjang, pengawas lomba selalu bisa dilihat.

Yang disebut paling merusak adalah pengaspalan lintasan. Walau alasannya adalah untuk membuat perawatan jadi lebih mudah, tapi justru membuat banyak bagian jalan yang rusak. Kendaraan juga jadi bisa melaju lebih cepat dan membuat balapan lebih berbahaya. Kendaraan jadi bisa melaju melebihi dari batas aman lintasan gunung yang tanpa pagar pengaman.

Carlin Dunne disebut celaka pas di bagian lintasan yang bumpnya ekstrem. Sebelum bagian penuh bump tersebut, lintasannya mulus terus. Mungkin jadi semacam jebakan?

Balapan disebut sudah tidak menarik lagi bagi fans, bagi pembalap dan bagi media.

Kejadian meninggal sebelumnya disebutkan terjadi karena kerja penyelenggara yang tidak profesional. Ambulan datang setelah 20 menit . Setelah 10 menit diketahui butuh helikopter. Namun helikopter datang 1 jam kemudian. Pada saat itu juga sama, ada pemblokiran berita.
Witnessing death at Pikes Peak: a first person account of Bobby Goodin’s final moments

Pengumuman kematian juga berbeda. Walau pembalap mengalami celaka di lintasan, berita resmi menyebutkan pembalap celaka di tempat parkir.

 

Uniknya, ibu dari Carlin Dunne berharap balap motor di Pikes Peak akan tetap berlangsung:

Iklan

2 respons untuk ‘Crash Ducati V4 di Pikes Peak membuka aib, balapan sudah tidak disukai, di ban media

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.