Mungkin pembaca ada yang bingung dengan artikel penulis tentang suspensi. Misalnya soal cara menyetel suspensi berikut ini. Apa yang menjadi dasarnya?
Cara setel preload, compression dan rebound suspensi untuk kenyamanan ala kupas motor
Yang harus diketahui itu adalah suspensi terdiri dari dua bagian.
1. Per. Per ini biasanya harus disesuaikan dengan berat dari pengendara sama beban lain. Yang ideal adalah dengan mengganti per dengan ukuran yang pas. Suspensi YSS misalnya, ditawarkan dengan bermacam ukuran.
Cuma sayang penjual di Indonesia sama sekali nggak memperhatikan ini. Bahkan sama sekali nggak ada info. Padahal ukuran atau nlai kekerasan per sangat penting. Di contoh itu dua model yang sama tapi konsumen dapatnya seperti beli kucing dalam karung.
Merubah kekerasan per bisa dilakukan dengan preload. Namun cara ini tidak ideal.
Harus diingat juga bahwa per itu selain untuk biar benturan tidak langsung lari ke bodi, juga untuk menahan bodi motor. Jadi per harus cukup kuat biar nggak mentok tapi juga masih tetap ada jarak main suspensi.
2. Penghambat gerakan suspensi, biasa disebut shock breaker. Ini adalah rem dari gerakan suspensi. Bagian inilah yang membedakan suspensi canggih dengan suspensi jadul. Hambatan suspensi ala kadarnya itu makin cepat gerakan suspensi maka makin besar hambatannya. Yang paling muraha malah hanya menghambat di satu sisi saja.
Sementara itu di suspensi mahal, hambatan bervariasi. Hambatan saat gerakan cepat nggak akan berkali lipat saat gerakan lambat. Variasi ini yang bikin beda suspensi bagus dan jelek.
Untuk mendapatkan variasi hambatan yang ideal harusnya dilakukan oleh spesialis suspensi. Namun untuk metode sederhana, disediakan setelan seperti misalnya high speed compression, low speed compression dan rebound. Tidak, ideal, yang penting ada.
Penghambat gerakan suspensi ini tujuannya guncangan suspensi bisa berhenti nggak terlalu cepat ataupun terlalu lambat.
Efek per (spring) dan hambatan (shock breaker) lebih mudah bila dilihat pada video berikut:
Semoga bisa paham. Kalau nggak paham akan penulis buatkan artikel lanjutan.
Game nya bisa didownload di
Belajar efek suspensi dengan game simulasi mobil
[…] Penting untuk dibaca: Suspensi itu terdiri dari per dan penghambat gerakan suspensi […]
SukaSuka
[…] Soal per: Suspensi itu terdiri dari per dan penghambat gerakan suspensi […]
SukaSuka
untuk merubah spring rate jadi lebih empuk masih belum tau caranya, tapi kalo mau bikin per lebih keras bisa dengan memotong per (membuat lebih pendek)
SukaSuka
Spring rate per yang dipotong mestinya sama saja dengan sebelumnya. Cuma jarak main jadi habis. Biasanya pakai ganjal per. ganjalnya jadi per kerasnya.
SukaSuka
Jarak mainnya berkurang,,
Mungkin awalnya 100kg memendek 1cm dengan dipotong jadi cuma memendek 9mm dengan beban yang sama
Kl dihitung spring rate nya brtambah
Coba aja
Kalo ganjal pake per itu, ibarat spring rate dikurangin lalu ditambah preload
Intinya, per yang sama lalu ditambah ulirnya maka spring rate berkurang, dan sebaliknya
SukaSuka
maaf nggak paham. Setahu saya kekuatan per itu ditentukan misalnya oleh bahan dari pernya, kemiringan uliran (makin miring makin sulit ditekuk) dan ketebalan pernya.
bila yang satu memendek 10 mm, lalu satunya lagi memendek 9mm, maka itu karena spring ratenya beda.
Dari rumus per, pergeseran = (berat x gravitasi) / spring rate
Jadi spring rate sama pergeseran akan sama.
Gampangannya, bila punya motor matik Honda yang pernya empuk, kalau pernya dipotong yang malah makin gampang njeduk. Bisa dicoba.
SukaSuka
Penjelasan paling simpel,,
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Series_and_parallel_springs
Memotong per ibarat 2 per yang sama disusun seri, lalu dilepas salah satunya
SukaSuka
ok, terima kasih. baru paham:

SukaSuka
[…] hal yang harus disesuaikan pertama kali untuk suspensi adalah per atau spring ratenya. – Suspensi itu terdiri dari per dan penghambat gerakan suspensi – Beda cara menyetel suspensi YSS lokal dengan di Amerika, yang vital di Amerika, dicueki di […]
SukaSuka