Heboh aditif bensin anti kerak Eco Racing malah jadi sumber kerak, hasil ujinya bohongan?


Sebelumnya penulis pernah membahas Eco Racing, saat itu penulis sempat khawatir ada efek kerak:
Heboh, ternyata aditif bensin anti kerak Eco Racing malah jadi sumber kerak?

Mungkin kalau dapat yang palsu atau resepnya nggak sip bisa merusak bagian mesin juga. Mungkin nambah kerak atau bikin karet getas / lumer.

Dan ternyata ada kejadian. Yang mengalami adalah bro Rizal Alhafidz, sales (member MLM) dari Eco Racing. Motor Yamaha Lexi sampai harus turun mesin. Di mesin terlihat sangat berkerak:
Eco Racing Bisa Bikin Fuel Pump Tersumbat, Niat Ngirit malah Jebol Biaya Servis

Padahal ia mengaku pakai eco racing terus menerus selama setahun.

Berikut penampakan valve:

Piston:

Roller dari rocker roller juga oblak, kelihatan nggak bundar lagi ya?

Sebenarnya terlihat ada bagian yang bersih juga di valve. Kelihatan seperti oli mesin nggak kompatibel dengan eco racingnya. Entah apakah sudah diteliti reaksi eco racing dengan oli mesin atau tidak.

Namun ada juga yang laporan pompa bensin juga rusak.

Mungkin eco racing nggak kompatibel dengan pertalite? Pertalite itu menurut penulis bensin paling nggak bersahabat dengan keawetan mesin. Pernah ada mekanik bengkel yang komen pertalite bikin busi jadi hitam. Mungkin komplikasi juga.

 

Lewat facebook disebutkan bahwa bro Rizal Alhafidz sudah pakai yang asli:

Sebenarnya yg sya permasalahin bukan uji lab ny.. yg sya permasalahin sya beli nya di agen resmi dn di rekomendasiin sama upline sya.. klw itu barang palsu sya jg gx tau, klw itu asli sya juga gx tau, karna kemasan ny sama semua, kecuali yg eco mobil sya masih punya 3 kotak.. sya dh tunjukin sma upline sya, emang ada yg beda kemasan ny, yg dua tulisan ny eco racing ny agak kecil yg satu tulisan ny besar2.

Ia ingin bisa dijelaskan sama Eco Racing:

justru sya ingin ada pihak dari eco racing datang ke saya.. sya mau usut agen resmi yg sya pernah RO sama belau. Klw memang ada kesepakatan sya akan hapus postingan ini.

Klaim dari Eco Racing salah satunya adalah membersihkan kerak:
Apa Manfaat Eco Racing??

Manfaat Eco Racing :
● Melindungi Mesin (Nano Tekh)
● Menghemat BBM 30-50%
● Menambah Octane (5-10 RON)
● Menghilangkan knocking
● Membersihkan kerak2 mesin
● Meningkatkan tenaga
● Meningkatkan akselerasi
● Memperpanjang usia mesin
● Menghemat biaya perawatan.

Cara kerja Eco Racing dijelaskan sebagai berikut:

Eco Racing menggunakan Nano technologi dan berbahan organik. Dia bekerja tidak langsung membuat irit BBM. Tapi dia melunturkan kerak kerak melalui udara pembuangan. Menutup pori pori Blok mesin yang terkikis akibat kinerja piston yang tidak stabil. Selain itu, eco racing membuat lapisan flin di blok mesin dan piston. Ini adalah rekayasa eco racing supaya mesin terlindungi. Jika dibuka, seakan ada lapisan plastik pada piston, ring dan blok mesin bagian dalam. Makamesin akan menjadi awet dan tahan lama.

Konsep kerja eco racing adalah menaikkan oktan Bahan Bakar Minyak itu sendiri. Dengan demikian sistem pembakaran dalam mesin semakin sempurna, karena pembakaran makin sempurna dan BBM habis terbakar tanpa meninggalkan sisa-sisa BBM pada ruang bakar.

Pemakaian jangka panjang disebutkan sebagai berikut:

Bagaimana Jika Digunakan Untuk Jangka Panjang

Dont worry.
Eco racing sudah lulus uji bahkan dapat izin penjualan resmi dari badan peneliti internasional
apakah anda meragukan pertalite pertamax dan premium Yg juga di uji dari sana….???
So… jika eco racing tidak efesien tentunya tidak dapat izin pemasaran.
Produk sejenis dari USA dan Taiwan yg saat ini beredar tidak mendapat ijin layak jual dari LEMIGAS R.I dan PETROLAB. Karena masih mengandung Zn (Seng) dan Pb ( Timbal) yang berakibat pada buruknya mesin dan menambah polusi udara.

Eco racing full Organik, ramah terhadap lingkungan dan yang pasti made in anak negeri.

