Soal persaingan pasar, harus diakui Honda ADV 150 punya keunggulan di bagian ini


Spekulasi antara persaingan antara Honda ADV 150 dengan motor 150 cc yang sudah ada, yaitu Honda Vario 150, Yamaha Aerox, dan Honda PCX sudah mulai panas.
Honda ADV150 “Cebol” Mulai Bikin Gusar Pecinta Motor Gambot!

Ada yang menganggap motor Honda ADV 150 tidak bakal bisa mengalahkan Yamaha NMAX. Ada yang mengatakan orang pasti lebih memilih PCX.

Ada juga yang menjagokan Vario dengan alasan mesinnya sama:

Penulis tidak paham dengan logika tersebut karena rasanya sejarah membuktikan orang beli motor itu nggak lihat mesinnya tapi lihat modelnya. Mesin Honda Beat dipasang di Scoopy, orang tetap rela bayar lebih mahal. Dan menurut penulis, orang beli Vario 150 itu bukan karena spek mesinnya tapi karena harganya lebih mahal dari Honda Beat, bodi lebih gede dan mesinnya 150 cc.

Hal yang sama juga pasti terjadi pada Honda ADV 150. Pasti ada yang berniat beli Honda ADV 150 karena bodi lebih besar dan harga lebih mahal.

Sudah terbukti Honda ADV 150 ukurannya lebih besar dari Yamaha NMAX:

Juga lebih besar dari PCX:

Yang tentu bikin orang makin tertarik adalah motor Honda ADV 150 ukurannya tidak kalah dengan motor matik maxi dengan kapasitas mesin lebih besar, seperti misalnya Yamaha XMAX atau Yamaha T-MAX, postingan Fertian Eka di grup facebook Yamaha Nmax Indonesia :
Tidak Kalah…!, Ketika Honda ADV 150 Disamping Xmax 250

Juga Honda Forza 250, postingan Adam Qtoon di grup facebook Honda ADV150 Indonesia:

 

Menurut penulis, salah satu faktor yang membuat Yamaha NMAX lebih laris dari Honda PCX (dari bocoran AISI tahun lalu dan pengamatan penulis di sekitar Surabaya) adalah secara ukuran bodi, Yamaha NMAX terlihat lebih gagah karena ukuran terkesan lebih besar (walau saat dijejer kelihatan sama). Sementara itu tampilan Honda PCX tidak bisa dibilang gagah. Motor Honda PCX lebih ke elegan.

Mungkin dari ukuran Yamaha Aerox lebih besar dari keduanya. Ukuran juga sebanding dengan Honda ADV 150:
Adu Ganteng nih, saat Honda Adv 150 jejer dengan Xmax, Tmax dan juga Aerox

Namun dari awal pemasaran maupun pilihan warna, motor Yamaha Aerox lebih dikesankan untuk anak muda. Apalagi motor nggak bisa dibuat selonjor. Dari sisi harga juga bisa dibilang motor Yamaha Aerox itu harganya termasuk murah.

Sementara itu Honda ADV 150 bodinya besar, dari sisi harga lebih mahal, tapi masih beda sedikit dengan Honda PCX ataupun Yamaha NMAX. Kasarannya masih terjangkau untuk yang bisa kuat beli motor Honda PCX ABS atau Yamaha NMAX ABS.

Yang melek internet tentunya tahu bahwa Yamaha NMAX bakal mengeluarkan facelift yang nggak cuma cat baru. Yang nggak melek internet tentunya tahu Yamaha NMAX yang sekarang itu modelnya sudah lama. Tentu konsumen Yamaha pun jadi melirik Honda ADB 150 yang jelas motor fresh from the oven.

Dengan janji (bocoran) facelift Yamaha NMAX tapi tidak segera dirilis, motor bisa dipakai selonjor (walau ada yang bilang nggak enak) dan distribusi motor Honda ADV yang kencang banget (sudah ada konsumen yang dapat motor). Maka besar kemungkinannya Honda ADV 150 untuk bisa mengalahkan penjualan motor Yamaha NMAX.

Nasib penjualan NMAX berikutnya akan sangat bergantung pada seberapa mampu Yamaha bisa mengeluarkan motor yang tampilannya lebih keren. Kalau cuma mengandalkan fitur nggak bakal bisa menang.

Walau fitur lebih wow, kalau tampilan hancur tetap saja nggak bakal laku. Kecuali kalau Yamaha bakal mengeluarkan Aerox baru yang bisa selonjor.

tambahan:
Mungkin kalau perbandingan dilakukan saat cuma kelihatan lampu depan atau lampu belakang saja, bakal kelihatan besar sekali beda ukuran motor. Yang lampunya lebih tinggi pasti dianggap lebih besar motornya.

