Angka kekentalan oli mesin itu dua duanya penting karena viscosity index improver punya sifat jelek


Pada kemasan oli biasanya tertera spesifikasi kekentalan. Sekarag ini biasanya ada dua angka, yaitu ada yang di depan W dan ada yang di belakang W. Oli dengan dua angka ini disebut oli dengan kekentalan ganda atau multi grade.

Ahli oli biasanya menyarankan untuk mempertimbangkan angka yang kedua. Dan ini memang benar karena pada saat kendaraan berjalan, kekentalan di angka kedualah yang lebih penting.

Tapi kita perlu juga memperhatikan angka yang pertama juga.

Mengapa?

Ini karena pada oli dengan kekentalan ganda mempunyai aditif yang namanya viscosity index improver, yang gunanya meningkatkan kekentalan. Dengan viscosity index improver, maka oli dengan kekentalan SAE 10 akan jadi bisa mempunyai kekentalan menyerupai oli SAE 30 pada suhu yang panas.

Digambarkan sebagai berikut:
Viscosity index improvers

Viscosity index improvers are macromolecular polymers (combination of macromolecules) that are constructed in such a way that they influence the temperature-dependent viscosity change of an oil. The polymer contracts at low temperatures. This makes the resistance that the polymer opposes an invading body with smaller and the viscosity change of the base oil is equalized..

Jadi pada saat dingin olinya seencer oli SAE 10. Pada waktu panas aditif viscosity index improver akan mengembang dan membuat oli berperilaku seperti oli dengan SAE lebih besar.

Prosentase aditif viscosity index improver adalah antara 5 hingga 15%:

Mengapa butuh seperti ini?

Karena oli pada waktu panas menjadi encer. Karena lebih encer, oli mesin jadi berkurang kekuatannya dalam menahan beban. Makin encer makin lemah perlindungannya.
Penrite Knowledge Centre – Viscosity

Jadi untuk mencegah itu, ditambahkanlah aditif viscosity index improver pada oli yang encer. Biar waktu mesin panas, olinya nggak terlalu encer sehingga membuat perlidungan terhadap mesin tetap baik.

 

Yang jadi masalah adalah viscosity index improver ini tidak tahan terhadap shear:
A Simple Explanation of Viscosity Index Improvers

Unfortunately, viscosity index improvers do have some drawbacks. The primary disadvantage is they are susceptible to mechanical shearing.

Shear adalah proses dimana oli digencet dan digunting oleh logam:

Shear ini bisa membuat aditif viscosity index improver bisa kisut atau bahkan rusak kepotong:

Sebagai akibatnya, kekentalan oli jadi berkurang:
Calculating Permanent Viscosity Loss / Shear Stability Index

 

Karena itu angka bagian depan dari kekentalan ganda menjadi penting. Karena kalau aditif viscosity index improver dari suatu oli mesin sampai rusak parah, maka oli dengan kekentalan 10W40 akan jadi terasa seperti oli SAE 10. Oli dengan kekentalan 5W30 akan jadi terasa seperti oli SAE 5. Kondisi oli mesin yang seperti itu tentunya terlalu encer untuk mesin.

Penulis lupa sumbernya tapi disebutkan bahwa kemampuan aditif viscosity index improver beda – beda. Untuk mengetahui kualitas aditif VI improver suatu oli mesin gampang. Kita tinggal pakai motor secara ekstrem. Bila suara mesin jadi kasar dan tenaga terasa terhambat, maka oli tersebut mempunyai aditif VI Improver jelek, jangan dipakai lagi.

Penulis jadi teringat dengan perilaku oli X-TEN 10W40 yang terasa lebih berat dari oli 20W50 Mesran Super ketika mesin sudah panas. Juga oli Kixx 20W50 yang terasa berat banget.

Bisa jadi kedua oli tersebut kandungan terlalu banyak, sehingga jadinya terlalu kental. Setelah dipakai beberapa lama baru jadi terasa lebih normal.

Sebagai catatan, base oil dari oli X-TEN kurang bagus, ditandai oli cepat encer, Setelah beberapa hari kekentalan saat mesin dingin terasa beda dengan hari pertama. Aditif juga kurang bagus karena dalam 2 minggu di rpm tinggi sudah tidak lagi kental.

Sementara itu untuk oli Kixx kekentalan terasa konsisten, tapi terasa tenaga terbebani. Base oil dan aditifnya lumayan. Cuma kekentalan kok terasa beda standarnya dengan punya pertamina. Bahkan yang 10W30 kekentalannya terasa sama dengan Mesran Super.

