Heboh aditif bensin anti kerak Eco Racing malah jadi sumber kerak, hasil ujinya bohongan?


Sebelumnya penulis pernah membahas Eco Racing, saat itu penulis sempat khawatir ada efek kerak:
Heboh, ternyata aditif bensin anti kerak Eco Racing malah jadi sumber kerak?

Mungkin kalau dapat yang palsu atau resepnya nggak sip bisa merusak bagian mesin juga. Mungkin nambah kerak atau bikin karet getas / lumer.

Dan ternyata ada kejadian. Yang mengalami adalah bro Rizal Alhafidz, sales (member MLM) dari Eco Racing. Motor Yamaha Lexi sampai harus turun mesin. Di mesin terlihat sangat berkerak:
Eco Racing Bisa Bikin Fuel Pump Tersumbat, Niat Ngirit malah Jebol Biaya Servis

Padahal ia mengaku pakai eco racing terus menerus selama setahun.

Berikut penampakan valve:

Piston:

Roller dari rocker roller juga oblak, kelihatan nggak bundar lagi ya?

Sebenarnya terlihat ada bagian yang bersih juga di valve. Kelihatan seperti oli mesin nggak kompatibel dengan eco racingnya. Entah apakah sudah diteliti reaksi eco racing dengan oli mesin atau tidak.

Namun ada juga yang laporan pompa bensin juga rusak.

Mungkin eco racing nggak kompatibel dengan pertalite? Pertalite itu menurut penulis bensin paling nggak bersahabat dengan keawetan mesin. Pernah ada mekanik bengkel yang komen pertalite bikin busi jadi hitam. Mungkin komplikasi juga.

 

Lewat facebook disebutkan bahwa bro Rizal Alhafidz sudah pakai yang asli:

Sebenarnya yg sya permasalahin bukan uji lab ny.. yg sya permasalahin sya beli nya di agen resmi dn di rekomendasiin sama upline sya.. klw itu barang palsu sya jg gx tau, klw itu asli sya juga gx tau, karna kemasan ny sama semua, kecuali yg eco mobil sya masih punya 3 kotak.. sya dh tunjukin sma upline sya, emang ada yg beda kemasan ny, yg dua tulisan ny eco racing ny agak kecil yg satu tulisan ny besar2.

Ia ingin bisa dijelaskan sama Eco Racing:

justru sya ingin ada pihak dari eco racing datang ke saya.. sya mau usut agen resmi yg sya pernah RO sama belau. Klw memang ada kesepakatan sya akan hapus postingan ini.

Klaim dari Eco Racing salah satunya adalah membersihkan kerak:
Apa Manfaat Eco Racing??

Manfaat Eco Racing :
● Melindungi Mesin (Nano Tekh)
● Menghemat BBM 30-50%
● Menambah Octane (5-10 RON)
● Menghilangkan knocking
● Membersihkan kerak2 mesin
● Meningkatkan tenaga
● Meningkatkan akselerasi
● Memperpanjang usia mesin
● Menghemat biaya perawatan.

Cara kerja Eco Racing dijelaskan sebagai berikut:

Eco Racing menggunakan Nano technologi dan berbahan organik. Dia bekerja tidak langsung membuat irit BBM. Tapi dia melunturkan kerak kerak melalui udara pembuangan. Menutup pori pori Blok mesin yang terkikis akibat kinerja piston yang tidak stabil. Selain itu, eco racing membuat lapisan flin di blok mesin dan piston. Ini adalah rekayasa eco racing supaya mesin terlindungi. Jika dibuka, seakan ada lapisan plastik pada piston, ring dan blok mesin bagian dalam. Makamesin akan menjadi awet dan tahan lama.

Konsep kerja eco racing adalah menaikkan oktan Bahan Bakar Minyak itu sendiri. Dengan demikian sistem pembakaran dalam mesin semakin sempurna, karena pembakaran makin sempurna dan BBM habis terbakar tanpa meninggalkan sisa-sisa BBM pada ruang bakar.

Pemakaian jangka panjang disebutkan sebagai berikut:

Bagaimana Jika Digunakan Untuk Jangka Panjang

Dont worry.
Eco racing sudah lulus uji bahkan dapat izin penjualan resmi dari badan peneliti internasional
apakah anda meragukan pertalite pertamax dan premium Yg juga di uji dari sana….???
So… jika eco racing tidak efesien tentunya tidak dapat izin pemasaran.
Produk sejenis dari USA dan Taiwan yg saat ini beredar tidak mendapat ijin layak jual dari LEMIGAS R.I dan PETROLAB. Karena masih mengandung Zn (Seng) dan Pb ( Timbal) yang berakibat pada buruknya mesin dan menambah polusi udara.

