Ada alasan sangat kuat mengapa Honda ADV harus pakai plastik tipis


Penulis tidak tahu plastik yang dipakai di Honda ADV itu tebal atau tipis. Memang ada kesan plastiknya tipis:

Tapi bisa jadi pemilihan bahan plastik yang lebih tipis itu sudah menjadi pertimbangan yang sangat matang. Menggunakan plastik tipis menjadi suatu kebutuhan mutlak, yang jauh lebih penting daripada protes pada kritikus. Kalau konsumen pasti memilih pasrah. Yang nggak suka juga nggak bakalan jadi konsumen.

Mengapa kok harus plastik tipis?

Kalau nggak begitu, bodi pasti jadi bakalan berat banget. Yang sekarang saja sudah 132 kg:

Kalau pakai kualitas standar Thailand, bisa bisa motornya punya berat lebih dari 180 kg, seperti yang terjadi pada Honda Forza:

Mengapa perbandingannya Forza dan bukan PCX? karena motor Honda PCX kan jelas lebih kecilan daripada ADV 150. Dan bisa jadi Honda PCX bisa punya berat setara dengan ADV 150 (padahal tanpa adjustable windshield) karena bagian bodi PCX yang di cat lebih banyak, mungkin dan barangkali 🙂

Tapi sekali lagi ini hanya kira kira. Bisa saja plastik yang dipergunakan di Honda ADV 150 sekarang itu sudah standarnya Honda. Memang kalau motor buatan Honda, kita harusnya menggunakan acuan standar Honda. Jangan pakai standar Yamaha.

Soal beda ketebalan plastik antara Yamaha dan Honda, penulis belum pernah coba bandingkan sendiri.

Iklan

22 respons untuk ‘Ada alasan sangat kuat mengapa Honda ADV harus pakai plastik tipis’

  1. Motor honda sekali crash mudah pecah, sulit dipasang kembali dengan rapi, bila dilem pake lem apapun juga gak merekat, trus harga bodynya paling mahal dibandingkan dengan merk lain. Contoh: 1 set body nmax jauh lebih murah sejuta lebih dibandingkan dengan harga body pcx. Silahkan yang fanatik pada merk Honda.

    Suka

  2. Kayanya meski yamaha plastik body tebal beratnya sama kaya rata rata motor sejenisnya.tapi kalo udah tradisi susah sih…tuman

    Suka

  3. Dulu sih pas masih miara pcx cbu parts-nya mahal meski stocknya cepet ready gak pakai lama kaya merk lain. Tapi IMHO kalau kualitas plastik yang bagus itu suzuki asal bukan yang produk low banget ya. Pernah miara Tornado GS bertahun2 plastiknya kuat2. Copot atau pecah ya karena kecelakaan, miara skywave sampai hari ini ya gitu juga pecah karena ditabrak motor lain. Tapi pernah miara smash wah itu gak diapa2in bisa tugel sendiri kena getaran. Sebenarnya bisa saja honda pakai plastik yg tipis tapi kuat asal bahan dasarnya ganti tapi ya apakah mau? Bikin desain kaya ADV saja sudah luar biasa itu.

    Suka

    • Wah unik bila motor impor partnya ready. Karena yang motor lokal seperti CB150R saja kalau kena part impor, bisa inden 6 bulan. Yang Honda Beat pun kadang dibilang beruntung kalau ada ready stock belt. Terpaksa beli imitasi seringnya.

      Suka

  4. katanya hando itu material body murahan namun material mesin juoss bin awet, kalo yamahud material body + cat lebih bagus namun material mesin murahan?

    ini argumen yg pernah dilontarkan salah satu blogger kondang lho?

    benarkah demikian adanya?

    Suka

    • Klo body ymha mmg kuat, klo mesin di new jupiMX 2011 sy rasa jg kualitas jempol… dpt dikatakan tanpa masalah smpe skr dah 105rb km… part mesin cm busi aja yg udah ganti tiap 50rb km.. buktinya elektrodanya msh lymyn bgs. Mgkn krn seting n pengapian msh stdr jd awet..
      Cm mmg newMX minta oli lbih bgs, klo cm pke oli std pabrikn mesinya agak kasar aplg mesin dingin, tp klo pke castrol jd haluss.. tp jelas castrol lebih mahal dikit

      Suka

          • Sy ganti oli tiap 2500km, berkurang jg cm dkit, nggak sampe 100ml berkurangnya. .. digeber rpm tggi jg nggak ngebul koq,
            Cm setelah 100rb km kok klo tanjakan dah kurang sip seperti dlu, mgkin dah perlu servis besar… dan mmg jujur blm pernah servis besar smpe saat ini, takut klo pasangnya ndak bener bs bikin oli rembes

            Suka

            • Ok. Untuk oli, saya tidak perduli kalau oli berkurang. Yang penting dipakai di kecepatan berapapun suara mesin tetap halus.

              Kalau olinya bagus dan filter udara bagus rasanya nggak perlu servis besar. Mending coba pakai carbon cleaner saja.

              Suka

    • Kalau yang saya tahu sih beda. Yamaha itu yang sering rusak bukan mesinnya tapi bagian selain mesin kalau dari keluhannya. Kalau dari sisi mesin keluhannya berasap dan haus oli, atau mati sendiri.

      Kalau mesin Honda dibilang awet, tapi nyatanya yang mesinnya klotakan (bukan hanya ngorok) banyak.

      Suka

      • Yamaha itu yang sering bermasalah bukan mesin, tapi kaki2,
        Mulai velg geol, shock depan ringkih, bushing swing arm jebol, cakram ke gerus, sampe komstir oblak

        Kalo mesin yamaha dan honda ya 11 12, untuk mesin suzuki paling bagus, kaki2 honda paling bagus, casing yamaha paling bagus

        Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.