Jangan beli part pengganti dalaman skok belakang, rugi


Penulis lihat ada video yang menunjukkan jeleknya pengganti bagian shockbreaker dari suspensi belakang. Barangnya seperti berikut ini:

Harga antara 40 ribu hingga 90 ribu rupiah, tergantung nasib.

Di video ditunjukkan bagaimana saat dimainkan terasa seperti ada udara di dalamnya, seperti bila olinya kurang:

Disebut yang seperti itu bisa bikin suspensi jedak jeduk. Dan uniknya, di lapak yang jualan, ada yang bilang seperti itu juga:

Memang ada yang bilang punya yang lebih bagus:

shockbreaker motor supra, jupiter, smash, sup 125, grand, vega r, alva, f1z, shog 110, atau yg lainnya bocor atau mati, yg rusak cuma hidroliknya saja per lama bisa dipakai lagi, hati2 bila beli produk sokbeker yg murah krn biasanya tidak ada olinya ,kami menyediakan suspensi/hidrolik yg berkualitas bagus, harga jual per 2biji atau sepasang, yg saya jual disini produk yg bagus.

lebih ekonomis dan tak kalah dengan produk aslinya, hati hati dengan shockbreaker blk murahan di pasaran karena biasanya hanya diredam pakai karet dan tanpa oli jadi akan cepat rusak lagi

Ada beberapa poin:

  • yang kualitas bagus ada olinya
  • awet tahan lama
  • tidak kalah dengan produk aslinya

Yang harus diingat itu adalah kenyamanan suspensi tidak ditentukan hanya dari kualitas pengerjaannya saja. Dari sisi desain juga penting. Kualitas pengerjaan dan material yang dipergunakan pakai yang terbaik nggak menjamin suspensinya nyaman.

Memang kalau olinya nggak ada atau kurang itu akan bikin suspensi nggak nyaman. Akan terasa seperti soak atau jadi jedak jeduk. Tapi olinya pas pun bisa tetap tidak nyaman.

Disebut bahwa kenyamanan tidak kalah dengan produk aslinya. Tapi suspensi aslinya motor matik itu jarang banget ada yang nyaman. Disebut tidak kalah itu artinya nggak akan lebih nyaman dari suspensi aslinya. Padahal yang asli sebenarnya tidak nyaman. Walau mungkin terkesan murah, tapi rugi karena sama sama nggak nyaman.

Penulis sendiri sudah pernah merasakan ganti komponen dalaman punya Honda Beat. Total habis 100 ribu untuk ganti. Penulis merasa sangat rugi karena memang iya motor nggak lagi mantul mantul, tapi suspensi jadi lebih pendek. Motor yang aslinya mudah mentok polisi tidur, jadi makin mentok lagi. Makin lebih parah lagi karena part pengganti punya hambatan rebound yang kuat sementara itu hambatan kompresi nggak ada. Jadinya begitu lewat jalan tidak rata, suspensi makin lama makin memendek dan hasilnya nggak nyaman karena suspensi jadi mentok.

Nggak bisa menyalahkan karena sifat seperti itu nggak beda dengan suspensi aftermarket yang OEMnya pabrikan, merek Kayaba:
Review Shockbreaker Kayaba Zeto Z. MANTAF BRO!

Mantaf Soul!…hampir tidak ditemukan gejala mentog kehabisan jarak main ketika menghantam lubang. Tapi ketika ketemu aspal gelombang malah kadang mentog…hahaha…Soal bantingan lebih keras itu pasti…jangan kuatir, kerasnya gak jahat koq…masih bersahabat

entah mengapa kok disebut pasti lebih keras, karena suspensi aftermarket merek lain justru lebih empuk.

Setelah penulis mencoba suspensi merek DBS, penulis berpendapat daripada beli dalaman suspensi seperti itu, mending beli yang aftermarket. Silahkan cari yang sesuai selera atau kemampuan.

Mungkin memang secara kualitas nggak konsisten. Seperti misalnya olinya kurang, gasnya kurang, mur dalam kurang rapat, dst. Tapi dari per biasanya lebih baik (selain merek V-Rossi, Kayaba / Showa).

Kalau mau yang lebih aman, beli jangan yang pakai tabung.

3 respons untuk ‘Jangan beli part pengganti dalaman skok belakang, rugi

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.