Eco racing full Organik, ramah terhadap lingkungan dan yang pasti made in anak negeri.

Izin edar dari badan peneliti BBM Nasional
Layak jual. Tidak menimbulkan kerusakan pada mesin, indikator dan saluran pembakaran.
Hasil uji emisi menunjukan peningkatan O2 dan memgurangi bahan berbaya hasil pembakaran spt CO, CO2, dan hidro carbon CO

Artinya betul-betul bahan pembentuk eco racing organik.
Jika tidak sengaja tertelan, tidak menimbulkan dampak apapun

Disebutkan bahwa eco racing sudah mendapatkan ijin layak jual dari Petrolab. Namun ternyata ada laporan yang isinya sama persis, dibagikan oleh Herman Shafat:
Sinergy Eco Racing money game. Kenapa?

klik untuk memperbesar

Petrolab sendiri melakukan bantahan dan bahkan meminta Eco Racing tidak lagi mencatut nama Petrolab pada website atau pemasarannya, disharing oleh bro Robert Bryson Hall:

Intinya Petrolab tidak memberikan rekomendasi atau ijin ataupun pernyataan lulus uji untuk eco racing.

 

Selain dari soal barangnya, cara pemasaran juga dipermasalahkan. Cara pemasaran dengan cara MLM diduga sebagai money game. Pada artikel tersebut juga dibahas bahwa Eco Racing tidak punya SIUPL. Hal yang disebut penting untuk melakukan bisnis MLM di Indonesia.

Banyak yang berkomentar bahwa Eco Racing sudah punya SIUP. Namun di facebook disebutkan sebagai berikut:

Jelas bahwa SIUP itu berbeda dengan SIUPL. Dan pada saat itu Eco Racing belum punya SIUPL. Di website resminya juga sekarang ini masih belum dicantumkan:
Legalitas Perusahaan

Karena tidak adanya SIUPL itu, Eco Racing jadi salah satu bisnis yang masuk daftar waspada:
Siaran Pers: Satgas Waspada Investasi Menyampaikan Imbauan kepada Masyarakat untuk Mewaspadai 6 Entitas, Siaran Pers SWI FINAL DHMS.PDF

Update:
sekarang sudah dapat ijin dari info 7 Oktober 2019:
SIARAN PERS: SATGAS WASPADA INVESTASI TINDAK 133 FINTECH PEER-TO-PEER LENDING, 22 GADAI SWASTA DAN 27 ENTITAS PENAWARAN INVESTASI TANPA IZIN

PT Bandung Eco Sinergi Teknologi (PT BEST/ Eco Racing) telah memperoleh izin untuk melakukan kegiatan penjualan produk dengan sistem multi level marketing.

 

Eco racing mendapat sertifikasi halal MUI (bukan nasional). Sertifikasi ditujukan pada pola bisnis / pemasaran secara MLMnya, bukan untuk produknya:

Untuk produknya tidak tahu apa fatwanya.

 

Untuk efeknya, menurut penulis sangat memungkinkan bila suatu aditif tersebut bisa meningkatkan performa atau keiritan. Hasil ini seperti kombinasi penggunaan aditif oli nano dan aditif minyak atsiri. Namun harus diingat bahwa menambah performa itu kadang ada efek sampingnya. Di artikel ini bukan efek positifnya yang dipertanyakan, tapi efek negatif.

Bahasan Nano energizer:
Fakta ilmiah seputar nano energizer atau ZrO2, aditif anti wear yang malah nggak bagus bila terlalu banyak

Beda dari nano energizer dan eco racing adalah warna lapisan. Punya nano energizer hitam, punya eco racing putih. Dari penelitian (dibahas di artikel tersebut) disimpulkan bahwa penggunaan aditif semacam nano energizer bisa membuat permukaan lebih halus, mengurangi hambatan, namun juga meningkatkan keausan. Nano Energizer sendiri tidak dipakai terus menerus. Peningkatan irit sebesar sekitar 20%.

Bahasan minyak atsiri:
Walau mungkin bisa tidak merusak mesin, pakai aditif tetap rugi bro

Efek dari minyak atsiri bisa sampai 45% lebih irit:

Minyak atsiri itu contohnya adalah minyak terpentin, minyak cengkeh, minyak kayu putih atau minyak sereh. Semuanya tentu nabati 100%. Ada yang aman dimakan juga.

