Yang perlu ditingkatkan dari Yamaha NMAX adalah kenyamanan


Ada yang bilang bahwa NMAX facelift perlu ditambah tenaganya:
  NMAX Facelift Mustinya Lebih Bertenaga. Itu Poin Plusnya!

Penulis kurang setuju. Menurut penulis seharusnya Yamaha meningkatkan kenyamanan (selain dari penampilan). Entah mengapa Yamaha itu kurang begitu perduli dengan kenyamanan. Memang kalau duduk bisa selonjor:
Hasil Test Ride Yamaha NMAX 155 ABS 2018, Lebih Nyaman Buat Harian?

Di jalan juga yang pakai NMAX pada kelihatan selonjor (apa posisi duduk nggak selonjor nggak enak ya?). Namun ada keluhan mesin bergetar, suspensi keras, skok depan bletak, gredeg, dst.

Saking tidak nyamannya sampai ada teman yang menyebutkan perilaku motor (Yamaha NMAX skok tabung) berubah drastis ketika ganti ban Michelin. Disebut berkendara jadi lebih anteng. Sebelumnya motor terasa sensitif alias loncat loncat bila melewati tambalan jalan. Sesuatu yang kurang pas untuk motor yang harganya bisa lebih dari 30 juta.

Padahal motor Honda Beat dengan ban yang begitu itu (masih ori) bisa kok terasa nyaman dan anteng melewati tambalan jalan, hanya dengan suspensi seharga 150 ribu (DBS) atau yang 300 ribu (YSS DTG). Padahal suspensi NMAX sudah pakai tabung tambahan (apa cuma pajangan?) yang mestinya bisa diatur sehingga motor bisa anteng.

Dari Yamaha (maupun Honda) dari sisi kenyamanan suspensi terkesan pasif. Dibilang skok NMAX pertama terlalu keras, eh Aerox dibuat terlalu empuk sampai suspensi mentok. Tahu punya Aerox terlalu empuk, yang NMAX berikutnya dibuat lebih keras tapi hasilnya masih terlalu keras.

Alasannya sih itu skok sporty. Padahal yang namanya skok sporty macam Ohlin pun diakui lebih nyaman dari punya NMAX, baik yang tabung ataupun generasi pertama. Jadi alasan skok sporty harus keras itu penipuan.

Justru kalau di Indonesia itu justru bahaya kalau pakai suspensi keras. Motor jadi nggak stabil kalau dipakai kencang karena malah jadi liar dan susah dikendalikan. Bro Ridwan Hanif juga setuju, dibilang skok keras malah bikin motor . Butuhnya adalah suspensi yang anteng. Dan dari pengalaman penulis pakai skok Suzuki Spin, suspensi buatan Cina dan buatan Thailand, yang empuk sekalipun bisa tetap anteng saat kencang. Menurut penulis seharusnya seperti itu suspensi sporty.

Penulis pernah naik motor yamaha yang skoknya keras. Dan asli penulis nggak paham mengapa kok Yamaha berani beraninya bilang keras itu sporty. Saking tidak stabilnya, penulis jadi nggak berani kencang.

Entah siapa yang harus disalahkan, mungkin dari pabrik motornya, Yamaha (atau Honda), atau mungkin pabrik skoknya (Showa dan Kayaba). Sepertinya yang diperhatikan cuma per, faktor shock breaker diabaikan. Apa di kedua pabrik skok Jepang di Indonesia itu nggak ada tenaga ahli ya? Sebaiknya jangan beli skok aftermarket buatan Jepang. Rugi.

Testimoni berikut mengesankan Yamaha atau pabrik skoknya itu nggak ngerti suspensi. Masa ya cuma ganti oli saja bisa menyelesaikan masalah njeduk di suspensi depan NMAX?
Serius Nih? Cuma Ganti Oli, Sokbreker Depan Yamaha NMAX Bisa Lebih Empuk

“Pengguna NMAX biasanya kalau melewati jalanan rusak, sokbreker depannya itu bunyi-bunyi kasar seperti bunyi mentok. Coba pakai oli sok buatan saya,” buka Yadi Arcadia yang memiliki NMAX dan XMAX di garasi rumahnya ini kepada GridOto.com beberapa waktu lalu.

