Suspensi itu terdiri dari per dan penghambat gerakan suspensi


Mungkin pembaca ada yang bingung dengan artikel penulis tentang suspensi. Misalnya soal cara menyetel suspensi berikut ini. Apa yang menjadi dasarnya?
Cara setel preload, compression dan rebound suspensi untuk kenyamanan ala kupas motor

Yang harus diketahui itu adalah suspensi terdiri dari dua bagian.

1. Per. Per ini biasanya harus disesuaikan dengan berat dari pengendara sama beban lain. Yang ideal adalah dengan mengganti per dengan ukuran yang pas. Suspensi YSS misalnya, ditawarkan dengan bermacam ukuran.

Cuma sayang penjual di Indonesia sama sekali nggak memperhatikan ini. Bahkan sama sekali nggak ada info. Padahal ukuran atau nlai kekerasan per sangat penting. Di contoh itu dua model yang sama tapi konsumen dapatnya seperti beli kucing dalam karung.

Merubah kekerasan per bisa dilakukan dengan preload. Namun cara ini tidak ideal.

Harus diingat juga bahwa per itu selain untuk biar benturan tidak langsung lari ke bodi, juga untuk menahan bodi motor. Jadi per harus cukup kuat biar nggak mentok tapi juga masih tetap ada jarak main suspensi.

2. Penghambat gerakan suspensi, biasa disebut shock breaker. Ini adalah rem dari gerakan suspensi. Bagian inilah yang membedakan suspensi canggih dengan suspensi jadul. Hambatan suspensi ala kadarnya itu makin cepat gerakan suspensi maka makin besar hambatannya. Yang paling muraha malah hanya menghambat di satu sisi saja.

Sementara itu di suspensi mahal, hambatan bervariasi. Hambatan saat gerakan cepat nggak akan berkali lipat saat gerakan lambat. Variasi ini yang bikin beda suspensi bagus dan jelek.

Untuk mendapatkan variasi hambatan yang ideal harusnya dilakukan oleh spesialis suspensi. Namun untuk metode sederhana, disediakan setelan seperti misalnya high speed compression, low speed compression dan rebound. Tidak, ideal, yang penting ada.

Penghambat gerakan suspensi ini tujuannya guncangan suspensi bisa berhenti nggak terlalu cepat ataupun terlalu lambat.

 

Efek per (spring) dan hambatan (shock breaker) lebih mudah bila dilihat pada video berikut:

Semoga bisa paham. Kalau nggak paham akan penulis buatkan artikel lanjutan.

Game nya bisa didownload di
Belajar efek suspensi dengan game simulasi mobil

9 respons untuk ‘Suspensi itu terdiri dari per dan penghambat gerakan suspensi

  1. untuk merubah spring rate jadi lebih empuk masih belum tau caranya, tapi kalo mau bikin per lebih keras bisa dengan memotong per (membuat lebih pendek)

    Suka

      • Jarak mainnya berkurang,,

        Mungkin awalnya 100kg memendek 1cm dengan dipotong jadi cuma memendek 9mm dengan beban yang sama
        Kl dihitung spring rate nya brtambah
        Coba aja

        Kalo ganjal pake per itu, ibarat spring rate dikurangin lalu ditambah preload

        Intinya, per yang sama lalu ditambah ulirnya maka spring rate berkurang, dan sebaliknya

        Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.