 

Banyak yang menganggap eco racing itu ramah lingkungan berdasarkan fakta bahwa eco racing aman untuk dimakan.

Apa itu benar?

Tidak. Yang 100% nabati dan 100% aman dimakan belum tentu 100% aman setelah dibakar. Contohnya adalah cengkeh. Kebetulan cengkeh disebutkan bisa punya efek bikin kendaraan irit juga.

Manfaat kesehatan dari cengkeh:
15 Manfaat Cengkeh bagi Kesehatan (No. 9 Khusus untuk Pria)

Bahaya dari cengkeh:
Rokok Kretek dan Filter, Mana yang Lebih Berbahaya?

“Semua jenis rokok itu berbahaya, tapi kretek lebih berbahaya lagi. Rokok jenis ini diberi spice atau cengkeh yang mengandung minyak atsiri. Kandungan di dalam minyak inilah yang dapat memicu timbulnya sel kanker jika dihisap secara terus-menerus,” ujar Dr. dr. Sita Andarini, di kawasan Jakarta Pusat, Kamis (28/2/2019).

Seharusnya eco racing perlu diuji lab dengan dibakar.

Untuk yang masih tetap ingin terus pakai eco racing, penulis sarankan untuk tidak pakai pertalite. Pilih premium atau pertamax, atau campuran antara premium dan pertamax. Kalau dua duanya nggak ada, mending jangan pakai eco racing. Mungkin eco racingnya aman, tapi pertalite harus diragukan.

Penulis walau sudah pakai pro capacitor di selang bensin dan minyak goreng sebagai aditif oli mesin, malas banget pakai pertalite. Terasa tenaga anjlok drastis. Ada sesuatu di pertalite yang susah terbakar.

Perbandingan harga (asumsi per pil eco racing 5 ribu rupiah):
-Premium = 7000
-Pertalite = 7650
-Pertalite+eco racing = 8900
-Pertamax = 9850

 

Perlu diuji reaksi eco racing dicampur oli mesin misal yamalube, juga dilihat perbedaan antara dicampur pertalite dan pertamax. Perlu dicoba diuji bakar, sebaiknya jangan dicium sendiri karena bisa jadi sangat beracun begitu sudah terbakar.

Penulis baca di Eco Racing itu dipasarkan dengan cara agamis juga. Mungkin nanti ada yang nyemprot penulis mengapa kok menjelek jelekkan produk, dibilang nggak berkah dll. Harus diingat bahwa produk yang nggak sesuai janji itu tidak halal. Produk yang ditutupi cacatnya itu tidak halal. Yang sesuai dengan apa adanya itu yang berkah.

Baca juga:
Info dan analisa cara kerja eco racing, serta membedakan antara yang asli dan yang palsu
Heboh aditif bensin anti kerak Eco Racing malah jadi sumber kerak, hasil ujinya bohongan?

88 respons untuk ‘Heboh aditif bensin anti kerak Eco Racing malah jadi sumber kerak, hasil ujinya bohongan?

  1. Untung blom beli sempet penasaran sih tapi saya urungkan saya lagi mencoba oli samping di soul gt 2013 efeknya apa. Full tank saya kasih 1 tutup oli samping merk gasoli.

    Suka

  2. “produk yang nggak sesuai janji itu tidak halal. Produk yang ditutupi cacatnya itu tidak halal. Yang sesuai dengan apa adanya itu yang berkah.”

    Quote of the day.
    But maybe somebody or anyone out there think . . .

    “saya tidak terima kalau yang dipojokkan salah satu brand perihal kelemahannya, maka brand lain harus dibahas juga kelemahannya biar fair enough”

    tapi yaahhh. . . ,

    #abaikansaja
    #skipsaja
    #gausahdigagas

    Suka

    • Harus membahas produk kompetitor (saat membahas cacat suatu produk) itu mungkin bermula dari anggapan bila cacat dibeberkan itu bakal mematikan rejeki penjualnya. Menurut saya dengan diinformasikannya cacat produk justru akan membuka rejeki / berkah penjualnya.

      Namun memang sebaiknya membahas juga produk kompetitor. Bukan untuk menguntungkan penjual yang dibuka cacatnya sekarang tapi tetap untuk konsumen.

      Kalau untuk produk seperti ini, rasanya kompetitor pun bakal punya kelemahan yang sama. Klaim berlebihan dan efek samping tidak diketahui. Yang lebih repot lagi masyarakat itu cenderung hanya menilai dari oktan, padahal pada bensin ada juga yang namanya kandungan energi.

