Nggak disangka kata motor “bebek” itu bukan bahasa Indonesia, nyatanya dipakai orang India juga


Penulis nggak paham dengan yang satu ini, soal kata bebek nya dari motor bebek.

Penulis nggak tahu asal kata bebek itu darimana. Selama ini penulis pikir itu bahasa Indonesia. Namun jadi kaget juga setelah tahu orang india juga pakai:
TVS Launches Neo NX Bebek in Mali

Bebeks are essentially step-throughs which could be called as more evolved versions of scooters and are very popular in many countries in Asia and Africa. Neo NX gets many features like USB mobile charging port for long distance riding, front and rear carriers for utility and carrying stuff, motorcycle-like 17 inch tyres coupled with longer travel suspension etc.

Apa memang orang india itu dari dulu juga pakai sebutan motor bebek untuk motor semacam TVS Neo?

Atau mungkin yang berikut bisa menjelaskan? dari website resmi TVS
TVS Motor Company launches new TVS NEO NX in Mali, Africa

TVS Motor Company, a reputed manufacturer of two-wheelers and three-wheelers in the world, today launched a new stylish bebek, TVS NEO NX in Mali, Africa. The bebek, manufactured in Jakarta, boasts of a reliable fuel-efficient engine, strong suspension, disc brake, front and rear carriers. The bebek, which is engineered for Africa, boasts of stylish graphics and thoughtful features such as USB mobile port for long distance riding.

Motornya ternyata disebut buatan Jakarta. Jadi kata kata bebeknya juga ikutan diekspor?

Yang agak aneh itu adalah ketika disebut motor bebek merupakan evolusi dari motor skuter:

Bebeks are essentially step-throughs which could be called as more evolved versions of scooters

Perasaan kok terbalik ya? Tapi mungkin terbawa hawanya motor Jepang sih. Motor pertama Honda kan motor bebek (Super Cub 50)?

BTW, sip juga TVS bisa ekspor ke Mali, Afrika.

Pabrik di Indonesia juga sepertinya keren juga, ada pengujian bump:
Prospek Cerah dari Pabrik TVS Motor Company Indonesia

dan uji garam:

Pabrik lain sepertinya nggak punya ya kalau baca baca artikel kunjungan blogger.

6 respons untuk ‘Nggak disangka kata motor “bebek” itu bukan bahasa Indonesia, nyatanya dipakai orang India juga

  1. sepertinya terbawa nama generic dari Indonesia, kalau motor underbone disebut bebek, mungkin kalau mau nyebut cub nanti dituntut sama jepang, jadi disebut aja bebek. Di kamus Hindi sendiri belum nemu kata bebek. Di India sendiri scooter mestinya lebih populer karena sama seperti di Indonesia dulu India juga punya pabrik yang lisensi produk Italy: piaggio yaitu bajaj. Baru setelah itu masuk produk Jepang termasuk motor cub-nya, makanya gak heran kalau bebek disebut evolusi dari scooter. Cuma kata scooter atau skuter di Indonesia sendiri juga aneh karena walau produk skutik populer di kategori stnk dan bpkb sudah tidak ada lagi motor baru yang digolongkan sebagai skuter…bahkan produk-produk piaggio yang dulunya identik dengan sebutan skuter sekarang disebutnya sepeda motor….coba saja cek 😀

    Suka

    • Iya ya, mungkin karena di Indonesia skuter sudah identik dengan Vespa. Di Indonesia skuter lebih sering disebut motor matik. Sementara itu kalau di India itu motorcycle mengacu ke motor laki / sport. Matik disebut scooter.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.