Beda cara menyetel suspensi YSS lokal dengan di Amerika, yang vital di Amerika, dicueki di Indonesia


Penulis berterima kasih kepada bro Kobayogas yang menjelaskan prosedur kalau beli suspensi di YSS (TRD) Pulogadung:
Review Shock YSS Fork Kit dan Gold Series G Series Di Aerox 155 Tipe R, Makin Stabil Tetap Nyaman!

ada itungan penyesuaian antara motor dan rider.. Disitu keunggulan shock yang bisa disetel.. maen maen ke YSS Pulogadung Prof.. [spring rate] Dikasih tau, speknya dijelasin juga .. pas pemasangan ditanya bobot rider, sering boncengan apa sendirian.. itu buat setelan biar pas..tapi ya dikembalikan ke konsumen, maunya lebih empuk apa gimana

Jadi penulis simpulkan (silahkan dikoreksi bila salah) orang datang ke sana di suruh memilih model, terus dipasang kalau sudah yakin. Lalu bakal ditanyai bobot dan kebiasaan berkendara untuk dipakai sebagai dasar setelan.

Nah rupanya cara ini cukup berbeda dengan yang dilakukan di YSS Amerika. Cara mereka seperti berikut ini:
ADJUSTMENT OF YOUR SHOCK ABSORBER

Prior to delivery, the shock was adjusted to your personal requirements (that’s why we needed information from you – for your shock.) The questions asked about your body weight were not based on curiosity, but to determine the load carrying capacity. For determining the spring rate, we asked about the targeted application of your bike (i.e. Touring with or without luggage or pillion, racing or just everyday use).

We then manufactured an individual shock for you, from the information you provided us. We now ask you to note these basic adjustments we have given you, so that you can then fine-tune the shock yourself. You can however, adjust the spring rate with the C-spanner or with the optional hydraulic spring pre-load tensioner. As with most YSS shocks, a hydraulic spring tensioner can be fitted, to make spring tension adjustment child’s play.

Jadi itu ceritanya sebelum konsumen datang sudah ditanya terlebih dahulu (nggak nunggu setelah dipasang) soal berat badan dan kebiasaan berkendara. Data ini kemudian dipakai untuk menentukan spring rate (bukan untuk menyetel suspensi). Lalu sama mereka suspensinya di custom berdasarkan informasi yang diberikan.

Untuk soal setelan, konsumen disuruh nyetel sendiri (nggak disetelkan):

Itu kata tebal yang paling bawah maksudnya adalah konsumen dijamin dapat spring rate yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Sementara itu di Indonesia tidak.

Efeknya apa?

Konsumen di Indonesia bisa mendapatkan spring rate atau ukuran per yang nggak pas dengan berat badannya. Sehingga bisa terjadi suspensi terlalu keras atau terlalu empuk. Ini tentunya jadi bikin nggak nyaman dan bikin menyesal beli.

Menurut penulis pengalaman dari bro Kobayogas bisa jadi contoh. Padahal sudah disetelkan pas, tapi masih bilang lebih keras dari suspensi standar:
Review Shock YSS Fork Kit dan Gold Series G Series Di Aerox 155 Tipe R, Makin Stabil Tetap Nyaman!

Memang terasa sedikit firm dari standar, tapi jauh dari kata menyiksa, karena kinerja YSS di depan dan belakang benar benar mantap. Intinya, meskipun shock YSS pada dasarnya memiliki karakter yang lebih keras dibanding standar Aerox tipe R, namun berkat perhitungan dan setelan yang tepat, maka ayunan suspensi baik YSS Fork Kit di depan maupun YSS Gold Series di belakang, tidak akan membuat pengendara tersiksa, tetap nyaman!

Padahal salah satu tujuan beli suspensi aftermarket adalah untuk bikin motor lebih nyaman. Kalau lebih firm untuk apa dong?

Padahal itu suspensi kelihatan preloadnya sudah dibuat mentok paling minimal:

Spring rate yang dipakai sebagai berikut:

Angka ini nggak beda dengan yang ditunjukkan di website. Alias pernya nggak diganti:

Jadi sepertinya mau yang datang itu ridernya lightweight atau heavyweight, semua bakal dapat jatah per yang sama. Penulis berpendapat per terlalu keras atau terlalu empuk itu nggak bisa diselesaikan dengan setelan yang ada. Jadinya setelan jadi dipakai untuk mengatasi sesuatu yang seharusnya bisa diatasi dengan ganti per yang pas.

Bisa jadi kalau per diganti dengan yang lebih empuk (bukan setingannya), komentar bro Kobayogas akan berbeda.

Contoh lain, mengeluh mantul / reboundnya YSS G+ terlalu cepat:

Sama, itu preload sudah dipakai paling minimal. Seandainya pakai per lebih empuk pasti berkurang penyakitnya rebound terlalu cepat.

 

Jadi di Amerika itu spring rate dianggap sangat penting. Sementara itu di Indonesia walau kita beli suspensi YSS langsung di tempat penjualan yang paling pusat sekalipun, kita cuma bisa terima apa adanya.

Spring rate di Amerika di anggap vital. Spring rate di Indonesia dipilihkan yang keras:
Suspensi YSS Thailand untuk Indonesia Ternyata Dibikin Beda

Jadi memang yang untuk Indonesia, kan kita memang banyak jalan rusak ya. Jadi strut sama pernya berbeda. Pernya dibuat harus sedikit lebih keras supaya tidak mentok,” kata Teddy.

Wajar bila mengeluh keras atau firm. Harusnya bisa sesuai dengan keinginan konsumen, dibuat lebih empuk dari standar pun mestinya bisa.

Jadi kalau tujuannya kenyamanan, jelas rugi beli yang mahal selama cara penjualannya tetap seperti ini.

Penting untuk dibaca:
Suspensi itu terdiri dari per dan penghambat gerakan suspensi

14 respons untuk ‘Beda cara menyetel suspensi YSS lokal dengan di Amerika, yang vital di Amerika, dicueki di Indonesia

  1. Harga, tipe, model YSS yang di Amerika dan di Indonesia sama atau beda om? Kalau beda dan di Amrik jauh lebih mahal mungkin itu sebabnya fitur dan service yang diberikan jauh lebih baik…tapi kalau sama ya silahkan disimpulkan sendiri….:-)

    Suka

  2. Ibarat kl sup, masih dalam bentuk kaldu udah di pasin garam dan ladanya. Kl indo, pas di sajiin supnya di tambah sambal biar ga terasa keasinannya. Haha..

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.