Mengapa kok kandungan lokal motor listrik GESITS makin lama justru makin menurun?


Mungkin ini bisa jadi jawaban mengapa jadwal produksi motor GESITS kok selalu molor.
Apa Kabar Skuter Listrik Gesits?

Di bulan Juni 2018, kandungan lokal dari GESITS itu dibilang sekitar 95%:
Seberapa Nasional Kandungan Lokal Gesits?

“Konten lokal Gesits sampai saat ini masih jadi perdebatan. Jika dihitung dari proses pengembangan, kandungan lokal Gesits sudah mencapai 95 persen,” jelas Harun Sjech, CEO GTI di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Aneh juga karena komponen yang bukan lokal itu salah satunya adalah suspensi. Diklaim Indonesia nggak bisa buat suspensi:

Tidak ada suplier dalam negeri yang bisa membuat shockbreaker. Ada merek Jepang dan kita pilih merek dari Cina.

Mungkin yang tepat itu bukan nggak bisa tapi nggak becus kali ya? Sehingga mereka memilih merek semacam DBS. Mungkin pengembangnya nggak pernah naik motor Suzuki. Mungkin pula nggak kenal sama YSS DTG, ngertinya YSS G-Plus.

Baterai saat itu pakai buatan Korea dan Cina:

Baterai juga dari Korea Selatan (Samsung) dan Cina

Motor penggerak listrik dan pengendali elektronik buatan Indonesia katanya:

Motor elektrik dan controller kan berkesinambungan, jadi dikerjakan berdua oleh PT LEN yang berkomunikasi dengan PT Pindad di Bandung

Namun kemudian mendadak diomongkan di bulan Desember 2018 bahwa kandungan lokalnya 80%:
Jadi Motor Listrik Nasional, Berapa Kandungan Lokal Gesits?

Menurut CEO GTI Harun Sjech, kandungan lokal skuter listrik Gesits mencapai 80 persen. “TKDN sampai 80 persen dari semua komponen,” ujar Harun

Baterai pakai buatan Jepang:

Gesits masih menggunakan baterai merek Panasonic dari Jepang.

Dan sekarang kabar terakhir, kandungan lokal jadi disebut lebih dari 50%:
Asiknya Konvoi Motor Tanpa Suara Bersama Para Menteri

Lebih lanjut Menhub menuturkan untuk motor listrik seperti Gesits, saat ini juga sudah bisa digunakan oleh masyarakat. STNK, plat dan surat-suratnya sudah lengkap dan bisa diurus. “Jadi ini produk dalam negeri yang membanggakan. konten lokalnya juga sudah di atas 50 persen. Saat ini produksi gesits sudah 50 ribu dalam setahun, dan kita harapkan meningkat dalam beberapa tahun ke depan,” pungkas Menhub

Kalau bangga kan mestinya disebut 80%. Tapi dengan angka segitu berarti kandungan lokal sebenarnya tidak seperti sebelumnya.

Sebagai perbandingan berikut kalau Honda PCX:
Sudah Buatan Dalam Negeri, Berapa Kandungan Lokal di All New Honda PCX ?

“Akan terus ditingkatkan, dulu 90%, kemarin 95% dan sekarang di All New Honda PCX sudah 99% buatan lokal,” ujar Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran AHM.

PCX Electric:
Honda PCX Electric Rakitan Dalam Negeri, Segini Kandungan Lokalnya

Lantas, seberapa besar kandungan lokal (TKDN) yang tersematkan di PCX Electric ini? “Saat ini masih minim, masih di bawah 50 persen lah TKDN-nya,” kata Thomas lagi. “Kalau yang PCX Hybrid itu di atas 90 persen, kalau yang konvensional (PCX 150) itu lebih tinggi 95 sampai 97 persen,” tutupnya.

Ternyata GESITS nggak selokal yang kita kira.

Berkurangnya kandungan lokal ini bisa jadi karena ada kendala produksi. Kan mungkin saja terjadi pabrik speedonya nggak sanggup, pakai lampu depan nggak sanggup, lampu belok nggak sanggup, rangkaian pengendali belum siap, belt, penggerak listrik belum siap. Sehingga akhirnya impor semua. Waktu produksi jadi molor karena harus cari supplier dari luar dulu.

Jadi yang lokal itu mungkin cuma rangka, bodi plastik, jok, velg, ban sama spion. Yang teknologi tinggi harus impor. Suspensi beli online merek DBS 🙂

10 respons untuk ‘Mengapa kok kandungan lokal motor listrik GESITS makin lama justru makin menurun?

  1. Digencet sama supplier mopang, mereka semua ada perjanjian dengan produsen mopang untuk tidak memasok ke produsen lain sehingga gesit kesulitan mencari supplier dalam negeri, prototype gesit kandungan lokalnya bisa tinggi karena beli satuan dipasarsn bebas, tapi begitu produksi masal, supplier tidak bisa bikin kontrak untuk memasok dalam jumlah besar, karena ancaman produsen mopang (diputus kontrak sebagai supplier mopang)

    Suka

  2. […] Dari sisi produksi dijanjikan akan diberi potongan pajak kalau kandungan lokalnya banyak. Padahal kan terbukti GESITS yang produk asli lokal saja nggak mampu mencapai itu. Malah jadi jauh lebih turun dari klaim semula, 95% lokal. Terakhir malah dibilang cuma di atas 50%, hampir mirip dengan PCX Electric: Mengapa kok kandungan lokal motor listrik GESITS makin lama justru makin menurun? […]

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.