Izin edar dari badan peneliti BBM Nasional
Layak jual. Tidak menimbulkan kerusakan pada mesin, indikator dan saluran pembakaran.
Hasil uji emisi menunjukan peningkatan O2 dan memgurangi bahan berbaya hasil pembakaran spt CO, CO2, dan hidro carbon CO

Artinya betul-betul bahan pembentuk eco racing organik.
Jika tidak sengaja tertelan, tidak menimbulkan dampak apapun

Disebutkan bahwa eco racing sudah mendapatkan ijin layak jual dari Petrolab. Namun ternyata ada laporan yang isinya sama persis, dibagikan oleh Herman Shafat:
Sinergy Eco Racing money game. Kenapa?

klik untuk memperbesar

Petrolab sendiri melakukan bantahan dan bahkan meminta Eco Racing tidak lagi mencatut nama Petrolab pada website atau pemasarannya, disharing oleh bro Robert Bryson Hall:

Intinya Petrolab tidak memberikan rekomendasi atau ijin ataupun pernyataan lulus uji untuk eco racing.

 

Selain dari soal barangnya, cara pemasaran juga dipermasalahkan. Cara pemasaran dengan cara MLM diduga sebagai money game. Pada artikel tersebut juga dibahas bahwa Eco Racing tidak punya SIUPL. Hal yang disebut penting untuk melakukan bisnis MLM di Indonesia.

Banyak yang berkomentar bahwa Eco Racing sudah punya SIUP. Namun di facebook disebutkan sebagai berikut:

Jelas bahwa SIUP itu berbeda dengan SIUPL. Dan pada saat itu Eco Racing belum punya SIUPL. Di website resminya juga sekarang ini masih belum dicantumkan:
Legalitas Perusahaan

Karena tidak adanya SIUPL itu, Eco Racing jadi salah satu bisnis yang masuk daftar waspada:
Siaran Pers: Satgas Waspada Investasi Menyampaikan Imbauan kepada Masyarakat untuk Mewaspadai 6 Entitas, Siaran Pers SWI FINAL DHMS.PDF

Namun eco racing mendapat sertifikasi halal MUI. Sertifikasi ditujukan pada pola bisnis / pemasaran secara MLMnya, bukan untuk produknya:

Untuk produknya tidak tahu apa fatwanya.

 

Untuk efeknya, menurut penulis sangat memungkinkan bila suatu aditif tersebut bisa meningkatkan performa atau keiritan. Hasil ini seperti kombinasi penggunaan aditif oli nano dan aditif minyak atsiri. Namun harus diingat bahwa menambah performa itu kadang ada efek sampingnya. Di artikel ini bukan efek positifnya yang dipertanyakan, tapi efek negatif.

Bahasan Nano energizer:
Fakta ilmiah seputar nano energizer atau ZrO2, aditif anti wear yang malah nggak bagus bila terlalu banyak

Beda dari nano energizer dan eco racing adalah warna lapisan. Punya nano energizer hitam, punya eco racing putih. Dari penelitian (dibahas di artikel tersebut) disimpulkan bahwa penggunaan aditif semacam nano energizer bisa membuat permukaan lebih halus, mengurangi hambatan, namun juga meningkatkan keausan. Nano Energizer sendiri tidak dipakai terus menerus. Peningkatan irit sebesar sekitar 20%.

Bahasan minyak atsiri:
Walau mungkin bisa tidak merusak mesin, pakai aditif tetap rugi bro

Efek dari minyak atsiri bisa sampai 45% lebih irit:

Minyak atsiri itu contohnya adalah minyak terpentin, minyak cengkeh, minyak kayu putih atau minyak sereh. Semuanya tentu nabati 100%. Ada yang aman dimakan juga.

 

Banyak yang menganggap eco racing itu ramah lingkungan berdasarkan fakta bahwa eco racing aman untuk dimakan.

Apa itu benar?

Tidak. Yang 100% nabati dan 100% aman dimakan belum tentu 100% aman setelah dibakar. Contohnya adalah cengkeh. Kebetulan cengkeh disebutkan bisa punya efek bikin kendaraan irit juga.

Manfaat kesehatan dari cengkeh:
15 Manfaat Cengkeh bagi Kesehatan (No. 9 Khusus untuk Pria)

Bahaya dari cengkeh:
Rokok Kretek dan Filter, Mana yang Lebih Berbahaya?

“Semua jenis rokok itu berbahaya, tapi kretek lebih berbahaya lagi. Rokok jenis ini diberi spice atau cengkeh yang mengandung minyak atsiri. Kandungan di dalam minyak inilah yang dapat memicu timbulnya sel kanker jika dihisap secara terus-menerus,” ujar Dr. dr. Sita Andarini, di kawasan Jakarta Pusat, Kamis (28/2/2019).