Masa ya dari pabrik tidak bisa mendeteksi hal itu?

 

Juga soal getaran. Entah bawaan VVA atau lainnya, seharusnya Yamaha bisa melakukan peningkatan. Dari CVT sudah:

Bagian mesin yang rasanya belum:
Memperkirakan sumber getaran di NMAX, sudahkan Yamaha melakukan balancing di noken as?

Menurut penulis kenyamanan itu adalah usaha trial and error. Butuh ada usaha untuk mencoba di kondisi jalan yang sebenarnya. Kalau inputnya salah, hasilnya pun sampah.

Motor Yamaha sering terlihat diuji coba di jalan raya. Entah itu apa yang dicoba tapi rasanya kenyamanan tidak termasuk. Mungkin juga test rider nggak akan merasa karena mereka pakai wearpack lengkap termasuk sarung tangan berat yang anti getar dan sepatu boot yang anti getar juga. Dari sisi badan juga terlindungi, pakai helm standar (yang pasti berat) dengan jaket sambil membawa tas ransel yang kemungkinan isinya batu sehingga sampai nggak merasakan motor getar.

Sekali sekali dicoba berkendara keliling kotanya pakai baju SMA atau baju pegawai negeri atau baju karyawan swasta. Test rider mestinya jadi lebih peka.

 

Nah kalau dalam kondisi seperti ini tenaganya nambah, geternya juga pasti akan nambah dong?

25 respons untuk ‘Yang perlu ditingkatkan dari Yamaha NMAX adalah kenyamanan

  1. menurut ane malah ban standar Beat engga stabil & engga nyaman, dulu wkt 2014 pernah py & udh d jual (cm d pake 10 bulan). trs skrng beat py istri 2016 & skrng udh d ganti ( pake FDR Flemino u/ standar Beat) lumayan byk peningkatan drpd bawaan walo msh kurang anteng dikit.

    ban jg ada pengaruh k handling ( kompon, ukuran)

    Suka

  2. Bagus n jeli analisa test vibrasi.
    Jangan pernah bilang tester nya mengedemenin getaran.
    Tester yamaha tuh kencang bawa motornya. Konsentrasi demamding sekali. Gak mungkin sambil ngenikmatin vibrasi.

    Suka

  3. Kayaknya tester tuh cuma cari jam terbang ribuan km, ambrol pa kagak tuh parts
    Masalah kenyamanan dll kayaknya diabaikan, soalnya ga mungkin merubah parts trial n error kalo motor sekian bulan lagi mau launching
    Apalagi netizen minta berubah model, amat sangat ga mungkin, motor udah fix kalo udah testing jalanan

    Suka

      • Ganti skok aftermarket? Emangnya bengkel modif, masalah skok keras RND pabrik udah tau dari awal, bahkan emang diseting begitu

        Suka

        • Dari kasus skok NMAX keras, lalu Aerox terlalu empuk, lalu NMAX dibuat agak keras lagi, menurut saya Yamaha itu nggak ngerti. Ngertinya dari feedback konsumen. Soal keras dibilang sporty / disengaja itu kan cuma omongan sales yang cuma bisa terima apa adanya dari pabriknya. Tapi jelas ada kemauan Yamaha menuruti keinginan konsumen.

          Masalahnya, mengapa yang begitu harus dari konsumen?

          Sama seperti kasus skok nya PCX dan ADV 150, pakai tiga tingkat kekerasan tapi hasilnya ngaco.

          Suka

  4. sebagai pengguna motor yang pernah merasakan nmax, menurut ane emang enak sih itu motor. terlepas dari sisi sang penulis, tapi ane ngerasanya asik aja kalo bawa nmax gitu. pol lah pokoknya hehehe. oh iya, dan satu lagi, pemilihan oli yang pas yang bikin nmax ane kerasa enak buat digeber di jalanan jakarta. kebetulan pakenya juga federal oil yang bisa bikin tuh motor enak tenaaan

    Suka

  5. se etulnya usaha untuk mengempukkan redaman sok belakang itu mudah kalo yamahamud mau merubah dudukan atas sok belakang sedikit kedepan, sehingga posisi sokbreker lebih miring/lebih tidur, sok yang lebih miring redaman lebih empuk daripada yang tegak dudukannya (dengan merek dan type sok yg sama tentunya), seperti PCX soknya lebih miring jadi lebih empuk (dibilangnya) apalagi ketambahan fitur bengkok visual main berganda keempukannya.