      Disukai oleh 1 orang

  3. Top One juga pernah bikin produk Pil ginian, bungkusnya macam obat kapletan gitu, tapi dulu sekali, harganya 5 ribu rupiah per pil, dimasukin tangki katanya bisa nambah Oktan dan bikin pembakaran jadi sempurna, tapi tidak disebutkan brapa kenaikan bilangan oktannya.

    Suka

  4. kalo cuman mo irit, sebenarnya ada alat tambahan mudah
    yaitu sediakan / pasang 1 tabung kecil di antara fuel tank ke input menuju fuel injector / karburator
    di tabung tersebut, beri pelat yang tersambung dengan bagian paling panas pada motor. Misalnya leher knalpot
    Tujuannya bensin akan terpanaskan melalui hantaran panas, sehingga saat di kabutkan ke mesin, lebih bisa mendekati ke fase gas.

    atau sekalian pasang fuel vaporizer aja. Tapi, dengan settingan tepat, justru akan bisa lebih di dapat pada mesin karburator. karena bisa di setting irit. Kalau pada mesin injeksi, mungkin harus membuat riset dalam hal memperkecil/mengurangi lubang injektor.

    Suka

    • Iya. Bahkan ada yang jualan juga. Namun perlu diingat juga bahwa bensin juga menghasilkan kerak, terutama bila dipanasi. buktinya carbon cleaner disarankan untuk membersihkan injector.

      Suka

      • bukannya kerak itu efek dari pembakaran yg gak sempurna? Kalo BBM yg masuk ke RB sudah bentuk fase gas, harusnya bisa efisien. Dan jelaga yg dihasilkan bisa jauh lebih kecil.

        Suka

        • Kerak di saluran bahan bakar bisa dari sebab lain. Biasanya karena kandungan air. pertalite dan pertamax ada kemungkinan mengandung ethanol juga, yang bisa jadi sumber endapan.

          Kalau kerak di ruang bakar bisa karena oli juga. Oli mengalir dari permukaan dinding silinder yang terlumasi. Juga dari valve.

          Pewarna bensin juga bisa jadi salah satu penyebab endapan.

          Suka

  5. Namanya juga additive alias suplemen, sama aja seperti makanan/minuman suplemen buat manusia memang ada manfaatnya, tapi kalau terlalu berlebihan juga malah kurang baik untuk kesehatan karena berpotensi merusak organ tubuh.

    Suka

  6. skrng ane jg engga pake pil ky gitu, klo ane mah merk gri**on, pernah engga d pake lama sekitar 1 mingguan, motor langsung susah starter na, trs sekalinya jalan agak brebet. pas ane ganti full Pertamax sampai sekarang engga masalah klo jarang d pake. padahal takaran 1/8 pil buat 6 liter malah.

    Suka

        • kalau pertamax plus masih ada ya pertamax plus. tapi belum tentu butuh oktan tinggi. tinggal lihat perilaku mesin, ada ngelitik tidak. Karena kalau tidak ngelitik mending yang oktan rendah karena kandungan energi cenderung lebih tinggi.

          Atau bisa dikatrol. Kalau cara tempel bisa pakai magnet hitam, cemenite atau pro capacitor.

          Suka

  7. Maaf untuk contoh seperti rokok yg pakai cengkeh itu sebenarnya masih diperdebatkan kebenarannya,karena hasil penelitian aja dari pihak luar yg notabene negara produsen rokok putih/tanpa cengkeh..

    Suka

  8. Motor saya sudah setahun setengah pakai ECO RACING aman2 ajah. Ga da kerak dan tarikan tetap enteng plus Irit. Yg kasih tertimoni baik ribuan kali lebih banyak dari yg begini. Oya utk SIUPL sdh di kantongi PT BEST tauuu..

    Suka

    • ok, terima kasih sharingnya. Memang kalau pengguna acetone saja komentar positif, aneh bila yang pakai aditif begini tidak bilang ada peningkatan tenaga atau irit.

      SIUPL tercantum dimana? Kalau sudah, mengapa kok website resmi tidak mencantumkan?