Seharusnya eco racing perlu diuji lab dengan dibakar.

Untuk yang masih tetap ingin terus pakai eco racing, penulis sarankan untuk tidak pakai pertalite. Pilih premium atau pertamax, atau campuran antara premium dan pertamax. Kalau dua duanya nggak ada, mending jangan pakai eco racing. Mungkin eco racingnya aman, tapi pertalite harus diragukan.

Penulis walau sudah pakai pro capacitor di selang bensin dan minyak goreng sebagai aditif oli mesin, malas banget pakai pertalite. Terasa tenaga anjlok drastis. Ada sesuatu di pertalite yang susah terbakar.

Perbandingan harga (asumsi per pil eco racing 5 ribu rupiah):
-Premium = 7000
-Pertalite = 7650
-Pertalite+eco racing = 8900
-Pertamax = 9850

 

Perlu diuji reaksi eco racing dicampur oli mesin misal yamalube, juga dilihat perbedaan antara dicampur pertalite dan pertamax. Perlu dicoba diuji bakar, sebaiknya jangan dicium sendiri karena bisa jadi sangat beracun begitu sudah terbakar.

Penulis baca di Eco Racing itu dipasarkan dengan cara agamis juga. Mungkin nanti ada yang nyemprot penulis mengapa kok menjelek jelekkan produk, dibilang nggak berkah dll. Harus diingat bahwa produk yang nggak sesuai janji itu tidak halal. Produk yang ditutupi cacatnya itu tidak halal. Yang sesuai dengan apa adanya itu yang berkah.

Iklan

34 respons untuk ‘Heboh aditif bensin anti kerak Eco Racing malah jadi sumber kerak, hasil ujinya bohongan?

  1. Untung blom beli sempet penasaran sih tapi saya urungkan saya lagi mencoba oli samping di soul gt 2013 efeknya apa. Full tank saya kasih 1 tutup oli samping merk gasoli.

    Suka

  2. “produk yang nggak sesuai janji itu tidak halal. Produk yang ditutupi cacatnya itu tidak halal. Yang sesuai dengan apa adanya itu yang berkah.”

    Quote of the day.
    But maybe somebody or anyone out there think . . .

    “saya tidak terima kalau yang dipojokkan salah satu brand perihal kelemahannya, maka brand lain harus dibahas juga kelemahannya biar fair enough”

    tapi yaahhh. . . ,

    #abaikansaja
    #skipsaja
    #gausahdigagas

    Suka

    • Harus membahas produk kompetitor (saat membahas cacat suatu produk) itu mungkin bermula dari anggapan bila cacat dibeberkan itu bakal mematikan rejeki penjualnya. Menurut saya dengan diinformasikannya cacat produk justru akan membuka rejeki / berkah penjualnya.

      Namun memang sebaiknya membahas juga produk kompetitor. Bukan untuk menguntungkan penjual yang dibuka cacatnya sekarang tapi tetap untuk konsumen.

      Kalau untuk produk seperti ini, rasanya kompetitor pun bakal punya kelemahan yang sama. Klaim berlebihan dan efek samping tidak diketahui. Yang lebih repot lagi masyarakat itu cenderung hanya menilai dari oktan, padahal pada bensin ada juga yang namanya kandungan energi.

      Suka

  3. Top One juga pernah bikin produk Pil ginian, bungkusnya macam obat kapletan gitu, tapi dulu sekali, harganya 5 ribu rupiah per pil, dimasukin tangki katanya bisa nambah Oktan dan bikin pembakaran jadi sempurna, tapi tidak disebutkan brapa kenaikan bilangan oktannya.

    Suka

  4. kalo cuman mo irit, sebenarnya ada alat tambahan mudah
    yaitu sediakan / pasang 1 tabung kecil di antara fuel tank ke input menuju fuel injector / karburator
    di tabung tersebut, beri pelat yang tersambung dengan bagian paling panas pada motor. Misalnya leher knalpot
    Tujuannya bensin akan terpanaskan melalui hantaran panas, sehingga saat di kabutkan ke mesin, lebih bisa mendekati ke fase gas.

    atau sekalian pasang fuel vaporizer aja. Tapi, dengan settingan tepat, justru akan bisa lebih di dapat pada mesin karburator. karena bisa di setting irit. Kalau pada mesin injeksi, mungkin harus membuat riset dalam hal memperkecil/mengurangi lubang injektor.

    Suka

    • Iya. Bahkan ada yang jualan juga. Namun perlu diingat juga bahwa bensin juga menghasilkan kerak, terutama bila dipanasi. buktinya carbon cleaner disarankan untuk membersihkan injector.

      Suka

      • bukannya kerak itu efek dari pembakaran yg gak sempurna? Kalo BBM yg masuk ke RB sudah bentuk fase gas, harusnya bisa efisien. Dan jelaga yg dihasilkan bisa jauh lebih kecil.