 

Pada intinya, angka kekentalan di suatu oli mesin itu dua duanya penting. Angka kedua penting karena jadi dasar kemampuan oli mesin pada saat oli masih baru. Sementara angka pertama penting karena jadi dasar kemampuan oli mesin pada saat oli sedang dipakai atau sudah lama dipergunakan.

Kapan kapan penulis akan coba pakai oli mesin single grade. Mungkin bakal lebih awet.

10 respons untuk ‘Angka kekentalan oli mesin itu dua duanya penting karena viscosity index improver punya sifat jelek

    • Standar JASO rasanya cuma layak untuk memilih oli yang aman untuk motor dengan kopling manual. Selain itu bebas. Ketiga motor saya no problem pakai oli yang nggak ada JASOnya. Malah lebih enak, lebih senyap daripada ketika pakai oli yang beneran dapat sertifikasi JASO MB.

      Suka

      • tul, pake PFT ijo 10W-40 di aerox 155 di mesin lebih terasa relaks vibrasi juga agak berkurang dibanding yamalube super matic yang katanya pake molybdenum itu. Tapi sayangnya Pertamina naekin harga nih olie kebangetan, tahun lalu masih kisaran 60-65 ribu sekarang udah tembus 80 ribuan untuk kemasan satu liter/botolnya.

        Suka

  1. “Untuk mengetahui kualitas aditif VI improver suatu oli mesin gampang. Kita tinggal pakai motor secara ekstrem. Bila suara mesin jadi kasar dan tenaga terasa terhambat, maka oli tersebut mempunyai aditif VI Improver jelek”

    Sayangnya untuk melakukan test ekstrim begini kalo gak disirkuit ya hasilnya kurang maksimal untuk dapat mengetahui gimana pengaruhnya, karna ya kalo dipake harian juga jarang main high RPM terus2an. mungkin kalo dipake harian harus melakukan Long Trip dulu kali keluar kota dengan rata2 putaran mesin berada di mid to high terus, katakanlah minimal 2 jam perjalanan tanpa istirahat, apakah seperti itu?

    Suka

    • Kalau motor matik tentunya mudah rpm tinggi beberapa saat. Yang saya maksud ini juga pemakaian di sirkuit tapi pemakaian di jalan.

      Bikin mesin suaranya kasar itu gampang kok kalau pakai oli sekelas oli rekomendasi pabrik. Nggak perlu top speed. Nggak perlu jauh juga. Cukup 20 detik gas pol (kolektif).

      Kalau top speed mah, baru 5 detik top speed sudah serem suara mesinnya.

      Suka

  2. itu artinya jika kita pakai motor seringnya main RPM tinggi maka secara otomatis masa umur pakai dari oli (walaupun pake oli sultan berharga ratusan ribu rupiah) tetep juga pastinya akan berkurang gitu ya Om masa pakenya?

    brati kalo begitu ceritanya virus Long Drain Interval tidak bisa dipukul rata hasilnya akan sama2 Long gitu kan ya, karna semua kembali kepada gimana perlakuan pengendara terhadap mesin motornya?

    Suka

    • iya, umur oli bergantung pada rpm juga. Oli yang bikin suara mesin tetap halus saat gas pol umurnya bakal jauh lebih awet dari yang tidak.

      Iya, kalau nggak pernah rpm tinggi, umur oli bisa lama banget. Susah membedakan antara oli bagus dan oli jelak. Beda oli bagus dan jelek akan terlihat lebih jelas di pemakaian yang ekstrem.

      Hubungannya dengan shear nya.

      Suka

  3. Selamat sore mas aji, mohon arahannya.. untuk motor honda pcx bagusnya pakai oli sae berapa. Sekarang pakai oli merk mobil one untuk gredek jadi ilang tidak seperti pakai oli bawaan pabrik.

    Suka

    • terima kasih infonya. Untuk SAE harus coba coba karena beda merek oli beda kelakuan. Kadang tertulis 10W30 tapi saat dipakai bisa terasa lebih kental dari 20W50 nya oli merek lain. Ini saya rasakan sendiri jadi tidak bisa memberi rekomendasi SAE. Oli yang aditifnya bagus akan bisa membuat oli bersifat seperti oli yang lebih kental perlindungannya walau tetap lebih encer juga.

      Kalau untuk merek Fastron Techo, saya rekomendasi yang 15W50 kalau tujuannya untuk awet atau sering macet atau sering agak jauh. Dicampur minyak goreng biar lebih sip. Honda Beat dan Suzuki Nex II saya menggunakan ini.

      Pakai acuan kasar suara mesin, dan respon mesin saja. Biar lebih akurat, mungkin bisa pakai bantuan aplikasi android yang untuk ukur performa, yang dilakukan dalam kondisi mesin setelah dipakai.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.