      Suka

      • SIUPL Eco Racing sepertinya memang sudah terbit, karena sudah ada rekomendasi dari AP2LI, di mana Febrian menjabat sebagai Ketua Bidang Organiaasi dan Keanggotaandi sana. Hanya saja mengenai artikel di atas, itu memang benar adanya. Sebagai user saya mengakui, Eco Racing yg beredar sekarang kualitasnya sudah jauh menurun dibandingkan saat mereka awal launching. Untuk teman-teman yg masih aktif di Eco Racing, sy sarankan untuk mulai menggeser promosinya ke Eco Farming dan Eco Beauty, karena dengan kualitas Eco Racing seperti sekarang, sy khawatir makin banyak motor dan mobil yang jadi korban. Kecuali kalau kualitasnya bisa dikembalikan seperti semula seperti saat awal launching.

        Suka

  9. Anehnya di.kendaraan saya dan di keluarga saya dan juga banyak lagi yg sdh coba dari saya, kendaraannya baik baik saja. Bahkan sdh ke bengkel resmi juga utk diservis mekanik servisnya bilang semua komponen ok. Nah timbul pertanyaan, kl misal dari 1000 orang yg sdh pakai, trus bermasalah di 1-2 orang
    Apakah layak utk menimpakan kesalahan nya ke Eco Racing kl mmg produk ini penyebebanya?
    Dan apakah mmg penyebabnya murni krn produk ini? Dan bukan krn kesalahan pengguna, misal oli habis dibiarkan, oli dari mesin bocor sehingga komponen komponennya jadi rusak, dsb.
    Jd apa yg disampaikan oleh ybs juga harus dibuktikan.
    Krn dari sekian banyak yg sdh beli dan coba di saya hasilnya adalah kebalikan dari yg disampaikan di sini.
    Semoga bisa menjadi bahan pemikiran sebelum melakukan penghakiman thd Eco Racing ini.
    Terima kasih.

    Suka

    • ok. Yang jelas untuk kasus tersebut fungsi anti keraknya nggak fungsi.

      Namun untuk fakta selain itu, masih perlu dipertanyakan.

      Dan yang paling penting adalah, bila mau beli yang orisinil, beli dimana? Karena yang jadi anggota saja ada yang berkomentar dapat yang palsu.

      Suka

    • Ini obyektif banget saya juga merasakan dalam 1 tahun ini pakai ECO racing motor…setuju..
      yang buat artikel subjektif banget…ada muatan apa ya…sepihak tidak bisa dijadikan patokan sandaran,,, itukan cuma saran pendapat nya saja, yang positif kemanfaatan nya dilupakan, padahal di member ECO Racing banyak Aparatur Negara loh, perusahaan perusahaan BUMN dan swasta sekelas nasional dan internasional, semua sudah banyak merasakan kemanfaatanya..kalau tipu tipu sudah tutup dari dulu kang…
      Sorry masukan saja, peace, Salam damai✌️

      Suka

      • Terserah. Saya sudah coba di tiga motor yang bensinnya pertalite dan premium hasilnya mengecewakan semua. Dan saya nggak coba sekali saja, lebih dari 8 kali. Saya bolak balik ON (pakai) dan OFF (tidak pakai) dalam membandingkan.

        Kalau tujuannya mau jualan MLM, mending coba juga produk MLM lain secara pribadi, daripada kecewa waktu ketemu konsumen dan ternyata konsumen merasa produk sebelah lebih bagus.

        Busi putih kendaraan injeksi itu NORMAL.

        Suka

  10. Dari awal memang tidak tertarik, waktu d awal munculnya ecoracing udah datang kawan untuk ngajak join, dan mobil kita disuruh pakek itu produk, aku sih nolak, kenapa ??… Ya sama seperti analisa yg penulis buat, aku coba baca beberapa artikel, dan logika ku menolak, malah yg aku lihat disini yg dicari bukan kualitas produk dari pelaku bisnisnya, tp hanya bonus yg menggiurkan, bagiku mau uang ya kerja yg real lah, MLM cuma buat kaya yg diatas, yg dibawah menjerit..

    Suka

    • terima kasih sharingnya. Iya, dari pola bisnisnya, Yang dapat bonus terutama dari elitnya. Bonus lebih ditujukan untuk memacu orang mengembangkan jaringan, dengan bonus terbesar dinikmati oleh yang elit / bisa mengundang banyak orang. Untuk yang biasa agak berat. Dengan bayar pertama 1,5 juta menurut ecoracing.net, kita dapat 400 butir eco racing (motor?). 400 butir mungkin bisa 3 tahun kalau dipakai sendiri.