    Jangan lupa, diameter lingkar velg standar 13 inchi juga berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara, meskipun udah pake ban cukup besar tapi kalo lingkar velg cuma 13 inchi ya tetep aja akan keras rasanya ketika lewat jalan yg tidak bagus.

    Suka

    • Sebenarnya keras bisa diatur dari pernya. Memang bisa dengan menggesek dudukan, tapi bisa juga dengan membuat per lebih empuk atau lebih pas, seperti bahasan suspensi ADV sebelumnya.

      Untuk kenyamanan, menurut saya diameter luar dari ban lebih penting. Juga dari ketebalan dinding ban.

      Suka

    • Ooohh.. rupanya lebar diameter velg juga pengaruh ya Om ?
      Saya pikir ngga.., krn meskipun diameter velg nMax 13″.. toh bannya kan cukup tinggi dan besar, sehingga yg salah hanya di shock’nya dowang.
      Ok Om.. makasih yaaa.. informasinya.

      Suka

  6. waduh prof, pantesan kolom komen sepi, sampeyan bahas kekurangan Yamaha sih.. wayo looo.. komentator setia ada yang kurang tuh keknya, gak nongol 😀

    Btw, ay jadi merenungkan beberapa komentar di kolom komen, cuma lupa, di fb apa di blog mana ya.. Komentarnya gak cuma satu dan kurang lebih gini.. “Yamaha ngetes motor langsung di habitatnya (jalan raya) tapi tetep aja skok (bantingan) keras, jadi buat apa tes jauh jauh gitu”

    Eh prof sendiri bilang yang kurleb sama di artikel..

    terus banyak juga yang bilang “giliran motor sport kudu nyaman, eh skutiknya kudu kenceng, apa gak tebalik” … bener juga sih wkkwkw…

    http://kobayogas.com/2019/08/12/hei-suzuki-kini-saatnya-skutik-maxi-loh-geber-atuh-lah/

    Suka

  7. Adakah hubungan dengan posisi batang shock belakang nmax dan matic yamaha yang nyaris tegak 90 derajat? Sementara kalau saya lihat di matic lain posisinya lebih rebah…anehnya di mobil dan matic yamaha yang lebih mahal yang posisinya juga tegak tidak terasa keras….:-D Untuk diameter ban memang terasa sih waktu saya coba matic yang ban-nya 12 inch dibanding skywave dengan ring 16 yang saya bawa dengan cukup brutal, yang 12 inch lebih gak enak dan keras….walau yang 12 inch shock-nya punya setelan pre-load yang bisa dipilih dan travelingnya juga cukup. Saya sendiri lebih pilih shock yang firm (bukan keras) ketimbang shock yang keempukan….Apakah jarak wheel base juga punya pengaruh? Karena kalau pas terpaksa pakai vario atau beat punya famili….berasa kaya naik batu…:-D

    Suka

    • Kalau menurut saya bukan posisi yang menentukan nyaman atau tidak. Yang lebih penting adalah tingkat kekerasan per dan hambatan shock breaker yang pas dengan posisi tersebut. Jadi desain suspensi yang lebih penting.

      Menurut saya yang lebih penting adalah diameter dari ban, bukan velg. Tapi ingat juga bahwa suspensi menentukan. Suspensi beat atau vario itu single action, cuma meredam satu arah. Efeknya kalau lewat jalan tidak rata bakal nggak enak. Lagipula sangat nggak awet. Merasa naik batu setelah naik motor Suzuki matik lama itu wajar banget.

      Suka

      • Berasa kaya duduk di batu ini yang bikin saya ragu mau beli matic merk lain, tapi ya nunggu punya nunggu suzuki rasanya gak peduli lagi sama konsumen lamanya atau mungkin juga nyesel bikin matic bagus2 tapi gak laku banyak di sini. Akhirnya terpaksa pindah ke lain merk yang mudah2an lebih bener.

        Suka

  8. aku kebetulan pengguna nmax juga om. minta sarannya om, kira2 kalo pake federal oil buat oli mesinnya cocok gak yah?

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.