        Suka

        • Kerak di saluran bahan bakar bisa dari sebab lain. Biasanya karena kandungan air. pertalite dan pertamax ada kemungkinan mengandung ethanol juga, yang bisa jadi sumber endapan.

          Kalau kerak di ruang bakar bisa karena oli juga. Oli mengalir dari permukaan dinding silinder yang terlumasi. Juga dari valve.

          Pewarna bensin juga bisa jadi salah satu penyebab endapan.

          Suka

  5. Namanya juga additive alias suplemen, sama aja seperti makanan/minuman suplemen buat manusia memang ada manfaatnya, tapi kalau terlalu berlebihan juga malah kurang baik untuk kesehatan karena berpotensi merusak organ tubuh.

    Suka

  6. skrng ane jg engga pake pil ky gitu, klo ane mah merk gri**on, pernah engga d pake lama sekitar 1 mingguan, motor langsung susah starter na, trs sekalinya jalan agak brebet. pas ane ganti full Pertamax sampai sekarang engga masalah klo jarang d pake. padahal takaran 1/8 pil buat 6 liter malah.

    Suka

        • kalau pertamax plus masih ada ya pertamax plus. tapi belum tentu butuh oktan tinggi. tinggal lihat perilaku mesin, ada ngelitik tidak. Karena kalau tidak ngelitik mending yang oktan rendah karena kandungan energi cenderung lebih tinggi.

          Atau bisa dikatrol. Kalau cara tempel bisa pakai magnet hitam, cemenite atau pro capacitor.

          Suka

  7. Maaf untuk contoh seperti rokok yg pakai cengkeh itu sebenarnya masih diperdebatkan kebenarannya,karena hasil penelitian aja dari pihak luar yg notabene negara produsen rokok putih/tanpa cengkeh..

    Suka

  8. Motor saya sudah setahun setengah pakai ECO RACING aman2 ajah. Ga da kerak dan tarikan tetap enteng plus Irit. Yg kasih tertimoni baik ribuan kali lebih banyak dari yg begini. Oya utk SIUPL sdh di kantongi PT BEST tauuu..

    Suka

    • ok, terima kasih sharingnya. Memang kalau pengguna acetone saja komentar positif, aneh bila yang pakai aditif begini tidak bilang ada peningkatan tenaga atau irit.

      SIUPL tercantum dimana? Kalau sudah, mengapa kok website resmi tidak mencantumkan?

      Suka

      • SIUPL Eco Racing sepertinya memang sudah terbit, karena sudah ada rekomendasi dari AP2LI, di mana Febrian menjabat sebagai Ketua Bidang Organiaasi dan Keanggotaandi sana. Hanya saja mengenai artikel di atas, itu memang benar adanya. Sebagai user saya mengakui, Eco Racing yg beredar sekarang kualitasnya sudah jauh menurun dibandingkan saat mereka awal launching. Untuk teman-teman yg masih aktif di Eco Racing, sy sarankan untuk mulai menggeser promosinya ke Eco Farming dan Eco Beauty, karena dengan kualitas Eco Racing seperti sekarang, sy khawatir makin banyak motor dan mobil yang jadi korban. Kecuali kalau kualitasnya bisa dikembalikan seperti semula seperti saat awal launching.

        Suka

  9. Anehnya di.kendaraan saya dan di keluarga saya dan juga banyak lagi yg sdh coba dari saya, kendaraannya baik baik saja. Bahkan sdh ke bengkel resmi juga utk diservis mekanik servisnya bilang semua komponen ok. Nah timbul pertanyaan, kl misal dari 1000 orang yg sdh pakai, trus bermasalah di 1-2 orang
    Apakah layak utk menimpakan kesalahan nya ke Eco Racing kl mmg produk ini penyebebanya?
    Dan apakah mmg penyebabnya murni krn produk ini? Dan bukan krn kesalahan pengguna, misal oli habis dibiarkan, oli dari mesin bocor sehingga komponen komponennya jadi rusak, dsb.
    Jd apa yg disampaikan oleh ybs juga harus dibuktikan.
    Krn dari sekian banyak yg sdh beli dan coba di saya hasilnya adalah kebalikan dari yg disampaikan di sini.
    Semoga bisa menjadi bahan pemikiran sebelum melakukan penghakiman thd Eco Racing ini.
    Terima kasih.

    Suka

    • ok. Yang jelas untuk kasus tersebut fungsi anti keraknya nggak fungsi.

      Namun untuk fakta selain itu, masih perlu dipertanyakan.

      Dan yang paling penting adalah, bila mau beli yang orisinil, beli dimana? Karena yang jadi anggota saja ada yang berkomentar dapat yang palsu.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.