      Suka

  11. Dulu pernah pakai eco racing dan hampir saja jadi downline nya juga. Karena saya analisa cukup mahal ketemu per liternya (karena mungkin pakai sistem MLM ini ya). Akhirnya saya tetap pakai product lama yg sudah saya pakai hingga kini selama 2 tahun lebih. bentuknya cair / spray. dengan perbanding 0.1 ml (1 spray) untuk 3-4 liter premium. Hasilnya sangat terasa banget. saat service berkala, avanza saya ruang bakar di cek bersih, busi juga pembakaran bagus/bersih gak ada kerak.
    Semoga product “Power Screamer” ini tetap bagus selamanya saya pakai…

    Suka

    • Sip, iya. kalau yang sekarang sudah ok, tidak perlu coba coba. Saya sendiri cukup dengan pro capacitor untuk upgrade premium jadi lebih dari pertamax.

      Masih untung bila ada premium. Sekarang ini perhitungan biaya untuk aditif tidak bisa dengan acuan premium lagi karena sudah langka. Repotnya kualitas pertalite itu jauh di bawah pertamax. Untuk dapat tenaga dari pertalite bakal lebih susah.

      Suka

  12. Yang saya tidak mengerti statusnya Rizal alhafizd menyebutkan kalau motornya baru berusia 11 bulan dan ia mengaku sudah pake ecoracing setahun . Ko bisa ya usia motor 11 bulan pake nya dah setahun?? Apa tuh motor sebelum d beli sama dia d kasih ecoracing dulu sebulan trs baru d beli gitu?? Pusing dah pala berbi 😁 hati hati menjelekkan suatu perusahaan . Harusnya bnr bnr d cek apakah sdr Rizal ini rawat motor nya apa ngga?

    Suka

    • 11 bulan termasuk setahun juga kalau dibulatkan.

      Kalau dari klaim, bukankah eco racing itu spesialisasi untuk motor tidak terawat? Kan banyak yang pakai contoh motor berasap?

      Kalau klaimnya benar, maka motor yang keraknya sangat parah sekalipun bisa jadi bersih karena eco racing. ada contoh yang bilang kotoran di kendaraan keluar semua.

      Kesannya mesin berkerak akan jadi bersih setelah pakai eco racing. apa video itu bohong?

      Suka

      • kalau untuk menghilangkan kerak di silinder ane dah pernah paka ABS cleaner cairan yg di masukan ke busi setelah mesin di panaskan. ini lebih joss..kerak jadi larut sewaktu carian di tarik setelah didiamkan 15 menit..
        motor yg tadi nya brebet langsang gak normal setelah pakai jadi normal kembali.
        untuk bensin ane pakai Cleanoz.. 3 tetes untuk 1 L pertalite. langsung brasa enteng tarikannya.

        Suka

  13. Saya rasa blm ada produk serupa yg sebooming eco racing..malahan setau saya ecoracing udah sampe ke berbagai negara.
    Memang susah produk anak bangsa, sebagus apapun, sllu berbagai cara kompetitor mnjatuhkan. Byk orang2 hebat indonesia…bisa buat psawat sndiri…tp ttp saja kembang kempis…pnemu mobil listrtik…K.O juga….pnemu kmpor…pnmu 4G, terapi kanker…dll….sll dtnggelamkan di negeri sndiri. & akhirnya kmampuannya diambil ngara lain. Kita lihat aja nnti…sperti apa ecoracing mampu bertahan. Jujur, saya hanya konsumen. 1 tahun lebih..apa yg tertera di brosur, sejauh ini saya rasakan manfaatnya. Saya pk di smua kndaraan yg ada di rumah. N memang benar irit..tarikan enteng…gk prnah ada msalah. Setahun lebih… Anak…istri… Smua pake. Mobil, motor, gk ada msalah. Tp gk tau juga kl ada yg sampai rusak seperti yg dimuat di sini. Motif n kebenaran tulisan admin juga gk jelas. Gak tau jUga udah prnah pakai sndiri…atau uji sndiri dgn benar atau gk. Gk tau juga orang yg ngaku pake eco racing setahun katanya motor rusak berat itu benar2 pake atau gk…atau bisa jadi juga itu desain kompetitor…sbab apa ada yg tau di benar2 pake eco racing? Saya udah 1 tahun lebih lo..pake. Baik2 n benar2 bagus. N kndaraan gk prnah ada masalah. Jdi utk smntara…analisa saya tntang tulisan ini..mngkin bisa jadi adalah kompetitor….tpi kl bukan…gk ttau juga maksudnya apa…sampe bahasannya sebegini. ..heheheh. Sbab kl emang benar. Knapa gak seviral manfaat ecoracing ya? Coba buat tulisan di media massa….atau buat laporan produk penipuan. Kan beres.😁

