Review oli Federal Ultratec 20W50, akhirnya mesin plong dan bebas dari efek samping aditif


Sejak mencoba oli mesin Enduro Matic (sudah dulu), penulis merasa bahwa oli mesin mempunyai cukup banyak efek ke pembakaran. Keyakinan makin bertambah setelah coba oli Kixx 20W50. Makin yakin lagi setelah pindah ke Federal Ultratec 20W50.

Walau sama sama oli mesin dengan kekentalan 20W50, rasa dari oli berbeda. Yang membuat penulis makin makin sensitif adalah karena motor penulis dilengkapi pro capacitor dengan bensin pakai premium. Kombinasi ini membuat suara knalpot jadi mantap. Tapi saat pakai oli tertentu, kadang suara knalpot jadi nggak mantap lagi, seiring dengan tenaga yang berkurang.

Oli Kixx 20W50 yang penulis review sebelumnya terasa seperti oli yang bikin suara knalpot nggak mantap. Nggak cuma akselerasi yang sedikit terhambat karena kekentalan, tapi tenaga mesin seperti nggak keluar. Penulis curiga ini karena oli Kixx mengandung aditif yang menghambat pembakaran.

Dan ternyata memang benar, begitu ganti oli ke Federal 20W50 tenaga mesin keluar lagi. Reaksi ini mestinya nggak beda bila ganti oli ke Mesran Super 20W50. (bisa jadi kedua oli tersebut aslinya sama).

Selanjutnya bisa disimak di video berikut:

Intinya adalah, ada oli yang bisa mengganggu pembakaran dan ada yang bisa membantu pembakaran.

Jadi kalau review oli rasanya perlu membahas soal tenaga tapi bukan dari karena kehambat kekentalan oli. Repot juga sih penilaiannya. Karena kalau di dyno maka kekentalan oli akan juga berpengaruh. Sulit menentukan apakah oli itu membantu atau mengganggu pembakaran.

Berikut bahasan soal pengaruh oli mesin ke pembakaran kalau di MotoGP, bisa dipakai meningkatkan oktan (anti detonation):
MotoGP: Oil burn, flexible aerodynamics, fuel tanks

Iklan

8 respons untuk ‘Review oli Federal Ultratec 20W50, akhirnya mesin plong dan bebas dari efek samping aditif

  1. Sepengalaman saya, kalo pake oli enduro itu pasti ketahuan. Ketahuan dari hawa yang keluar dari knalpot motor (bau khas oli enduro).
    Meskipun dipakai di motor baru dan knalpot tidak berasap.

    Suka

  2. Harganya brapa Om? Murah mana sama Mesran Super 20w-50?

    Saya cari oli yg harganya murah yg dibawah 30 ribu cuma evalube doang tuh tapi kata Om jelek kualitasnya?

    Suka

    • 38 ribu. lebih murah mesran super.

      Evalube runner yang botol hijau itu jelek. Yang evalube pro lumayan, untuk pelumasan cukup baik, cuma nggak suka karena ada aditif extreme pressurenya.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.