Motor apa lagi yang bakal mendapat sentuhan inovasi baru Honda, aluminium palsu?


Harus diakui bahwa Honda telah membuat inovasi baru dengan membuat part yang aslinya plastik tapi kelihatan seperti aluminium (kalau dari jauh).
Sehari Menjajal Honda ADV150 di Area Terbatas: Apa Plus-Minusnya?

Menurut penulis fitur ini adalah fitur andalan dari Honda. Penulis sebut andalan karena Honda rasanya harus mengandalkan trik seperti itu agar motor tidak menjadi terlalu berat. Selain itu harga komponen jadi lebih murah. Kalau pakai aluminium asli bisa nambah 1 juta harga motornya dan tentunya lebih berat dari plastik.

Dari google berat jenis aluminium adalah antara 2,7 hingga 2,85 gram/cm3. Sementara itu plastik antara 0,9 hingga 2,2 gram/cm3. Tapi tentunya untuk dipakai di kendaraan nggak bakalan pakai yang berat. Lagipula plastik bisa dibuat lebih tipis karena toh cuma hiasan, bisa dibuat lentur sehingga kena benturan lebih tahan. Beda dengan aluminium yang kalau terlalu tipis bakal rawan patah.

Mungkin dari sisi konsumen ada yang kurang terima, tapi mungkin Honda PD dan berpikir konsumen bakal tidak mempermasalahkan karena fitur motor sudah melimpah?

Yang jelas kalau bagian itu dibiarkan tanpa dicat maka penampilan jadi jelek (menurut penulis). Berikut ini contohnya, setelah di cat hitam jadi tidak lagi sporty:
Wujud Asli Honda ADV 150 Versi Modif Awal Ternyata Lebih Garang

Lagipula penampilan jadi nggak sama dengan Honda X-ADV:
Review: 2017 Honda X-ADV

Terlihat bahwa footstep dan swingarmnya dari aluminium. Kalau pingin mirip, sekitar footstep dari Honda ADV 150 perlu dibuat sama. Kalau dari mesin mestinya sudah dari aluminium. Tapi sepertinya nggak ada sejarah mesin matik dibiarkan nggak dicat, sehingga mesin di cat warna yang berkesan aluminium. Dan lalu dibuatlah inovasi baru, plastik yang dicat berkesan aluminium. Mungkin kira kira seperti itu.

Penulis tidak tahu apakah melakukan hal ini sudah pernah terjadi sebelumnya, tapi jelas langkah seperti ini merupakan gebrakan untuk motor Honda. Kalau sudah mengawali seperti ini maka kemungkinan akan diteruskan lagi untuk motor berikutnya.

Motor apa yang potensial?

Yang sepertinya punya potensi besar adalah Honda PCX Electric. Harga motor kan terlalu mahal, katanya 130 jutaan. Komponen yang bisa dipalsukan contohnya adalah swing arm. Bisa diganti dengan besi yang dicat jadi seperti aluminium:
Akhir Bulan Januari Ini, Honda Akan Luncurkan PCX Electric

Lalu mudguard itu rasanya berlebihan sekali kalau pakai aluminium. Perhatikan ada baut suspensi. Untuk bikin lebih murah, suspensi bisa ditempatkan di mesin dan ganti pakai plastik:

 

Lalu yang berikutnya adalah Honda CBR250RR. Yang sekarang kan masih pakai aluminium.

Bisa diganti dengan logam yang dicat ala aluminium. Kalau kurang mirip, bisa pakai semacam kondom swing arm. Tapi pakai warna hitam sebenarnya nggak jelek:

 

Honda CBR150R pun bisa “diupgrade” penampilannya dengan mengecat swingarm warna aluminium:

Sekalian yang kiri juga disamakan:

Nggak usah malu malu seperti sekarang yang nanggung, plastik dibuat ala swing arm aluminium tapi nggak sekalian dicat aluminium.

 

Mau sebut Honda CRF150L, tapi ternyata sudah duluan ya?
Mega gallery Honda new CRF150L, celengan ambrol tenan rekkk !!!

Iklan

18 respons untuk ‘Motor apa lagi yang bakal mendapat sentuhan inovasi baru Honda, aluminium palsu?

  1. Duh prof prof.. wkwk.. tendensius banget sih proooff … Gelar bisa dicabut loh tar kekeke..

    Kalau mau fair fairan n mau nyari banyakan, banyak juga sih yang bikin aluminium look alike..

    Di awal gw beli NMax dulu juga salah satunya kepincut sama plastik tengah warna silver yang terkesan kaya delta box dan sampel kini juga masih dipertahankan. meski gw paham itu bukan aluminium at all..

    Tapi ini artikel situ sih, ya bebas bebas aja kekekeke…

    http://kobayogas.com/2019/08/04/komparasi-lengkap-low-mpv-1500cc-di-indonesia-harga-200-jutaan/

    Suka

  2. intinya gak terima aja ada yg menulis kok yang dibahas keburukan dari brand penguasa mulu, maka dengan diplomatis disarankan haruslah menulis dari brand nemesis supaya berkesan fair enough dan tidak berat sebelah.

    tapi mungkin lupa….

    yang dibahas keburukan dari nemesis juga pernah ditulis, hanya mungkin karna yang dibahas ini adalah seri flagship 150cc non electric dan brand new produk maka sebisa mungkin segala bentuk “kejelekan” harus sesegera mungkin diredam supaya tidak menjadi viral, karna dipandang mungkin seperti penggiringan opini ke arah yang buruk!

    #abaikansaja

    Suka

  3. next next episode sekalian juga dibahas Om betapa rendahnya kualitas sokbreker, material mesin kerupuk, rangka kopong karatan, buruknya quality velg, daripada produk pabrikan rival, biar blog ini menjadi terlihat fair enough didalam membahas suatu produk motor dan tidak dipandang tendensius ke salah satu brand, ehehehe… XD

    *biarsama-samapuas
    #abaikansaja

    Suka

    • ok.

      Kalau sok breaker, rasanya sumber semua pabrikan sama. Kualitas kadang malah lebih bagus yang imitasi.

      Yang lainnya biasanya ngesubnya yang masalah. Honda sendiri ada masalah pengecekan kualitas hasil produksi.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.