    Suka

    • Perlu diketahui bahwa saya sudah banyak membuat artikel cara membuat motor atau mobil jadi irit, termasuk juga pakai cara aditif bensin. Beberapa artikel dikumpulkan linknya di halaman berikut:
      DIY penambah tenaga/irit

      Motor bisa menjadi irit karena pakai aditif menurut saya merupakan hal yang sangat wajar. Tapi kelemahan dari cara tersebut juga perlu dibahas, jangan cuma cari postitifnya.

      yang terutama saya tidak setuju adalah cara pemasaran eco racing. Baik dari klaim yang berlebihan (kebanyakan orang tidak bisa merasakan klaim tersebut). Juga dari cara demonstrasinya:
      Uji aditif eco racing pakai dimakan, pakai air dan dikuras olinya itu menipu konsumen

      Untuk bahasan artikel ini, Misalnya kita abaikan soal mesin rusak atau tidak, di foto terlihat piston ada keraknya. Padahal klaim eco racing adalah bisa membersihkan kerak. Mesin yang bensinnya ada eco racingnya harusnya bersih dong pistonnya. Harusnya dipelajari.

      Contohnya adalah penghentian penggunaan aditif yang sangat efektif dan baik untuk mesin TEL. Alasannya karena alasan kesehatan:
      Indonesia Tak Gunakan Timbal Lagi Dalam BBM

      Pertamina sudah melaporkan kepada kami bahwa mereka sudah tidak produksi lagi bensin pakai timbal, karena bila tetap dengan timbal dampaknya akan merusak otak terutama pada anak kecil,

      Perhatikan bahwa yang jadi pertimbangan bukan soal kendaraan masih ok atau tidak.

      Selain itu cara menunjukkan kehebatan dari eco racing juga banyak yang menipu. Ada sebuah video yang menunjukkan busi atau ruang mesin yang bersih saat di carbon clean, padahal hasilnya dibilang nggak beda dari mobil lain pada umumnya tapi ngeyel saja bilang berkat eco racing mesin jadi bersih. Sayang videonya nggak nemu. Kalau mesin bersih, harusnya kan sudah tidak perlu carbon clean lagi?

      Kebersihan throttle body atau saluran udara atau injector mestinya tergantung kemampuan filter udara, bukan tergantung pemakaian eco racing. Tapi di video berikut diberi judul membersihkan mesin. Ini contoh promosi menipu:

      Yang berikut juga sama:

      Yang berikut juga menipu, disebut busi jadi lebih bersih karena eco racing:

      Padahal kalau mesin normal ya harusnya memang begitu itu, nggak ada keraknya, perhatikan yang tengah (good), putih kan warna businya?

      Suka

  14. Mas Rizal sbg penulis postingan ini apakah sdh pernah menyampaikan keluhan ini ke PT BEST sblm menyebarkan postingan ini?
    Sebaiknya sblm menyebarkan postingan ini Mas Rizal bisa tabayun/menyampaikan keluhan ini ke PT BEST agar bisa sama2 dianalisa dan dibuktikan apakah Eco Racing benar2 menimbulkan kerak,
    Jgn sampe postingan ini malah menimbulkan fitnah yg bisa merugikan semua pihak,
    Mohon jawabannya dari pertanyaan saya ini,
    Terima kasih.

    Suka

      • Apa ada unsur negatif nya saat menngunakan Eco pak.. Saya pengguna umur sepeda saya ini hampir 13 bulan penggunaan eco hampir 3 bulan ..pas 3 bulan berlalu saya tes lagi saat pakai eco tenaga semakin berkurang saya coba sampai bensin habis setelah habis saya gak pakai eco tapi ada perubhan sedikit mesin mulai normal..dalam sisi negatifnya eco yg suda di sampaikan penulis apa benar..pak…klw ya saya buang aja econya pak klw saya merasa ini merugikan

        Suka

          • Bener pak untuk mesin yg masih normal pun tenaga bisa berkurang..dari artikel bapak ..yg sudah saya baca berkali2 ..ada pertanyaan yg saya ajukan untuk agen2 Eco ..tapi mereka pun tak bisa berkata2 apa2..saya juga merasa di rugikan krn hoax karena gak ada efek sampingnya..tapi alhamdulilah berkat artikel dari bapak sucahyoaji saya bisa tau dampak negatif dari eco racing..terimaksih banyak..🙏

            Suka

          • Dari detik vom ..kok beda yA

            SIUPL yang dilampirkan tertera tanggal pengesahannya pada 24 Mei 2019. Isinya ada 11 produk yang diberikan izin.