Iklan

15 respons untuk ‘Soal persaingan pasar, harus diakui Honda ADV 150 punya keunggulan di bagian ini

  1. untuk aerox dimensinya masih kalah dari NMax sekalipun prof, udah ay cek melalui website masing masing. Aerox menang di panjang, sementara lebar dan tinggi masih kalah. Hal yang wajar karena aerox pendekatannya sporty, jadi wajib langsing.

    Tapi ay tergelitik dengan statement yang gak sedikit tentang “Yamaha NMAX lebih laris dari Honda PCX”.. Kalau waktu jaman Data AISI masih dibuka, memang sejak PCX hadir di 2018, seingat ay belum pernah sekalipun menang vs NMax.

    Nah sejak data AISI ditutup per Juli – Agustus 2018, kita gak pernah tau berapa penjualan kedua skutik itu.. Jadi buat ay sih ga masalah mau PCX atau NMax yang memimpin penjualan, cuma butuh klarifikasi sumbernya aja biar lebih valid kalau NMax itu masih lebih laris dari PCX atau sebaliknya, dan juga penasaran seberapa dekat atau seberapa jauh bedanya..

    Kalau ada yang bilang liat aja di jalan, NMax lebih banyak dari PCX, dan itu emang fakta kok, tapi kurang valid kalau dijadikan sumber data, secara jumlah jelas akan banyak Nmax karena udah hadir dari 2015..

    Apa prof bisa memberikan sumbernya? Biar ay kunjungi dah kalau ada linknya

    http://kobayogas.com/2019/07/28/efek-kehadiran-honda-adv-150-terhadap-kelas-sport-150-waspadalah/

    Suka

    • Kalau untuk dimensi, acuan saya bukan dari yang disebutkan di website. Karena acuan itu nggak jelas cara mengukurnya apa. Karena kalau cara mengukurnya begitu (Panjang X Lebar X Tinggi), CBR150R (1.983 x 694 x 1.038 mm) bakal dianggap lebih kurus dari CB150R (2.019 x 719 x 1.039 mm).

      Verza (2.056 x 742 x 1.054 mm) lebih gemuk dari CBR250RR (2.060 x 724 x 1.098 mm).

      Menurut saya sih tidak. Menurut saya Verza itu terlihat lebih kurus dari Honda CBR250RR. Tapi terserah juga bila mau menentukan besar kecil itu pakai dimensi spesifikasi resmi.

      Iya, maaf, nggak ada link, terus terang saya menentukan laris tidak NMAX dan PCX itu tanpa pakai acuan AISI (dengan asumsi data AISI valid, karena yang namanya bocoran jelas nggak bisa diverifikasi). Saya menentukan laris tidaknya juga terlalu regional. Saya hanya menilai di di jalan dan tempat parkiran saja. Dibanding dengan Honda PCX, jelas lebih banyak NMAX tabung.

      Memang perlu dicantumkan bahwa yang di daerah sekitar Surabaya itu tidak mewakili seluruh Indonesia.

      Suka

      • Wah professor Masih kurang jauh mainnya nih hehe..

        Menurut literature yang pernah ay baca, pengukuran dimensi Yang berlaku secara international itu memang diukur dari titik terluar..

        Jadi kalau Ada yang spionnya tinggi atau spakbornya panjang atau setang nya lebar dan “menang” gara gara itu ya mau gimana lagi kekeke..karena emang titik terluar yang diukur

        Suka

  2. Pembodohan otomotif itu ya mesin VVA155cc yang head nya sama plek dipakai di 6 motor yang berbeda mulai dari matic, bebek, dan sport

    Suka

  3. ya intinya semua brand motor dengan satu jenis mesin tapi dipakai berbagai type artinya sama dengan Pembodohan Otomotif bukan…? kalo di kendaraan komersial macam mesin Bus Hino yang menguasai pasar, dari Hino AK 215, Hino RK 260, Hino RN285 dan RN 285 Matic dan truk Ranger 500 series FL 265, FM 285, FM 260, FG 245 Dst semuanya pakai mesin dengan basis sama, punya bore x stroke 112 x 130 six silinder dg kubikasi 7.6 Liter.

    Suka

  4. Sebenarnya nentuin matic masuk kelas maxi atau tidak itu gimana cara ngukurnya? Saya sih selama ini tidak pernah menganggap pcx dan nmax masuk kelas maxi, buat saya mestinya masuk kelas mid saja, barulah untuk xmax dan forza boleh masuk kelas maxi paling bawah di atasnya masih ada TMax dan ADV 750. Mungkin pcx dan nmax masuk mid saja bareng aerox dan vario 😀

    Suka

    • Kalau saya pakai acuan selonjor, karena acuannya sebagai matik touring. Jadi macam Aerox saya sebut nggak maxi.

      Repot juga kalau disebut mid. Karena ada yang menganggap mid itu adalah motor dengan ukuran mesin kelas 500 cc an, sehingga PCX dan NMAX disebut small.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.