            Ketua Tim Satgas Waspada Investasi, Tongam Lumban Tobing pun membenarkan hal itu. BEST tak lagi masuk daftar hitam lantaran sudah berizin.

            “Sudah dapat izin SIUPL dari Kemendag,” ujarnya kepada detikcom, Kamis (14/11/2019).

            Meski begitu Tongam menegaskan, bahwa Satgas Waspada Investasi dan Kementerian Perdagangan akan terus mengawasi kegiatan BEST.

            Suka

            • kalau dari detik.com, mulai mei:
              Tak Lagi Masuk Daftar Investasi Ilegal, Benarkah Eco Racing Berizin?

              BEST sempat masuk dalam daftar entitas yang tidak memiliki izin usaha pemasaran produk dan penawaran investasi oleh Satgas Waspada Investasi pada 2018 lalu. Namun pada Oktober 2019 Satgas Waspada Investasi mengumumkan entitas tersebut telah mendapatkan izin usaha.

              SIUPL yang dilampirkan tertera tanggal pengesahannya pada 24 Mei 2019. Isinya ada 11 produk yang diberikan izin. Ketua Tim Satgas Waspada Investasi, Tongam Lumban Tobing pun membenarkan hal itu. BEST tak lagi masuk daftar hitam lantaran sudah berizin. “Sudah dapat izin SIUPL dari Kemendag,” ujarnya kepada detikcom, Kamis (14/11/2019).

              Surat Izin Usaha Penjualan Langsung (SIUPL) Nomor Sertifikat : 33/SIPT/SIUPL/05/2019

              Jadi memang benar eco racing pernah berjalan tanpa ijin resmi. Dan sempat berhenti setelah mendapatkan teguran

              Suka

            • Makasih sheringnya ..sebagian jawabn sudah saya temukan dari komentar2 ..( tak semua agen eco tau krn mereka sibuk mencari member ) tapi saat di cerca pertanyaaan positif mereka berpaling tanyakan pada agen yg anda ikuti … Itu jawabn agen2 eco..maksih banyak ..sharingnya pak

              Suka

            • Dan ada satu lagi pak Sucahyoaji yg bikin saya greget dari agen2 eco..tapi gk mereka jwb ..kenapf penjualan tdk di bolekan melalui Google Bisnis…? Yg bikin sYa bertanya2 ..klw memang sudah mendunia ke negara tetangga mestinnya agen kn bebas berjualan di market2 bisnis online ni…tapi apa jwaban Agen eco …! Bila saya berjualan di market Google Bisnis saya akan di blacklis.. Untung saya juga mendapatkan jawabn2 dRi sahabat2 di blog ini…maksi banyak pak ..sharingnya

              Suka

    • katanya pakai kapur barus itu justru lebih sip. Kerak sepertinya terjadinya beda dengan kalau pakai kapurbarus. Terjadinya sepertinya eco racing membuat bensin lebih mudah terurai sehingga bisa meninmbulkan endapan atau air di tangki. Hasil uji Rizqi Khairullah, diposting di MAP

      Suka

    • Saya menggunakan eco racing kira-kira dari lebaran Haji 2019. Saya test dari Jakarta ke kota Metro trus ke Jakarta lewat Labuhan Maringgai baru ngisi bensin. Saya kira BBM jadi irit banget. Saya menggunakan Avanza 1300cc 2013 dengan penumpang full.

      Yang ke 2 saya coba touring ke Lampung, kl touring kan biasanya ngisi bensin bareng. Temen sempet liat speedometer saya, ko bensi lu masih banyak. Saya sih diem aja kl saya pake ecoracing. Saya menggunakan Motor Suzuki Skywave 125cc.

      Pada intinya saya belum menemukan Keluhan dari Eco Racing

      Suka

      • Ok. terima kasih sharingnya. Bensin pakai apa?

        Itu eco racing yang cair, tablet yang warna hijau cerah atau tablet yang warna hijau gelap?

        Sudah pernah coba bandingkan dengan kapur barus?

        Suka

  15. Iya gan soalnya ECO racing kan bentuknya padat lama2 menumpuk itu yang bikin residu sehingga menjadi kerak kalo produk ECO magic beda ini berbentuk cairan kerak langsung lontrok kalo ngk dicoba dulu mana tau gan

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.